Memahami Perilaku Etika dan Etiket di Dunia Digital

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 19 Oktober 2021 - 20:00 WIB

Ilustrasi Bermain internet (altselection.com)
Ilustrasi Bermain internet (altselection.com)

INDUSTRY.co.id - Etika dan etiket menjadi hal masyarakat yang masih kurang dipahami. Padahal dalam kehidupan sosial kedua ini dibutuhkan. Namun sebenarnya apa perbedaan etika dan etiket ini?.

Etika sebenarnya dari diri kita yang berasal dari hati nurani. Sifatnya solid tidak bisa diganggu gugat. Etiket tatacara pergaulan, sifatnya relatif walaupun tidak ada orang lain etiket bisa tidak berlaku.

Ryzki Hawadi founder Attention Indonesia menjelaskan secara sederhana, etika dari diri sendiri etiket adalah pergaulan antara sesama manusia. 

"Ciri-cirinya etika itu menilai baik atau buruknya perilaku seseorang, berkaitan dengan perbuatan atau perilaku manusia. Etika juga berkaitan dengan cara pandang dari sisi batin manusia, etika akan sangat selalu berlaku meski tidak ada orang lain. Walaupun tidak ada orang lain, etika tetap berlaku," tuturnya dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Etiket, menyangkut cara suatu perbuatan kebiasaan adat istiadat atau cara-cara tertentu yang dianut oleh masyarakat dalam melakukan sesuatu. Itu menjadi sebuah kebiasaan, etiket akhirnya menjadi budaya. Etiket hanya berlaku dalam pergaulan manusia, relatif hubungannya dengan sopan santun.

Contoh etika, kita tidak boleh mencuri, bersifat sabar apabila ada masalah, masuk ke masjid, meskipun tidak ada orang harus tetap membuka sepatu. Mengembalikan barang milik orang lain walaupun dia lupa. Tidak membohongi diri sendiri tidak melanggar janji, tidak meremehkan orang lain. 

Menghargai pendapat orang lain, berani mengakui kesalahan, berani menerima kritikan, menghormati hak yang dimiliki orang lain, melaksanakan kewajiban dan juga menghargai waktu. 

"Tetapi jika berurusan dengan waktu, kalau kita telat nih dengan orang itu etiket. Jika kita ingin meeting sama orang kita udah janji jam 1 baru datang jam 1.30 itu secara etiket tidak baik, tidak menghargai waktu. Dalam etika ini adalah kita menghargai setiap waktu yang kita lakukan ini agar terus produktif, harus jadi lebih baik dari hari kemarin," sambungnya.

Contoh etiket membukakan pintu untuk orang, jika ada ibu-ibu membawa anak di belakang kita saat selesai membuka pintu. Kita tidak diam saja tapi tetap membukakan pintu untuk dia yang berjalan setelah kita. 

"Kemudian tata cara makan yang baik di umum, tidak mungkin saat di restoran kaki kita naik ke kursi atau meja kalau di rumah tidak ada orang ya silakan. Termasuk saat di media digital, etiket bagaiaman kita dapat memfilter komentar, menerima kritik, memberikan dengan tangan kanan, ucapkan tolong maaf dan terimakasih dan lainnya," tukasnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Bandung, Senin (18/10/2021) siang, juga menghadirkan pembicara, Nindy Tri Jayanti (entrepreneur), Virginia Aurelia (owner divetolive.id), Billy Kwanda (entrepreneur) dan Inayah Chairunisa sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dankomunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatanini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasidigital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orangterliterasi digital pada 2024. 

Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuatmasyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi TKI (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 29 Juni 2022 - 12:17 WIB

Duh! Ratusan TKI Meninggal di Malaysia, Legislator Usul Pembentukan Satgas Terpadu

Jakarta- Politisi Partai Gerindra yang juga Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengusulkan dibentuk satuan tugas terpadu untuk memonitor dan menjamin pelindungan bagi tenaga kerja migran.

Presiden Jokowi

Rabu, 29 Juni 2022 - 12:17 WIB

Tiga Makna Ibu Negara Iriana Hadir di Ukraina

Pengamat militer dan intelijen Ridlwan Habib menilai ada tiga makna atau alasan Ibu Negara Iriana Joko Widodo ikut dalam kunjungan bersejarah ke Ukraina.

Teluk Nha Trang, di Vietnam (iStock)

Rabu, 29 Juni 2022 - 12:15 WIB

Vietnam Larang Wisatawan Berenang di Teluk Nha Trang Demi Selamatkan Terumbu Karang

Dalam pembaruan perjalanan baru-baru ini, Vietnam melarang wisatawan untuk scuba diving dan berenang sebagai upaya untuk menyelamatkan terumbu karang yang rusak di wilayah teluk Nha Trang.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura

Rabu, 29 Juni 2022 - 11:19 WIB

Temui Gubernur Omura, Menperin Agus: Kawasan Industri di Indonesia Siap Menampung Investasi Perusahaan Prefektur Aichi

Kementerian Perindustrian terus mempererat kerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mendukung peningkatan investasi dan perluasan ekspor produk industri Tanah Air. Dalam kunjungan kerja ke…

Taman Margasatwa Ragunan (Kemenparekraf)

Rabu, 29 Juni 2022 - 11:15 WIB

Rekomendasi Destinasi Wisata untuk Libur Sekolah ala Sandiaga Uno

Menyambut libur sekolah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberikan beberapa rekomendasi destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh para pelajar di Indonesia…