PT Hutama Karya (Perseo) Dukung Program Mandiri Pangan Riau

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 September 2021 - 16:00 WIB

PT Hutama Karya (Perseo) Dukung Program Mandiri Pangan Riau
PT Hutama Karya (Perseo) Dukung Program Mandiri Pangan Riau

INDUSTRY.co.id - Riau– Di tengah Pandemi COVID-19 yang masih melanda dan berdampak pada melemahnya sektor ekonomi di Indonesia, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) berkomitmen untuk membantu menumbuhkan kembali perekonomian Indonesia melalui Program Pesantren Mandiri Pangan yang merupakan implementasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Dalam program ini, Hutama Karya telah melibatkan puluhan pelaku UMKM di wilayah Desa Pulau Birandang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Program Mandiri Pangan yang diwujudkan dalam bentuk ternak dan budidaya ayam broiler dilakukan dengan memberikan bantuan berupa pembangunan infrastruktur kandang ayam close house serta program pembinaan dengan total nilai bantuan Rp 250 juta .

Dimulai sejak bulan Januari 2021 lalu, kini UMKM yang dibina oleh Hutama Karya sudah mampu melaksanakan proses ternak dan budidaya ayam broiler secara mandiri yang hasil ternaknya disuplai ke berbagai produsen olahan ayam di Indonesia, salah satunya PT Charoen Pokphand. Setelah hampir 8 bulan dibina dan difasilitasi infrastrukturnya, Hutama Karya secara resmi melakukan Serah Terima atas Bantuan Kandang dan Budidaya Ternak Ayam Broiler di Pondok Pesantren Anshorullah, Kabupaten Kampar – Riau pada Minggu kemarin.

Serah terima dilakukan langsung oleh Lukman Edy selaku Wakil Komisaris Utama Hutama Karya dengan didampingi oleh Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo, Project Manager Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang Eka Darma MS, VP CSR/PKBL Hutama Karya Agus Kosasih, serta Pembina dan Pengurus Ponpes Anshorullah Muhammad Nur dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyampaikan bahwa perusahaan memilih budidaya ternak ayam broiler berdasarkan potensi ketersediaan lahan yang cukup luas, biaya perawatan serta pemeliharaan yang lebih ekonomis serta peluang pasar yang cukup besar sehingga akan memberikan peluang bagi pengusaha pemula untuk mengembangkan bisnisnya.

“Disamping bisa mengatasi ketersediaan bahan pangan, program ini juga memberikan keuntungan lain khususnya bagi masyarakat Desa Birandang dengan terbukanya lapangan pekerjaan serta peluang bisnis baru di bidang budidaya dan ternak ayam broiler. Harapannya melalui program yang sudah cukup sustain ini, Desa Birandang dapat menyuplai pasokan ayam broiler ke seluruh wilayah di Provinsi Riau,” ujar Tjahjo.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa dalam program ini Hutama Karya memberikan fasilitas kandang ayam sekaligus fasilitas pelatihan dan pendampingan budidaya ternak ayam broiler kepada pengurus Pondok Pesantren Ashorullah – Kabupaten Kampar. Desa Birandang dipilih karena berdekatan langsung dengan lokasi kegiatan operasional perusahaan yakni Proyek Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang, sebagai upaya timbal balik atas dukungan masyarakat untuk menyukseskan pembangunan jalan tol ini serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah JTTS.

“Terhitung hingga bulan Agustus tahun 2021 ini, bantuan kandang dan budidaya ternak ayam broiler ini telah berhasil menghasilkan 4.772 ekor ayam broiler dengan keuntungan mencapai 28 juta rupiah per bulannya. Semoga melalui bantuan yang kami berikan, usaha ini tetap dapat konsisten dijalankan sehingga bisa mendorong perekonomian dan peluang usaha baru bagi masyarakat Desa Birandang,” tutup Tjahjo Purnomo, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.

Sementara itu Kepala Desa Pulau Birandang Thomas Renaldo menyampaikan apresiasinya terhadap bantuan yang diberikan oleh Hutama Karya. “Sebagai Kepala Desa, saya mengucapkan terima kasih kepada Hutama Karya untuk bantuan kandang dan budidaya ternak ayam broiler yang telah diamanahkan di wilayah kami. Semoga ke depannya bantuan ini dapat terus memberikan manfaat dan kesempatan bagi para warga Desa Birandang untuk mengembangkan potensi ekonomi dan bisnis melalui budidaya dan ternak ayam broiler,” ujar Tomas Renaldo Kades Pulau Birandang.

Seluruh kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan ini telah mengacu pada ISO:26000 dan merupakan implementasi dari Pilar Pembangunan Ekonomi serta SDGs Nomor 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.