14 Oktober, Bali Siap Sambut Wisatawan Asing dari 6 Negara Ini

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 05 Oktober 2021 - 10:45 WIB

Desa Wisata Penglipuran di Bali
Desa Wisata Penglipuran di Bali

INDUSTRY.co.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pemerintah berencana akan membuka penerbangan internasional ke Bandara Ngurah Rai Bali pada 14 Oktober 2021. 

Adapun ketentuan dan persyaratan mencakup mengenai karantina, tes, dan kesiapan Satgas Covid-19 kepada setiap penumpang kedatangan internasional. Selain itu mereka juga harus punya bukti booking hotel untuk karantina minimal delapan hari dengan biaya sendiri.

"Ini kita selaraskan dengan uji coba pembukaan Bali bagi wisatawan mancanegara. Tentunya ini harus kita lakukan dengan kehati-hatian tinggi. Karena meskipun kita dalam situasi COVID-19 yang terkendali. Kita tidak boleh lengah, harus tetap hati-hati dan waspada, jadi ada beberapa pertimbangan yang harus kita finalkan sebelum 14 Oktober 2021, termasuk dari segi negara, karantina, mitigasi 3T, dan yang paling penting adalah dari sisi keselamatan masyarakat Indonesia," katanya.

Adapun wisatawan asing yang diperbolehkan untuk masuk ke Indonesia yakni dari negara Korea Selatan, China, Jepang, Abu Dhabi, Dubai, dan New Zealand.

Selain itu, Menparekraf Sandiaga juga menyampaikan kabar baik lainnya di tengah penerapan PPKM yang ada di tanah air terkait kembali dibukanya pusat kebugaran atau fitness center dengan kapasitas maksimal 25 persen dengan pemberlakuan protokol kesehatan ketat dan screening PeduliLindungi pada wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Solo Raya, Semarang Raya, Yogyakarta, dan Surabaya Raya.

Selain itu, konter makanan dan minuman di dalam bioskop juga mulai diperbolehkan buka, namun dengan kapasitas bioskop tetap 50 persen. Hal ini berlaku untuk kota-kota level 3, 2, dan 1.
 
"Minggu lalu, saya datang ke bioskop namun belum ada refreshment-nya. Padahal kalo kita ke bioskop itu biasanya sambil ‘ngunyah’ atau makan popcorn, alhamdulillah berkat kerja keras teman-teman kita akan membuka konter-konter kuliner di bioskop yang tetap dibatasi 50 persen," jelasnya.

Selain itu, pemerintah akan melalukan uji coba pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat PPKM Level 1 di Kota Blitar, Jawa Timur. Di mana kehidupan masyarakat di Kota Blitar nantinya akan mendekati normal kembali.
 
"Kota Blitar tingkat vaksinasinya sudah tinggi, juga vaksinasi bagi lansia, dan memiliki kesiapan yang kuat, apalagi Blitar ini tempat wisata sejarah dan kuliner di Jawa Timur. Ini membuka ruang untuk kita mencoba dalam kenormalan baru, dan ini akan kita pelajari dan evaluasi dan seandainya sukses di Blitar akan kita terapkan di kota lainnya," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:08 WIB

Tolong Disimak! Korlantas Polri Mulai Terapkan ETLE Kamera Handphone di Tiga Provinsi

Jakarta-kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile. Sebanyak tiga kepolisian daerah (Polda) telah menerapkan penindakan hukum berbasis…

Bandara Internasional Batam (Foto Dok Tribunnews)n

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:07 WIB

Bandara Internasional Batam DiharapkanSebagai Cargo Hub dan E-commerce

etua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penandatangan MoU antara PT. BS Kargo Indonesia dengan PT. Bandara Internasional Batam dalam bidang e-commerce dan logistik. PT. BS Kargo Indonesia…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:05 WIB

Rasio Kepemilikan Mobil di RI Masih Rendah, Menperin Agus: Ini Potensi Luar Biasa

Japan Autoparts Business Forum yang digelar di Nagoya, Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan rasio kepemilikan kendaraan roda empat di Indonesia masih…