Sawit Mandiri Lestari Sangat Menghargai Keberadaan Masyarakat Adat

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 13 Oktober 2021 - 19:48 WIB

Wesly Altie Hasibuan, Manager Plasma, Perizinan, Komunikasi dan CSR PT Sawit Mandiri Lestari menyerahkan bantuan untuk perayaan Natal di Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Desa Riam Penahan, Kalimantan Tengah. (Foto: Humas PT Sawit Mandiri Lestari)
Wesly Altie Hasibuan, Manager Plasma, Perizinan, Komunikasi dan CSR PT Sawit Mandiri Lestari menyerahkan bantuan untuk perayaan Natal di Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) Desa Riam Penahan, Kalimantan Tengah. (Foto: Humas PT Sawit Mandiri Lestari)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Sawit Mandiri Lestari (SML) sangat menghargai keberadaan masyarakat adat. Perseroan menjunjung tinggi adat istiadat, di antaranya Suku Dayak, yang berada di sekitar lokasi perusahaan di Desa Panopa, Kecamatan Lamandau, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah.

 

SML berkomitmen melestarikan kearifan budaya serta nilai sosial kemasyarakatan. Perseroan aktif dalam mendukung aktivitas masyarakat adat, melalui kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) di bidang sosial, budaya dan keagamaan.

 

“PT SML terus berkontribusi terhadap upaya pelestarian budaya dan keagamaan masyarakat di sekitar perusahaan. Di antaranya, mendukung kegiatan upacara Adat Suku Dayak Tomun, di Desa Batu Tambun dan Kegiatan Tiwah di Desa Panopa,” kata Wesly Altie Hasibuan, Manager Plasma, Perizinan, Komunikasi dan CSR PT Sawit Mandiri Lestari dalam siara pers, Rabu (13/10/2021).

 

Kepala Desa Panopa, Mudelin, memberikan apresiasi yang tinggi kepada SML, yang telah membantu kegiatan masyarakat. “Kami mengapresiasi PT Sawit Mandiri Lestari yang telah membantu melestarikan budaya, adat istiadat kami. Ini salah satu upacara ritual yang diharapkan dapat terus dijaga keberlangsungannya serta harus dipertahankan secara turun temurun dalam setiap generasi masyarakat Dayak.”

 

Program CSR PT SML lainnya, di bidang keagamaan, yaitu penyerahan bantuan material bangunan untuk Gereja GKE Imanuel di Desa Panopa. Bantuan yang diberikan bahan material, berupa semen sebanyak 50 sak untuk mendukung renovasi pembangunan gedung dan sarana peribadatan di Gereja GKE Imanuel Panopa.

 

Pendeta di Gereja GKE Imanuel Panopa mengatakan, apa terjadi saat ini bukan kebetulan, melainkan berkat bantuan dan penyertaan Tuhan. “Berkat yang diterima hari ini diberikan untuk kepentingan kita bersama. Khususnya umat agama Kristiani di Desa Panopa.”

 

Selanjutnya bantuan kegiatan perayaan Natal di beberapa desa di sekitar perusahaan. Bantuan berupa dana untuk gereja-gereja yang berlokasi di sejumlah desa, yaitu Desa Panopa, Desa Suja, Desa Tapin Bini, Desa Karang Taba, Desa Sungai Tuat, Desa Riam Panahan, Desa Batu Tambun, dan Desa Tanjung Beringin. Penyerahan bantuan dana tersebut dilakukan oleh Wesly Altie Hasibuan.

 

“Masing-masing desa ada yang memiliki satu sampai empat gereja. Bantuan diberikan untuk setiap gereja, yang totalnya mencapai Rp35,5 juta,” tutur Wesly.

 

Untuk umat Islam, perseroan menyalurkan bantuan paket sembako Hari Raya Idul Fitri, di desa-desa sekitar perusahaan. Desa penerima bantuan berupa beras untuk Desa Karang Taba, Desa Kawa, Desa Panopa, Desa Puyusan, Desa Samu Jaya, Desa Sekoban, Desa Suja, Desa Sungai Tuat, Desa Tanjung Beringin, dan Desa Tapin Bini. Total bantuan beras yang diberikan sebanyak 3.150 sak.

 

PT SML juga turut serta meringankan beban masyarakat terdampak bencana banjir. Bantuan tersebut berupa distribusi sembako kepada desa-desa sekitar perusahaan yang terkena dampak atau musibah banjir. Ada 12 desa mitra PT SML yang memperoleh bantuan sembako, yaitu Desa Tapin Bini, Desa Suja, Desa Karang Taba, Desa Panopa, Desa Kawa, Desa Cuhai, Desa Tanjung Beringin, Desa Sungai Tuat, Desa Riam Penahan, Desa Batu Tambun, Desa Kinipan, dan yang terakhir yaitu Desa Samu Jaya.

 

Jenis bantuan sembako yang diberikan berupa beras 5 kilogram, minyak goreng 1 liter, mie instan 10 bungkus, dan gula 1 kilogram untuk setiap paket. Total bantuan yang diberikan sebanyak 3.150 paket atau senilai Rp341,4 juta. Menurut  Wesly, pendistribusian bantuan sembako ini dilakukan selama tiga hari berturut-turut, menggunakan truk-truk perusahaan. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:00 WIB

KemenKopUKM Raih Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Kementerian Koperasi dan UKM berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021 untuk klasifikasi Badan Publik Informatif dengan kategori penilaian tertinggi.

OMAI Stimuno

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:46 WIB

Sukses Pasarkan OMAI Stimuno ke Mancanegara, Dexa Medica Sabet Penghargaan Primaniyarta 2021

Berkontribusi meningkatkan ekspor salah satu produk farmasi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yakni STIMUNO ke pasar nontradisional, Dexa Group melalui PT Dexa Medica meraih penghargaan Primaniyarta…

Ketua Umum PII Heru Dewanto

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:30 WIB

Persatuan Insinyur Indonesia Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi Asal Indonesia Bekerja di Hungaria

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), membantu 50 orang yang terdiri dari mahasiswa dan lulusan program vokasi asal Indonesia…

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

Selasa, 26 Oktober 2021 - 20:02 WIB

Legislator Golkar Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 di Daerah Luar Jawa-Bali

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta pemerintah mempercepat vaksinasi di luar Jawa-Bali, mengingat sampai saat ini, baru 5 provinsi yang capaian vaksinasinya di atas nasional

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara peresmian pabrik gula PT Prima Alam Gemilang (PAG) di Bombana, Sulawesi Tenggara

Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:45 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur Sukses Jadi Penopang Utama Ekonomi RI

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa sektor industri manufaktur Indonesia selama tujuh tahun pemerintahan Joko Widodo tetap memainkan peranan penting…