BCA Komitmen Dukung Habitat Orang Utan Melalui Virtual “Lihat Dari Rumah”

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 16 Oktober 2021 - 10:04 WIB

BCA Komitmen Dukung Habitat Orang Utan
BCA Komitmen Dukung Habitat Orang Utan

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Kelestarian lingkungan hidup dapat tercermin dari harmonisasi mahluk hidup yang tinggal dalam ekosistem tersebut. Salah satunya adalah keselarasan antara fauna di dalamnya dan juga berbagai flora yang ada. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) pun turut mengambil bagian dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup salah satunya adalah melalui program corporate social responsibility Bakti BCA. Komitmen ini dilakukan dengan dukungan untuk pelestarian habitat orangutan yang bekerjasama dengan Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo (BOSF) sejak 2012 silam.

Komitmen BCA dalam memperluas edukasi mengenai habitat orangutan pun kali ini diwujud nyatakan melalui serial LDR “Lihat Dari Rumah” spesial bersama dengan CEO BOS Foundation Dr. Ir. Jamartin Sihite dan BOSF Awareness Campaigner Richard Kyle. Virtual talkshow LDR tersebut disiarkan melalui kanal Instagram @goodlifebca dan Youtube SolusiBCA pada Pukul 19.00, Kamis (14/10/2021).

“Sejak tahun 2012, BCA telah berkomitmen untuk menyelamatkan habitat orangutan khususnya di wilayah Kalimantan. Seperti yang kita ketahui bersama, orangutan merupakan salah satu mahluk hidup yang memiliki kontribusi besar dalam kelestarian hutan. Indonesia sendiri menjadi negara yang memiliki habitat orangutan cukup banyak sekitar 90%. Tahun 2020 silam, BCA telah melakukan rehabilitasi terhadap 31 orangutan di Kalimantan,” ujar Inge Setiawati selaku EVP CSR BCA.

Melalui tayangan LDR ini kesadaran akan penyelamatan habitat orangutan kembali digaungkan meskipun di tengah pandemi COVID-19. Pentingnya menyelamatkan ini tidak lain karena peranan orangutan yang cukup dominan di hutan seperti membantu membuka tajuk hutan sehingga biji berkecambah dan membantu regenerasi hutan. Atas dasar tersebut juga, BOSF bersama BCA tidak pernah putus menyuarakan pentingnya rehabilitasi orangutan beserta penyelamatan habitatnya.

“Penyelamatan orangutan dan habitatnya tidak dapat dilakukan BOSF sendiri, kita semua, baik itu NGO penyelamatan orangutan lainnya, pemangku kepentingan baik di pusat maupun di daerah, privat sektor seperti BCA, maupun masyarakat umum, perlu bergandengan tangan agar penyelamatan orangutan dan habitatnya dapat terwujud dan dapat hidup berdampingan.” ujar Dr. Ir. Jamartin Sihite.

Menyelamatkan orangutan dan habitatnya bukan hanya tugas BOSF, tapi juga kita sebagai generasi muda. Sebagai manusia kita mungkin sering menjadi pemicu perusak keseimbangan alam, tetapi kita juga adalah harapan terakhir untuk memulihkan keharmonisan alam. Langkah yang paling mudah adalah merubah perilaku kita terhadap alam dan sekitarnya, berkomitmen untuk mempelajari lebih jauh tentang resikonya terhadap satwa liar dan habitatnya serta mengurangi jejak karbon kita untuk menjaga bumi tetap sehat. Sebab apa yang kita lakukan sekarang akan berdampak pada generasi kita berikutnya.

 

Dukungan BCA melalui program CSR Bakti BCA terhadap pelestarian dan pelepasliaran orangutan juga dilaksanakan pada tahun 2021 ini, setidaknya lima orangutan tahun ini telah di kembalikan ke habitatnya. Selain dukungan terhadap orangutan, Bakti BCA juga terlibat dalam konservasi lingkungan, di antaranya melalui kegiatan pelestarian 14.700 pohon mangrove, 2.100 pohon di area gambut, dan pelepasliaran 8.909 ekor tukik, dan mengembangkan 12 Desa Binaan BCA sebagai upaya melestarikan dan mengoptimalkan potensi desa untuk mewujudkan ketahanan ekonomi perdesaan yang berkelanjutan.

 Virtual talkshow LDR sendiri merupakan inisiatif yang dilakukan oleh BCA di tengah pandemi COVID-19 untuk mengajak masyarakat mengenal lebih banyak kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia melalui tayangan virtual. Sejumlah tema besar telah diangkat dalam LDR seperti membahas mengenai desa wisata binaan BCA dengan serangkaian potensi wisatanya.

“Semoga kehadiran tayangan ini kian menumbuhkan rasa awareness masyarakat akan pelestarian lingkungan hidup baik itu fauna maupun flora. Telah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk melestarikan ciptaan Tuhan yang maha indah ini,” tutup Inge.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi galon guna ulang

Senin, 27 Juni 2022 - 06:01 WIB

Komisioner KPPU: Secara Pribadi Saya Tidak Setuju Ada Pelabelan BPA

Komisioner Komisi Pengawas Persaingan usaha (KPPU), Chandra Setiawan, mengatakan secara pribadi tidak setuju ada pelabelan Bisfenol A (BPA) terhadap kemasan galon guna ulang. Alasannya menurut…

Atlet Tae Kwondo Yon Infantri 1 Marinir Peroleh Medali Emas

Senin, 27 Juni 2022 - 06:00 WIB

Atlet Tae Kwondo Yon Infantri 1 Marinir Peroleh Medali Emas

Atlet Taekwondo Yonif 1 Marinir yang berhasil meraih medali yaitu Prada Marinir Rama Julio Litik yang bertanding di kelas Under 58 kilogram berhasil merebut medali Emas, Prada Marinir Bagus…

PuslatpurMar 7 Lampon Gelar Gashuku Inkanas

Senin, 27 Juni 2022 - 05:00 WIB

PuslatpurMar 7 Lampon Gelar Gashuku Inkanas

Sebanyak 79 peserta Institut Karate Nasional ( Inkanas ) Cabang Banyuwangi melaksanakan latihan bersama ( Gashuku ) yang bertempat di lapangan apel Pusat Latihan Pertempuran Marinir ( Puslatpurmar…

Perajurit Petarung Brigif 4 Mar Tingkatkan Prestasi di Bhayangkara Presisi Run

Senin, 27 Juni 2022 - 04:30 WIB

Perajurit Petarung Brigif 4 Mar Tingkatkan Prestasi di Bhayangkara Presisi Run

Dalam rangka melaksanakan instruksi dan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono tentang Program Pembinaan Potensi SDM TNI AL di Jajaran Brigif 4 Marinir/BS, terkhusus Yonif 9 Marinir/Beruang…

Menteri BUMN Erick Thohir

Senin, 27 Juni 2022 - 04:03 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir:Jika Sarinah Mampu Diubah, Kota Tua Harus Juga Bisa

Berkunjung ke Kota Tua, Jakarta Utara pada Minggu (26/6) siang mendatangkan banyak inspirasi bagi Menteri BUMN, Erick Thohir. Di kawasan seluas 1,3 km persegi, yang juga disebut Batavia Lama…