BPPT: Pengembangan Energi Listrik Pohon Kedongdong Tidaklah Semudah Memasang Listrik Elektrik

Oleh : Ridwan | Senin, 29 Mei 2017 - 12:35 WIB

BPPT (Foto Setkab)
BPPT (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Nama Naufal Raziq, siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Langsa, Aceh Timur baru-baru ini sempat viral di berbagai lini masa dengan penemuan listrik yang bersumber dari pohon kedongdong.

Hal ini pun ditanggapi Badan PEngkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB), Eniya L. Dewi yang menyebutkan bahwa pada dasarnya semua makanan dan minuman yang mengandung asam dapat menjadi sumber energi baterai.

"Temuan energi listrik terapan itu harus didukung pengembangannya sehingga dapat menjadi sumber listrik yang mumpuni dan dapat digunakann sehari-hari," ungkap Eniya L. Dewi saat konferensi pers di kantor BPPT, Jakarta (29/5/2017).

Dalam kesempatan yang sama, Eniya juga memberi apresiasi atas percobaan yang dilakukan Naufal yang menemukan adanya listrik pada poho kedongdong pagar. "Inisiatif siswa tersebut untuk melakukan percobaan ini sangat baik, semangat peneliti tersebut harus dibina dan terus dikembangkan," ucapnya.

Menurut Eniya, pengembangan energi listrik alternatif pohon kedongdong ini tidaklah semudah memasang listrik elektrik, sebab perlu penelitian lebih lanjut terhadap unsur hara tanah, iklim dann topografi wilayah. Mengingat energi ini berasal dari kambium zat asam pohon yang dapat berasimilasi dengan iklim yang berbeda untuk dapat berkembang labih baik.

Sejauh ini, energi alternatif yang diciptakan oleh Naufal memang belum bisa menggantikan kebutuhan masyarakat atas listrik untuk kebutuhan sehari-hari.

"Kami dari BPPT akan siap membantu mengembangkan dan mengaplikasikan ke masyarakat yang membutuhkan. Hasil karya anak bangsa ini harus kita dukung," tutup Eniya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.

Industri Tekstil

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:01 WIB

Upaya Pemerintah Dongkrak Produktivitas Industri Tekstil dan Pakaian Menuju Lima Besar Dunia

Berdasarkan Making Indonesia 4.0, industri TPT merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya sebagai pionir dalam peta jalan penerapan revolusi industri…