Bright PLN Batam Kembangkan PLTS Demi Ciptakan Free Emission Energy

Oleh : Herry Barus | Selasa, 21 September 2021 - 15:00 WIB

PLN Batam
PLN Batam

INDUSTRY.co.id - Batam- Pengembangan bisnis energi baru terbarukan (EBT) terus menjadi perhatian banyak pihak, baik dari masyarakat, pelaku usaha, hingga pemerintah. Adanya prospek yang cerah dari energi masa depan yang dikenal bersih dan mendukung terciptanya net zero emission ini membuat banyak investor mempercepat realisasi proyek-proyek EBT ini.

Energi baru terbarukan yang sedang populer adalah pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Dilihat dari Rencana Umum Energi Nasional sudah dipetakan potensi 207,8 GW energi surya. Solar PV ditargetkan 45 GW pada 2050, dari beberapa potensi EBT maka energi surya adalah salah satu yang terbesar.

Direktur Utama Bright PLN Batam, Nyoman S. Astawa mengungkapkan dengan meningkatan banyaknya proyek pembangunan infrastruktur yang terjadi di Kota Batam dan sekitarnya membuat PLN Batam melihat bahwa ketersediaan EBT menjadi hal yang vital demi kesejahteraan masyarakat dan juga lingkungan hidup di Kota Batam dan seluruh daerah di Kepulauan Riau.

“Mulai dari pembangunan sirkuit hingga pengembangan sektor kemaritiman di Kota Batam dan Kepulauan Riau untuk menjadi poros logisitk maritim Internasional dan kawasan Ekonomi Khusus BBK. Semua proyek ini tentu membutuhkan ketersediaan energi listrik yang besar," ungkap Nyoman pada Selasa (21/09/2021).

Nyoman juga menjelaskan disisi lain untuk menghadapi disrupsi energi sekarang ini bright PLN Batam harus cepat bertransformasi dan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat Kota Batam dengan cepat. Maka rencana PLTS merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat.

"Selain untuk mendukung berjalannya proses pembangunan infrastruktur lebih cepat, kehadiran PLTS di Kota Batam dan daerah lainnya tentu dapat menarik banyak minat investasi asing. Sehingga potensi perekonomian Kota Batam dan Kepulauan Riau sebagai hub logistik Internasional akan terealisasikan dengan lebih cepat dan ini terbukti dengan telah ditandatanganinya MoU pembangunan pembangkit PLTS 650 MWp antara PLN Batam dengan SURYAGEN. SEMBCORP yang dilakukan secara online dari kantor PLN Batam dan kantor kedutaan RI di Singapura yang penandatanganan tersebut turut disaksikan Duta Besar Indonesia untuk Singapura Bapak Suryo Pratomo," ujar Nyoman.

PLTS ini juga secara tidak langsung dapat membantu pemerintah dalam memenuhi target 23 persen bauran energi baru terbarukan pada 2025.

"Kami berharap dengan rencana pembangunan PLTS di Kota Batam dan sekitarnya ini dapat memberikan nilai lebih bagi sektor energi di Kepulauan Riau dan mempercepat target pemerintah untuk menciptakan industri energi free carbon di tahun 2025 mendatang," tutup Nyoman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…