Menperin Bahas Penjajakan Kerja Sama Industri Farmasi dengan India

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 Desember 2016 - 09:10 WIB

INDUSTRY.co.id - India akan mengirimkan tim atau grup farmasi ke Indonesia untuk menjajaki potensi kerja sama dan kemungkinan memasok industri farmasi Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di New Delhi, Selasa, (13/12) mengatakan dalam rangkaian kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke India, satu hal yang dibahas di antaranya terkait penjajakan kerja sama di bidang industri farmasi.

"Kita membahas tentang industri farmasi, memang ada keinginan India masuk ke Indonesia," kata Airlangga yang turut serta mendampingi Presiden dalam kunjungan kenegaraan tersebut.

Ada beberapa peluang yang bisa digarap untuk kerja sama bagi kedua negara mengingat regulasi khususnya di bidang tersebut misalnya bidang "active ingredient" produk farmasi yang masih bebas dimiliki 100 persen oleh penanam modal.

"Tapi saya jelaskan kalau industrinya terkait obat generik atau obat murah itu harus 'local company' dan mereka bisa mengerti," katanya seperti dikutip Antara.

India sempat mengusulkan agar proses persetujuan di Badan POM di Indonesia lebih disederhanakan meski berlaku setara antara perusahaan asing maupun perusahaan nasional/lokal.

"Mereka mengusulkan apakah jika sudah sesuai standar FDA atau WHO bisa otomatis mendapatkan dari kita, dan kami akan kaji hal itu," katanya.

Dalam pertemuan dengan India, Airlangga mengatakan sejumlah pembicaraan terkait potensi kerja sama yang lain juga mengemuka di antaranya komponen otomotif.

Indonesia juga mendorong India untuk merampungkan kajiannya terkait ASEAN Regional Comprehensive Economic Partnership (ARCEP) agar bisa terjalin "link value chain" dengan Indonesia khususnya dalam mendorong pengembangan industri.

India mendorong Indonesia masuk dalam Solar Alliance untuk masa depan energi terbarukan dengan kemampuan Indonesia saat ini yang telah mampu membuat baterai solar.

Airlangga juga sempat membahas dengan para CEO perusahaan terkemuka di India terkait upaya mendorong kerja sama "vocational training" sumber daya manusia yang bergerak di bidang teknik dan industri termasuk baja dan otomotif.

"Dalam CEO forum juga muncul isu mengenai batubara termait batasan harga untuk kepentingan investasi agar lebih terjamin," katanya.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…