Bu Sri Mulyani, Industri Keramik Galau Nih! Tolong Gercep Teken Perpanjangan Safeguard Dong...

Oleh : Ridwan | Rabu, 06 Oktober 2021 - 09:53 WIB

Ketua Umum Asaki Edy Suyanto
Ketua Umum Asaki Edy Suyanto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan 'Gerak Cepat' untuk segera melakukan perpanjangan Safeguard atau Bea Masuk Tindakan Pengamanan (BMTP) produk keramik yang akan segera berakhir pada 11 Oktober 2021.

Pasalnya, berdasarkan catatan Asaki, periode Januari - Agustus 2021, angka impor meningkat luar biasa tinggi diatas 60% dan didominasi oleh produk asal China yang meningkat 105%, serta India sekitar 20%.

"Kekhawatiran Asaki terhadap gangguan berat yang sangat serius akan terjadi jika perpanjangan BMTP keramik tidak dilakukan tepat waktu," kata Ketua Umum Asaki Edy Suyanto kepada INDUSTRY.co.id, Rabu (6/10/2021).

Berdasarkan informasi yang diterima Asaki, jelas Edy, Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI) melalui Menteri Perdagangan (Mendag) telah mengirimkan surat rekomendasi perpanjangan BMTP untuk tiga tahun kedepan kepada Menteri Keuangan sejak Agustus 2022.

"Namun, hingga saat ini berdasarkan informasi yang kami terima masih dalam proses di Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu hinga beberapa hari menjelang berakhirnya BMTP," jelas Edy.

Menurut Edy, peningkatan angka impor yang semakin tinggi jika tidak diantisipasi melalui perpanjangan BMTP atau safeguard maka kelangsungan berusaha dari industri keramik nasional yang memperkerjakan 150.000 orang menjadi semakin tidak pasti.

Disamping itu, tambahnya, akan ada kerugian negara berupa penerimaan bea masuk impor yang Asaki perkirakan berkisar Rp 90 - 100 miliar per bulan dengan data besaran impor keramik bulanan rata-rata Rp 500 miliar per bulan.

Disisi lain, Edy mengungkapkan bahwa industri keramik nasional mulai menggeliat kembali dengan tingkat utilisasi produksi selama Januari - September 2021, berada di level 75%. Hal ini seiring dengan pelonggaran PPKM yang dilakukan pemerintah.

"Angka utilisasi tersebut merupakan yang tertinggi sejak tahun 2015," kata Edy.

Dijelaskan Ketum Asaki, pihaknya memiliki keyakinan pasca penurunan harga gas ke USD 6 per MMBTU, industri keramik bisa bangkit kembali ke tingkat utilisasi di atas 90% seperti yang terjadi di tahun 2011 - 2014 lalu.

Semangat Asaki menuju target tersebut seiring dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk menekan angka impor dengan melakukan substitusi impor produk keramik.

"Industri keramik masih memiliki idle capacity yang sangat besar sekitar 125 juta meter persegi mamou memenuhi kebutuhan keramik dalam negeri sekalipun kegiatan impor duberhentikan," paparnya.

"Untuk itu, Asaki kembali mendesak pemerintah dalam hal ini Kemenkeu gerak cepat untuk segera melalukan perpanjangan BMTP atau Safeguard produk keramik yang akan berakhir dalam beberapa hari kedepan," pungkas Edy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…