Etika Berinternet Salah Satunya dengan Meredam Konten Negatif di Internet
Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 16 Oktober 2021 - 16:00 WIB

Ilustrasi Konten Negatif (Ist)
INDUSTRY.co.id - Etika berinternet atau disebut netiket menjadi hal paling dasar dalam tata krama menggunakan internet. Saat online individu harus menyadari bahwa sedang berinteraksi dengan manusia lain secara nyata dengan jaringan, bukan sekadar huruf-huruf di layar monitor namun dengan karakter manusia sesungguhnya.
Zaka Vikryan, Ketua KIPP Kabupaten Kuningan mengatakan, berbagai konten negatif seperti hoax atau berita palsu memiliki dampak dalam hubungan sosial masyarakat, seperti disharmoniasi, disintegrasi, dan chaos.
“Konten negatif yang membarengi perkembangan dunia digital menyasar para pengguna internet. Konten negatif muncul karena motivasi-motivasi pembuatnya, yang memiliki berbagai kepentingan. Ekonomi, politik, dan memecah belah masyarakat,” kata, saat webinar Literasi Digital Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.
Untuk menghindari hal tersebut masyarakat di era digital harus memiliki kemampuan dalam beretika di internet yang ditunjang beberapa kompetensi seperti menyeleksi suatu informasi sesuai etiket, memverifikasi suatu berita terlebih dahulu untuk mengetahui suatu kebenaran. Selanjutnya kompetensi berpartisipasi kolaborasi dalam ruang digital yaitu berbagi dan saling berkomunikasi dengan pengguna lainnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, untuk menyeleksi perilaku yang beretika di internet maka setiap individu haruslah menyadari keberadaan orang lain di dunia maya. Taat terhadap standar perilaku online yang sama dengan yang kita jalani di dunia nyata. Tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan pengguna internet lainnya, membentuk citra diri positif, menghormati privasi orang lain, hingga pada mengakses hal-hal yang baik dan bersifat tidak dilarang.
Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Hadir pula narasumber lainnya seperti Henry V Herlambang, CMO Kadobox, Daniel Hermansyah, CEO Kopi Chuseyo, Rino, Kaprodi Teknik Informatika Universitas Buddhi Dharma, dan Riri Damayanti, seorang Digital Creator.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.
Baca Juga
PINTU Sukses Gelar Pintu Tricourt Cup 2025: 3 Cabor, 25 Perusahaan…
Dorong Literasi Keuangan Syariah, Dompet Dhuafa Gandeng BEI dan Phintraco…
Bigo Live Gelar Mid-Year Gala 2025, Rayakan Kreativitas dan Koneksi…
A2RTU Gelar Seminar Nasional Bahas Teknologi RHVAC Berkelanjutan…
KPP PMA Satu dan Dompet Dhuafa Berkolaborasi Salurkan Bantuan Pendidikan…
Industri Hari Ini

Minggu, 27 Juli 2025 - 21:56 WIB
Mothercare Gandeng Ilustrator Martcellia Liunic Hadirkan Koleksi Eksklusif Penuh Imajinasi untuk Anak
Kolaborasi eksklusif Mothercare x Martcellia Liunic hadirkan koleksi busana anak penuh warna dan karakter imajinatif. Dukung kreativitas dan ekspresi anak sejak dini!

Minggu, 27 Juli 2025 - 21:31 WIB
Pameran Teenieping Resmi Dibuka di Hyundai Motorstudio Senayan Park, Suguhkan Pengalaman Seru dan Interaktif untuk Keluarga
Pameran Teenieping di Hyundai Motorstudio Senayan Park resmi dibuka 26 Juli 2025, hadirkan aktivitas seru, media art, dan mobil IONIQ 5 bertema Teenieping untuk keluarga.

Minggu, 27 Juli 2025 - 19:57 WIB
GIIAS 2025 Tawarkan Pengalaman Berkendara Lengkap: Lebih dari 150 Kendaraan Tersedia untuk Test Drive
Tahun ini, GIIAS menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih lengkap dengan menghadirkan program test drive lebih dari 150 unit kendaraan dari berbagai merek ternama, termasuk kendaraan listrik,…

Minggu, 27 Juli 2025 - 18:50 WIB
Gelar Door of Future Experience, Morinaga Ajak Ayah Bunda Eksplorasi Potensi Profesi Mada Depan si Kecil
Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2025, Kalbe Nutritionals melalui Morinaga menghadirkan program “Door of Future” Experience di Car Free Day (CFD) Jakarta.

Minggu, 27 Juli 2025 - 18:43 WIB
Telkom Gelar Indonesia Digital Learning - Cirebon 2025, Dukung Cakap Digital Bagi Pendidik
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk kembali menyelenggarakan Indonesia Digital Learning (IDL), yang tahun ini memasuki pelaksanaan ke-13. Kegiatan IDL 2025 dikemas dalam bentuk pelatihan Digital…
Komentar Berita