Meningkat Dibanding Tahun Sebelumnya, Sebanyak 20 Negara Tercatat Menjadi Potential Buyer di Pertamina SMEXPO 2021

Oleh : Hariyanto | Minggu, 17 Oktober 2021 - 16:08 WIB

Pertamina SMEXPO 2021
Pertamina SMEXPO 2021

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pertamina SMEXPO 2021, perhelatan akbar dipersembahkan Pertamina untuk membuka akses pasar dan memberdayakan potensi UMK Binaan Pertamina mencatatkan peningkatan potensi transaksi dari pasar ekspor.

Total sebanyak 20 negara selain Indonesia tercatat menjadi potential buyer produk UMK peserta Pertamina SMEXPO 2021.

Untuk mencapai tujuan ini, Pertamina bekerjasama dengan Indonesia Diaspora SME-SMI Export Empowerment & Development (ID-SEED), yakni organisasi para Diaspora Indonesia di berbagai negara untuk mendampingi UMK Mitra Binaan Pertamina agar dapat memasarkan produknya di pasar Global.

Pjs. SVP Corporate Communications & Investor Relations Fajriyah Usman menyatakan, potensi transaksi bisnis selama tiga hari pada Pertamina SMEXPO 2021 berasal dari transaksi Retail dan potensi transaksi pada segmen Business Matching. 

“Jumlah ini meningkat dibandingkan gelaran Pertamina SMEXPO 2020 lalu, di mana total negara yang tercatat menjadi potential buyer sebanyak 15 negara yang didominasi negara Australia. Sedangkan pada ajang Pertamina SMEXPO 2021 ini terdapat 20 negara yang didominasi oleh negara Amerika Serikat,” ujar Fajriyah yang dikutip INDUSTRY.co.id, Minggu (17/10/2021).

Fajriyah menambahkan, besarnya potensi transaksi bisnis selama perhelatan Pertamina SMEXPO 2021 menunjukkan event ini banyak dinanti dan diminati para pelaku bisnis global sekaligus menunjukkan produk UMK mitra binaan Pertamina yang telah diakui dunia. 

“Pertamina SMEXPO semoga menjadi motivasi, memberikan angin segar bagi pelaku UMK di Tanah Air untuk terus berkarya yang terbaik, menghasilkan produk-produk berkualitas sehingga bisa dipasarkan ke hampir seluruh benua,” ujar Fajriyah. 

Menurut Fajriyah, antusiasme pelaku pasar global terhadap produk UMK di Indonesia juga mendorong Pertamina untuk melanjutkan Pertamina SMEXPO dengan skala dan produk yang lebih besar, sehingga lebih banyak memberikan kesempatan pelaku UMK untuk mempromosikan produknya melalui pemasaran digital. 

“Pertamina akan terus mendorong UMK untuk bisa naik kelas sehingga bisa bersaing di kancah global,” imbuh Fajriyah. 

Seperti diketahui, Pertamina SMEXPO 2021 berhasil menyabet rekor MURI sebagai Pemberdayaan UMKM Wanita terbanyak melalui Toko Digital. Selain itu, rangkaian acara Pertamina SMEXPO 2021 masih berlanjut mulai 15 hingga 17 Oktober di Mall Kota Kasablanka. Selain itu juga web www.smexpo.pertamina.com masih terus bisa diakses masyarakat sebagai salah satu pilihan marketplace produk UMK Indonesia.

“Pertamina akan terus mendorong pemasaran digital bagi pelaku UMK ke seluruh dunia sehingga bisa menghasilkan devisa, mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan menyerap tenaga kerja yang besar. Dengan dukungan stakeholder, Pertamina akan terus berada di garda terdepan mendukung UMK maju, mandiri dan berkelas dunia,” pungkas Fajriyah.

Pertamina SMEXPO 2021, merupakan wujud konsistensi Pertamina dalam menggalakan dan mendukung pertumbuhan ekonomi sesuai dengan pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) point 8 dan implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…

Bank BTN melalukan sosialisasi program "Kangen" bagi para agen real estate . Selain memberikan reward bagi para agent, program tersebut memberikan banyak keuntungan bagi nasabah.

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:09 WIB

Pacu Penyaluran KPR, BTN Rangkul Agen Properti Lewat Program 'Kangen'

Surabaya-Untuk mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus berinovasi memperluas sayap pemasarannya diantaranya dengan…

Menkeu Sri Muyani saat meluncurkan materai elektronik

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:00 WIB

Meterai Elektronik Tawarkan Solusi Mudah Bayar Pajak Atas Dokumen Elektronik

Pada 2020 Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang (UU) nomor 10 tahun 2020 tentang Bea Meterai. Ketentuan perundangan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan dan ketertiban administratif…