Bu Sri Mulyani, Industri Keramik Galau Nih! Tolong Gercep Teken Perpanjangan Safeguard Dong...

Oleh : Ridwan | Rabu, 06 Oktober 2021 - 09:53 WIB

Ketua Umum Asaki Edy Suyanto
Ketua Umum Asaki Edy Suyanto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan 'Gerak Cepat' untuk segera melakukan perpanjangan Safeguard atau Bea Masuk Tindakan Pengamanan (BMTP) produk keramik yang akan segera berakhir pada 11 Oktober 2021.

Pasalnya, berdasarkan catatan Asaki, periode Januari - Agustus 2021, angka impor meningkat luar biasa tinggi diatas 60% dan didominasi oleh produk asal China yang meningkat 105%, serta India sekitar 20%.

"Kekhawatiran Asaki terhadap gangguan berat yang sangat serius akan terjadi jika perpanjangan BMTP keramik tidak dilakukan tepat waktu," kata Ketua Umum Asaki Edy Suyanto kepada INDUSTRY.co.id, Rabu (6/10/2021).

Berdasarkan informasi yang diterima Asaki, jelas Edy, Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI) melalui Menteri Perdagangan (Mendag) telah mengirimkan surat rekomendasi perpanjangan BMTP untuk tiga tahun kedepan kepada Menteri Keuangan sejak Agustus 2022.

"Namun, hingga saat ini berdasarkan informasi yang kami terima masih dalam proses di Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu hinga beberapa hari menjelang berakhirnya BMTP," jelas Edy.

Menurut Edy, peningkatan angka impor yang semakin tinggi jika tidak diantisipasi melalui perpanjangan BMTP atau safeguard maka kelangsungan berusaha dari industri keramik nasional yang memperkerjakan 150.000 orang menjadi semakin tidak pasti.

Disamping itu, tambahnya, akan ada kerugian negara berupa penerimaan bea masuk impor yang Asaki perkirakan berkisar Rp 90 - 100 miliar per bulan dengan data besaran impor keramik bulanan rata-rata Rp 500 miliar per bulan.

Disisi lain, Edy mengungkapkan bahwa industri keramik nasional mulai menggeliat kembali dengan tingkat utilisasi produksi selama Januari - September 2021, berada di level 75%. Hal ini seiring dengan pelonggaran PPKM yang dilakukan pemerintah.

"Angka utilisasi tersebut merupakan yang tertinggi sejak tahun 2015," kata Edy.

Dijelaskan Ketum Asaki, pihaknya memiliki keyakinan pasca penurunan harga gas ke USD 6 per MMBTU, industri keramik bisa bangkit kembali ke tingkat utilisasi di atas 90% seperti yang terjadi di tahun 2011 - 2014 lalu.

Semangat Asaki menuju target tersebut seiring dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk menekan angka impor dengan melakukan substitusi impor produk keramik.

"Industri keramik masih memiliki idle capacity yang sangat besar sekitar 125 juta meter persegi mamou memenuhi kebutuhan keramik dalam negeri sekalipun kegiatan impor duberhentikan," paparnya.

"Untuk itu, Asaki kembali mendesak pemerintah dalam hal ini Kemenkeu gerak cepat untuk segera melalukan perpanjangan BMTP atau Safeguard produk keramik yang akan berakhir dalam beberapa hari kedepan," pungkas Edy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tays Bakers Resmi Catatkan Sahamnya di BEI

Senin, 06 Desember 2021 - 10:18 WIB

Tays Bakers Resmi Catatkan Sahamnya di BEI setelah Oversubscribed 26x

PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau Tays Bakers (TAYS), produsen makanan ringan sehat asal Indonesia yang telah menembus pasar internasional, hari ini resmi mencatatkan sahamnya di papan perdagangan…

 Kementerian PUPR Uji Coba 3D Concrete Printing

Senin, 06 Desember 2021 - 09:34 WIB

Optimalkan Teknologi Revolusi Industri 4.0, Kementerian PUPR Uji Coba 3D Concrete Printing Karya Anak Bangsa

Bertepatan dengan Hari Bakti ke-76 PU, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerjasama dengan PT. PP (Persero) Tbk. dan Autoconz melakukan…

ASUS ROG Phone 5s Series

Senin, 06 Desember 2021 - 09:26 WIB

ASUS Republic of Gamers Hadirkan ROG Phone 5s Series untuk Gamers Indonesia, Ini Harganya...

ASUS Republic of Gamers menghadirkan perangkat terbarunya pada lini ROG Phone 5. Dengan kehadiran processor terbaru dan tercepat dari Qualcomm® Snapdragon™ membawa ROG Phone 5s Series sebagai…

Jalan Rusak di Karo, Sumatera Utara

Senin, 06 Desember 2021 - 09:03 WIB

Kementerian PUPR Siapkan Rencana Penanganan Jalan Rusak di Karo, Sumatera Utara

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara (Sumut), Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga melakukan pengecekan…

Bakrie Amanah, Kaltim Prima Coal & Lanal Sangatta Gelar Aksi Tanam 7000 Pohon

Senin, 06 Desember 2021 - 08:00 WIB

Bakrie Amanah, Kaltim Prima Coal & Lanal Sangatta Gelar Aksi Tanam 7000 Pohon

Berkolaborasi dengan PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan Lanal Sangatta, Bakrie Amanah menggelar aksi penanaman 7000 pohon untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang diperingati setiap…