Dukung Sektor Industri Menata Kembali Performa Bisnis, Trakindo Rilis Hydraulic Excavator Teranyar

Oleh : Hariyanto | Selasa, 28 September 2021 - 09:32 WIB

Cat 323 GC
Cat 323 GC

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Guna mendukung sektor industri dalam menata kembali performa bisnisnya, PT Trakindo Utama (Trakindo), perusahaan penyedia solusi alat berat Cat di Indonesia merilis hydraulic excavator terbaru di kelas 23 ton, yaitu Cat 323 GC. 

Cat 323 GC adalah solusi alat berat untuk meningkatkan produktivitas dengan kontrol yang mudah digunakan, kabin yang nyaman, mampu mendorong penghematan bahan bakar hingga 25 persen, serta interval servis yang mengurangi biaya perawatan hingga 20 persen – semuanya untuk memberi hasil akhir biaya produksi yang lebih rendah.

Desman Tambunan, Product Manager Trakindo meyakini sektor industri membutuhkan dukungan dan strategi yang tepat untuk mampu menjadi ujung tombak pemulihan ekonomi yang kini dibutuhkan Indonesia.

“Tantangannya adalah bagaimana memastikan bahwa sektor industri dapat melakukan efisiensi pada kinerjanya untuk mendapatkan hasil maksimal di tengah berbagai pembatasan yang terjadi, karena pandemi belum sepenuhnya usai,” jelas Desman yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (28/9/2021).

Cat 323 GC mengusung high productivity sebagai salah satu keunggulan. Hal ini dibuktikan dengan kapasitas bucket 1,3 meter kubik dan merupakan yang terbesar di kelasnya. Hal ini pun dinilai sangat menguntungkan, karena mampu mengoptimalkan produksi. 

“Intinya Cat 323 GC menawarkan performa andal dengan biaya kepemilikan dan biaya operasional yang lebih rendah,” papar Desman.

Performa andal ini didapatkan dari peningkatan torsi ayun hingga 10 persen. Ekskavator ini juga memperbaiki visibilitas operator dengan rear view camera untuk meningkatkan faktor keamanan dalam pengoperasian.

Pengoperasiannya pun cukup mudah, karena dilengkapi start push button dan fungsi operator id yang dapat menyimpan pengaturan keamanan tiap-tiap operator. Operator juga bisa lebih produktif dengan operator station yang nyaman, radio, bluetooth connectivity, USB ports, dan touch screen 8 inci yang dapat digunakan untuk pengaturan operasi sesuai kenyamanan operator.

Keunggulan berikutnya adalah biaya perawatannya yang bisa lebih rendah hingga 20 persen.  Interval penggantian filter diperpanjang dengan peningkatan masa pakai fuel filter dari 500 ke 1.000 jam, hydraulic filter dari 2.000 ke 3.000 jam dan air filter dari 500 ke 1.000 jam. 

Selanjutnya, efisiensi bahan bakar juga bisa meningkat hingga 25 persen karena electrohydraulic system dan pompa hidraulis baru membuat Cat 323 GC hemat bahan bakar, tetapi tidak mengorbankan hydraulic power.

Dilengkapi pengaturan cerdas, Cat 323 GC dapat mendeteksi beban pekerjaan dan mengatur RPM optimum untuk menghemat bahan bakar. Uniknya, Cat 323 GC memberi garansi konsumsi bahan bakar rata-rata 17 liter per jam. Hal ini adalah yang pertama dan satu-satunya diterapkan di produk sejenis; artinya jika pelanggan mendapati konsumsi bahan bakar rata-rata melebihi angka tersebut maka akan diganti selisihnya.

Lebih jauh, Cat 323 GC juga dilengkapi teknologi dual product link (satellite dan cellular) yang mengkoneksikan dan memudahkan manajemen alat-alat berat pelanggan.

Teknologi ini dapat memonitor berbagai informasi terkait alat berat secara jarak jauh. Mulai dari lokasi alat, kondisi operasional alat, durasi pemakaian (hour meter), konsumsi bahan bakar rata-rata, hingga memberikan alert fault code ke nomor ponsel pelanggan, serta informasi kondisi lainnya melalui my.cat.com. 

“Cat 323 GC adalah jawaban dari kebutuhan konsumen kami yang membutuhkan efisiensi maksimal di tengah kondisi sekarang ini. Tentunya kita berharap dengan dukungan Cat 323 GC yang mampu menjaga efisiensi dan meningkatkan kinerja, sektor industri akan mampu menggerakan kembali roda perekonomian kita, sehingga bisa mewujudkan kesejahteraan untuk seluruh masyarakat,” tutup Desman

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…