Etika Berinternet Salah Satunya dengan Meredam Konten Negatif di Internet

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 16 Oktober 2021 - 16:00 WIB

Ilustrasi Konten Negatif (Ist)
Ilustrasi Konten Negatif (Ist)

INDUSTRY.co.id - Etika berinternet atau disebut netiket menjadi hal paling dasar dalam tata krama menggunakan internet. Saat online individu harus menyadari bahwa sedang berinteraksi dengan manusia lain secara nyata dengan jaringan, bukan sekadar huruf-huruf di layar monitor namun dengan karakter manusia sesungguhnya. 

Zaka Vikryan, Ketua KIPP Kabupaten Kuningan mengatakan, berbagai konten negatif seperti hoax atau berita palsu memiliki dampak dalam hubungan sosial masyarakat, seperti disharmoniasi, disintegrasi, dan chaos. 

“Konten negatif yang membarengi perkembangan dunia digital menyasar para pengguna internet. Konten negatif muncul karena motivasi-motivasi pembuatnya, yang memiliki berbagai kepentingan. Ekonomi, politik, dan memecah belah masyarakat,” kata, saat webinar Literasi Digital Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Untuk menghindari hal tersebut masyarakat di era digital harus memiliki kemampuan dalam beretika di internet yang ditunjang beberapa kompetensi seperti menyeleksi suatu informasi sesuai etiket, memverifikasi suatu berita terlebih dahulu untuk mengetahui suatu kebenaran. Selanjutnya kompetensi berpartisipasi kolaborasi dalam ruang digital yaitu berbagi dan saling berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk menyeleksi perilaku yang beretika di internet maka setiap individu haruslah menyadari keberadaan orang lain di dunia maya. Taat terhadap standar perilaku online yang sama dengan yang kita jalani di dunia nyata. Tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan pengguna internet lainnya, membentuk citra diri positif, menghormati privasi orang lain, hingga pada mengakses hal-hal yang baik dan bersifat tidak dilarang. 

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber lainnya seperti Henry V Herlambang, CMO Kadobox, Daniel Hermansyah, CEO Kopi Chuseyo, Rino, Kaprodi Teknik Informatika Universitas Buddhi Dharma, dan Riri Damayanti, seorang Digital Creator. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mothercare Indonesia resmi meluncurkan koleksi terbaru hasil kolaborasi eksklusif dengan ilustrator Martcellia Liunic.

Minggu, 27 Juli 2025 - 21:56 WIB

Mothercare Gandeng Ilustrator Martcellia Liunic Hadirkan Koleksi Eksklusif Penuh Imajinasi untuk Anak

Kolaborasi eksklusif Mothercare x Martcellia Liunic hadirkan koleksi busana anak penuh warna dan karakter imajinatif. Dukung kreativitas dan ekspresi anak sejak dini!

Film spin-off “Catch! Teenieping” yang bisa disaksikan setiap hari di Hyundai Motorstudio Senayan Park Jakarta.

Minggu, 27 Juli 2025 - 21:31 WIB

Pameran Teenieping Resmi Dibuka di Hyundai Motorstudio Senayan Park, Suguhkan Pengalaman Seru dan Interaktif untuk Keluarga

Pameran Teenieping di Hyundai Motorstudio Senayan Park resmi dibuka 26 Juli 2025, hadirkan aktivitas seru, media art, dan mobil IONIQ 5 bertema Teenieping untuk keluarga.

Keterangan Foto (ilustrasi): GIIAS menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih lengkap dengan menghadirkan program test drive lebih dari 150 unit kendaraan dari berbagai merek ternama, termasuk kendaraan listrik, hybrid, dan konvensional..

Minggu, 27 Juli 2025 - 19:57 WIB

GIIAS 2025 Tawarkan Pengalaman Berkendara Lengkap: Lebih dari 150 Kendaraan Tersedia untuk Test Drive

Tahun ini, GIIAS menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih lengkap dengan menghadirkan program test drive lebih dari 150 unit kendaraan dari berbagai merek ternama, termasuk kendaraan listrik,…

Gelaran Morinaga “Door of Future” Experience

Minggu, 27 Juli 2025 - 18:50 WIB

Gelar Door of Future Experience, Morinaga Ajak Ayah Bunda Eksplorasi Potensi Profesi Mada Depan si Kecil

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2025, Kalbe Nutritionals melalui Morinaga menghadirkan program “Door of Future” Experience di Car Free Day (CFD) Jakarta.

GM Telkom Priangan Timur Nugroho Setio Budi (kiri) dan Perwakilan Kepala Sekolah program Indonesia Digital Learning (kanan) saat acara pelatihan Indonesia Digital Learning, beberapa waktu yang lalu.

Minggu, 27 Juli 2025 - 18:43 WIB

Telkom Gelar Indonesia Digital Learning - Cirebon 2025, Dukung Cakap Digital Bagi Pendidik

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk kembali menyelenggarakan Indonesia Digital Learning (IDL), yang tahun ini memasuki pelaksanaan ke-13. Kegiatan IDL 2025 dikemas dalam bentuk pelatihan Digital…