Gubernur Anies: Dunia Bergetar, 300 Ribu Warga Berkumpul di Lapangan Ikada (Monas)...

Oleh : Candra Mata | Senin, 20 September 2021 - 17:25 WIB

Gubernur Anies
Gubernur Anies

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama jajaran Pemprov DKI  pada Senin pagi (20/9), berkumpul dihalaman balai kota Jakarta guna memperingati sebuah peristiwa rapat besar pemuda di lapangan Ikatan Atletik Djakarta atau IKADA. 

"Pagi hari ini kita sama-sama memperingati sebuah peristiwa yang mengokohkan tegaknya Republik Indonesia, Rapat Raksasa IKADA," kata Anies seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari keterangannya di akun Instagram miliknya, Senin sore (20/9/2021).

Menurut Anies, 76 tahun lalu, 19 September 1945, satu bulan setelah kemerdekaan Republik Indonesia diproklamirkan.

Dimana sekitar 300 ribu orang berkumpul di Lapangan Ikada, yang di kenal sebagai Monas sekarang.

Mereka, kata Anies, dengan lantang menyampaikan kepada dunia bahwa Indonesia tidak akan pernah dijajah kembali. 

Dikatakannya lebih lanjut, ratusan ribu warga bergerak dari Jakarta dan sekitarnya memilih untuk menunjukkan sikap, bukan hanya mendukung pemimpinnya tapi menyatakan siap melawan penjajahan.

"Kekuatan Jepang, dan Belanda yang baru datang dari Tanjung Priok bergetar. Mereka tidak membayangkan 300 ribu orang berkumpul dalam satu lapangan," ungkap Anies.

Penduduk Jakarta waktu itu lanjut Anies sebanyak 623 ribu orang dan yang berkumpul di lapangan Ikada sekitar 300 ribu orang.

"Bayangkan separuh kota penduduknya mengirimkan pesan: Kami menuntut kemerdekaan total dan kami siap untuk menghibahkan nyawa mempertahankan kemerdekaan yang diproklamasikan sebulan sebelumnya," ujarnya.

Rapat Raksasa Ikada itu sendiri, lanjut Anies, telah mengubah pesan tentang proklamasi yang tadinya dianggap hanya ciptaan segelintir kaum intelektual di masanya. 

Sejatinya, peristiwa Ikada menjadi sebuah dorongan moral kebangkitan kekuatan rakyat yang kemudian menginspirasi kebangkitan rakyat di seluruh Indonesia. 

"Perjuangan mereka 76 tahun lalu adalah untuk menggulung kolonialisme melalui kemerdekaan. Perjuangan kita hari ini adalah untuk menggelar keadilan sosial, sebuah proses yang masih terus berjalan," ucap Anies.

Menurutnya, melalui kemerdekaan mereka berjanji melindungi, mencerdaskan, memajukan kesejahteraan umum dan terlibat dalam ketertiban dunia. Tujuannya akhirnya di dalam pembukaan UUD 1945; menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

"Kami yang berseragam di pemerintahan punya tanggung jawab atas nama negara, punya tugas menuntaskan janji kemerdekaan itu," imbuh Anies.

"Mari kita sama-sama teruskan tujuan bernegara yang dicita-citakan oleh pendahulu kita pada saat mereka datang ke lapangan Ikada. Kita tuntaskan dengan semangat kolaborasi, dan Insya Allah mengantarkan kita pada kerja kolosal mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…