Perluas Jangkauan Operasional, CKB Hadirkan Layanan Kargo Rute Baru Jakarta - Surabaya - Balikpapan

Oleh : Hariyanto | Jumat, 22 Oktober 2021 - 21:10 WIB

CKB Hadirkan Layanan Kargo Rute Baru Jakarta - Surabaya - Balikpapan
CKB Hadirkan Layanan Kargo Rute Baru Jakarta - Surabaya - Balikpapan

INDUSTRY.co.id - Surabaya - Perusahaan penyedia jasa logistik terintegrasi PT Cipta Krida Bahari (CKB Group) yang merupakan anak perusahaan PT ABM Investama Tbk (ABMM), memperkuat jaringan kargonya dengan membuka rute dari Jakarta - Surabaya menuju Balikpapan secara langsung.

Pembukaan rute terbaru ini merupakan wujud komitmen perusahaan dalam meningkatkan pelayanan logistik Tanah Air, khususnya dari Surabaya menuju ke Balikpapan.

Hadirnya rute terbaru ini sekaligus memperkuat komitmen CKB dalam mewujudkan ‘Connecting the Nations’ untuk menghubungkan seluruh titik pelosok nusantara dengan layanan dan dukungan dari tim yang profesional.
 
Chief Executive Officer PT Cipta Krida Bahari Iman Sjafei menjelaskan, sebagai perusahaan yang sudah berpengalaman dalam pengangkutan kargo ke seluruh wilayah Indonesia, CKB siap membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhan logistik, khususnya dari Surabaya menuju Balikpapan.

“Proses pengiriman barang yang lebih cepat sangatlah diperlukan guna meningkatkan penjualan dan profitabilitas produk. Oleh karena itu, dengan dibukanya rute pengiriman langsung melalui udara dari Jakarta - Surabaya menuju Balikpapan ini tentu akan menghemat ongkos pengiriman serta membuat pengiriman semakin efisien,” jelas Iman dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (22/10/2021).
 
Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah DKI Jakarta dan menjadi kota metropolitan terbesar di Jawa Timur. Selain itu, kota Surabaya juga memiliki beragam potensi pasar yang besar, mulai dari sektor perikanan, pertanian, kebutuhan sehari-hari, hingga spare parts kendaraan. Menjadikannya sebagai pusat perdagangan yang kuat, sekaligus pintu gerbang yang potensial untuk jalur perdagangan menuju wilayah timur Indonesia.
 
Terkait pengiriman ke Surabaya dan Balikpapan dengan moda transportasi udara khusus kargo yang dihadirkan CKB ini menggunakan pesawat jenis Boeing 737-300 dengan kapasitas kargo hingga 16,3 ton sehingga memungkinkan spesifikasi muatan OWOS (Over Weight Over Size).

“Kami berharap hadirnya rute (freight) terbaru ini bisa membantu pelaku usaha di Surabaya dalam mengoptimalisasi proses rantai pasoknya yang dimulai dari perpindahan dan pengelolaan bahan baku dan komponen hingga pengiriman barang jadi ke pelanggan,” tambah Iman. 
 
Dalam penerbangan perdana ini, pelanggan sudah mulai memanfaatkan rute baru dan mempercayakan pengiriman kebutuhan logistik melalui CKB dengan total berat muatan kargo  lebih dari  12 ton. Dengan adanya rute penerbangan baru ini, diharapkan pelanggan dan para pelaku usaha dapat menyesuaikan dengan model bisnisnya selain kebutuhan logistik di area Kalimantan dan wilayah Timur Indonesia.
 
Business Director Logistics & Distribution PT Cipta Krida Bahari Ety Puspitasari menjelaskan, layanan rute Jakarta - Surabaya - Balikpapan ini merupakan salah satu strategi CKB Group dalam mengimplementasikan strategi ‘Connecting the Nations’. 

“Kami optimis dengan hadirnya rute terbaru ini dapat melengkapi layanan logistik di Surabaya dan diharapkan mempermudah pelaku bisnis dalam memenuhi kebutuhan logistik, serta membangun sinergi antara seluruh pemangku kepentingan sektor logistik di Jawa Timur, seperti pengusaha ikan, petani, pihak kementerian dan CKB Group sehingga menghasilkan ekosistem bersama dalam meningkatkan perekonomian nasional pada umumnya dan kesejahteraan masyarakat Surabaya pada khususnya,” jelas Ety.
 
Secara umum, CKB Group merupakan perusahaan penyedia jasa layanan logistik terpadu nasional, dengan jangkauan layanan yang luas yakni jasa pengiriman kargo domestik dan internasional melalui jalur udara, laut, darat maupun kereta api dan multimoda, pengurusan jasa kepabeanan, logistik proyek, manajemen pergudangan, layanan remote site/supply base, pusat logistik berikat, pengiriman kargo industri, pengiriman kargo curah kering (dry bulk) terutama batubara, manajemen pelabuhan serta layanan bongkar muat. 
 
Saat ini Wilayah operasi CKB Group tersebar hingga 41 wilayah yang berada di 34 kota dan 21 provinsi seluruh Indonesia, termasuk kota dan area yang sulit dijangkau transportasi komersial.

“Selain itu juga, CKB memiliki global network yang tersebar di 40 strategic global partners pada 7 wilayah, serta telah memegang lisensi dari pemerintah sebagai operator Pengelola Logistik Berikat (PLB) dan Sertifikasi Authorized Economic Operator (AEO) dari World Customs Organization. Adapun rute penerbangan reguler khusus kargo udara yang dilayani oleh CKB Group meliputi Singapura – Jakarta, Jakarta - Balikpapan, Balikpapan – Jakarta, Balikpapan – Singapura, Jakarta – Ujung Pandang - Jayapura - Timika, dan rute penerbangan reguler yang baru dibuka saat ini adalah Jakarta - Surabaya - Balikpapan” tambah Ety.
 
“Sebagai perusahaan penyedia jasa logistik terintegrasi yang memiliki pengalaman luas dalam pengangkutan kargo via udara (air freight) baik domestik maupun internasional, CKB Senantiasa hadir dan siap membantu para pelaku usaha di Surabaya dalam mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional,” tutup Iman.
 
Bersamaan dengan momentum peluncuran rute baru ini, CKB Group juga turut melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya, tepatnya di dua mitra yayasan sosial yang berada di wilayah Cengkareng – Tangerang.

Hadirnya kegiatan CSR ini merupakan bagian dari kepedulian perusahaan terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya, sekaligus bentuk rasa syukur atas dibukanya rute baru ini. Bantuan yang diberikan berupa bahan pokok, perlengkapan pencegahan COVID-19, serta bantuan operasional yang diharapkan dapat membantu kebutuhan di kedua panti tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…