Dahsyat Luar Biasa! Jokowi: 600 Ribu Truk Bakal Antri Berjejer di Smelter Freeport KEK Gresik

Oleh : Ridwan | Selasa, 12 Oktober 2021 - 15:30 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan groundbreaking smelter PT Freeport Indonesia di KEK Gresik
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan groundbreaking smelter PT Freeport Indonesia di KEK Gresik

INDUSTRY.co.id - Gresik - Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, Selasa (12/10/2021).

"Dengan mengucap bismillahirrohmanirohim, hari ini saya nyatakan groundbreaking smelter PT Freeport Indonesia di kawasan KEK Gresik Jawa Timur dimulai," ujar Jokowi.

Smelter tersebut nantinya mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun. Atau 480 ribu ton logam tembaga.

"Smelter yang akan dibangun ini menggunakan desain single line terbesar di dunia, karena mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun,” kata Presiden Jokowi.

"Itu kalau dinaikkan truk kecil, yang biasanya ngangkut 3-4 ton, bisa ada 600 ribu truk berjejer di sini. Bayangkan. Gede sekali," tambahnya.

Jokowi berharap, kehadiran PT Freeport Indonesia bisa menjadi daya tarik bagi industri lain untuk masuk ke KEK Gresik, khususnya industri turunan tembaga, untuk ikut berinvestasi di kawasan tersebut.

Menurutnya, pemerintah akan terus memberikan dukungan penuh, agar iklim investasi di Tanah Air semakin membaik.

"Infrastrukturnya akan terus didukung. Begitu juga kemudahan dan kepastian berusaha. Termasuk, ketersediaan SDM untuk kebutuhan industri, akan didukung oleh Pemprov dan Pemkab. Agar KEK Gresik semakin maju dan RI semakin diminati sebagai negara tujuan investasi," tutur Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengingatkan, Indonesia memiliki cadangan tembaga yang sangat besar. Bahkan, masuk ke dalam kategori 7 negara dengan cadangan tembaga terbesar di dunia.

Potensi yang sangat besar itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, dengan nilai tambah yang setinggi-tingginya bagi ekonomi nasional.

"Jangan sampai kita memiliki tambang, konsentrat. Tapi smelternya, hilirisasinya ada di negara lain. Seperti yang tadi disampaikan Pak Menteri. Ada di Spanyol, di Jepang. Kalau begitu, yang menikmati nilai tambahnya, ya mereka," cetus Jokowi.

"Itulah kenapa smelter PT Freepot Indonesia dibangun di dalam negeri yaitu di Gresik, Provinsi Jawa Timur," imbuhnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

OMAI Stimuno

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:46 WIB

Sukses Pasarkan OMAI Stimuno ke Mancanegara, Dexa Medica Sabet Penghargaan Primaniyarta 2021

Berkontribusi meningkatkan ekspor salah satu produk farmasi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yakni STIMUNO ke pasar nontradisional, Dexa Group melalui PT Dexa Medica meraih penghargaan Primaniyarta…

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

Selasa, 26 Oktober 2021 - 20:02 WIB

Legislator Golkar Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 di Daerah Luar Jawa-Bali

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta pemerintah mempercepat vaksinasi di luar Jawa-Bali, mengingat sampai saat ini, baru 5 provinsi yang capaian vaksinasinya di atas nasional

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

Selasa, 26 Oktober 2021 - 18:00 WIB

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Lakukan Mutasi dan Promosi Jabatan 108 PATI

Dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI ke depan yang semakin kompleks dan dinamis, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,…

Test PCR (Foto Ist)

Selasa, 26 Oktober 2021 - 17:55 WIB

Ngeri! Sosok Ini Blak-blakan Bongkar Permainan Mafia PCR...

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Anak Bangsa (LKAB) Rudi S. Kamri mengkritisi polemik tes PCR sebagai syarat naik pesawat. Menurut Rudi, pemerintah perlu mengkaji ulang aturan yang memberatkan…

 Mal Living World

Selasa, 26 Oktober 2021 - 17:16 WIB

Kawan Lama Group Segera Rampungkan Proyek Mal Living World Senilai Rp800 Miliar di Denpasar - Bali

Dibangun dengan menerapkan konsep new gate to new lifestyle, Living World Bali hadir untuk menjawab kebutuhan gaya hidup masyarakat Bali yang berada di area Denpasar, Kuta, Ubud dan sekitarnya.