Wisatawan Asing dari 8 Negara Ini Boleh Berkunjung ke Singapura

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 14 Oktober 2021 - 13:45 WIB

Singapura
Singapura

INDUSTRY.co.id - Mulai 19 Oktober, wisatawan asing yang sepenuhnya sudah divaksinasi boleh berkunjung ke Singapura. Namun, hanya delapan negara yang hanya diperbolehkan ke negara tersebut. 

Dilansir dari laman Lonelyplanet, delapan negara tersebut meliputi Kanada, Denmark, Perancis, Italia, Belanda, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat yang diizinkan masuk ke Singapura.

Delapan negara tersebut masuk dalam skema Vaccinated Travel Lane (VTL) yang sebelumnya hanya mengizinkan wisatawan asing dari Brunei dan Jerman untuk berkunjung ke Singapura. Sementara, Korea Selatan akan ditambahkan ke dalam program kunjungan pada November.

Meskipun sudah divaksinasi penuh, adapun beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh wisatawan asing dari delapan negara tersebut. Salah satunya yaitu membawa dua bukti negatif tes Covid-19 yang diambil 48 jam sebelum keberangkatan dan setiba di Singapura.

Selain itu, harus memiliki dokumen seperti SMART Health Card bagi wisatawan yang berangkat dari Amerika Serikat, dan Kanada. Sementara, Sertifikat Covid Digital UE bagi mereka yang datang dari Eropa, serta paspor National Health Service Covid dalam aplikasi NHS bagi wisatawan dari Inggris.

Beberapa perencanaan lanjutan lainnya juga dibutuhkan. Wisatawan asing yang berkunjung ke Singapura di bawah program VTL harus mengajukan Vaccinated Travel Pass pada tujuh hingga 30 hari sebelum masuk ke negara tersebut.

Sementara, bagi mereka yang harus melakukan perjalanan dengan penerbangan VTL yang ditentukan dan membeli asuransi perjalanan yang mencakup perawatan terkait Covid-19 dan biaya rawat inap sebelum keberangkatan.

Meski Singapura mengalami peningkatan kasus Covid-19 beberapa pekan terakhir, namun tingkat vaksinasinya hampir 85 persen. 

Menurut Perdana Menteri Lee Hsien Loong mencatat dalam sebuah pidatonya mengatakan hal tersebut merupakan faktor yang diharapkan pemerintah akan membantu Singapura untuk beralhir dari strategi 'nol Covid' menjadi 'hidup dengan Covid-19'. 

Protokol kesehatan pun juga telah diperketat. Museum dan beberapa atraksi hiburan pun beroperasi dengan kapasitas terbatas. Kedai kopi, restoran, pusat jajanan pun hanya mengizinkan maksimal hanya dua orang perkelompok

"Singapura tidak bisa tetap di-lockdown dan ditutup tanpa batas waktu. Itu tidak akan berhasil, dan itu akan sangat memakan biaya," kata Lee dalam pidatonya. 

"Sebagai bagian dari hidup dengan Covid-19, kita juga harus menghubungkan diri kita kembali ke dunia. Secara khusus, kita harus terus membuka kembali perbatasan kita dengan aman. Proyek percontohan VTL ini telah menunjukkan bahwa adalah mungkin bagi orang yang divaksinasi untuk bepergian dengan aman, sementara membiarkan sangat sedikit kasus positif Covid-19," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Integrasi Jembatan Kaca

Senin, 27 Juni 2022 - 06:33 WIB

Tingkatkan Daya Tarik Pariwisata KSPN Bromo, Kementerian PUPR Bangun Jembatan Kaca Seruni Point

Sektor pariwisata dipercaya menjadi salah satu lokomotif penggerak perekonomian nasional. Hal ini terbukti berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) di mana pada 2021 terjadi peningkatan…

Ir. H. Said Iqbal, ME Presiden Partai Buruh

Senin, 27 Juni 2022 - 06:30 WIB

Hari Ini Partai Buruh Daftarkan Uji Formil dan Materiil UU P3 ke Mahkamah Konstitusi

Uji formil dan materiil terhadap UU P3 akan didaftarkan ke Mahkamah Konstitusi pada hari Senin, tanggal 27 Juni 2022 jam 14.00 WIB. Demikian disampaikan Presiden Partai Buruh Said Iqbal.

Presiden Jokowi

Senin, 27 Juni 2022 - 06:17 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Munich Jerman

Setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 13 jam, pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan…

Teater Wayang Indonesia Tampilkan Grup Legendaris Wayang Orang Ngesti Pandowo dengan Lakon Kresna Duta

Senin, 27 Juni 2022 - 06:15 WIB

Teater Wayang Indonesia Tampilkan Grup Legendaris Wayang Orang Ngesti Pandowo dengan Lakon Kresna Duta

Seni wayang memiliki pesona dan nilai yang tetap aktual. Namun perlu memadankan agar wayang dapat memainkan peranannya di masa kini. Oleh karena itu perlu dipikirkan bagaimana agar kesenian…

Ilustrasi galon guna ulang

Senin, 27 Juni 2022 - 06:01 WIB

Komisioner KPPU: Secara Pribadi Saya Tidak Setuju Ada Pelabelan BPA

Komisioner┬áKomisi Pengawas Persaingan usaha (KPPU), Chandra Setiawan, mengatakan secara pribadi tidak setuju ada pelabelan Bisfenol A (BPA) terhadap kemasan galon guna ulang. Alasannya menurut…