Keren! Noken, Warisan Budaya Takbenda UNESCO Jadi Merchandise PON XX Papua 2021

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 31 Agustus 2021 - 16:15 WIB

Noken Papua (iFoto: tjen.kemdikbud.go.id)
Noken Papua (iFoto: tjen.kemdikbud.go.id)

INDUSTRY.co.id - Seperti diketahui PON XX Papua yang akan diselenggarakan pada 2020 terpaksa ditunda oleh pemerintah karena pandemi Covid-19. Kini pemerintah pun menetapkan pada 2 sampai 15 Oktober 2021 mendatang.

Namun, karena diselenggarakan pada saat pandemi ada beberapa hal yang harus ditaati, yakni protokol kesehatan yang ketat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan saat ini telah diputuskan oleh Presiden Jokowi bahwa yang diperkenankan untuk menonton PON adalah masyarakat yang telah tervaksinasi Covid-19. PON juga akan digelar dengan penonton terbatas. 

Selain itu, Sandiaga juga berharap PON akan memberikan dampak pada pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta sebagai ajang mempromosikan destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif di Papua. 

"Jadi PON di Papua ini kita sambut dan kita harapkan memberi dampak pada pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif dan juga kita gunakan sebagai sarana untuk memperkenalkan potensi budaya alam hingga ekonomi kreatif yang sangat kaya raya, yang dimiliki oleh Papua," jelasnya melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sandiaga juga mengapresiasi bahwa merchandise yang digunakan dalam ajang PON adalah produk ekonomi kreatif kriya yang berasal dari Papua, yakni noken. Noken adalah tas tradisional masyarakat Papua yang dibawa dengan menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu.

"Merchandise ini wujud kolaborasi dengan mama-mama Papua. Jumlahnya adalah 25 ribu noken. Noken ini merupakan ikon kearifan lokal papua produk ekonomi kreatif untuk menjadi sarana wadah membawa barang. Noken sendiri ini juga sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda," ujar Sandiaga.

Sementara, menurut Epidemiolog Dicky Budiman jika ditanya pandemi ini kapan berakhir, tidak akan ada yang bisa menjawab pandemi ini bisa diselesaikan sampai kapan. Namun biasanya pandemi akan berakhir empai sampai enam tahun.

"Namun yang terpenting adalah bagaimana cara kita untuk menyikapi pandemi tersebut, jangan sampai kita tidak melakukan apapun dan kita harus memastikan  protokol kesehatan dengan disiplin," pungkas Dicky. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pan Brothers Tbk (PBRX)

Senin, 27 Juni 2022 - 18:31 WIB

Pan Brothers Tingkatkan Modal Dasar Jadi Rp647,5 Miliar

PT Pan Brothers Tbk (PBRX), produsen garmen yang menjadi emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) dan berkapasitas terpasang salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, meningkatkan modal dasar perseroan…

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kiri pertama) menyerahkan secara simbolis buku tabungan BSI kepada Bendahara DMI Tatang Hidayat (kanan kedua) disaksikan langsung oleh Ketua Umum DMI Jusuf Kalla (kiri kedua) dan Ketua DMI Sofyan Djalil (kanan pertama pada peresmian Payment Point BSI di Gedung Kantor Pusat DMI di Matraman, Jakarta saat perayaan Milad Ke - 50 Dewan Masjid Indonesia

Senin, 27 Juni 2022 - 18:04 WIB

Resmikan Payment Point, BSI & DMI Perkuat Sinergi Perluas Layanan Keuangan Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) kembali bersinergi mengoptimalkan peran masjid untuk mendorong penguatan ekonomi dan keuangan syariah melalui perluasan layanan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura

Senin, 27 Juni 2022 - 18:00 WIB

Menperin Agus 'Rayu' Perusahaan Industri di Aichi Jepang Bangun Pabrik Baru Hingga Pusat R&D di RI

Dalam rangkaian lawatan ke Jepang, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura. Aichi merupakan prefektur pusat…

Pesisir Pantai Kiom

Senin, 27 Juni 2022 - 17:55 WIB

Kementerian PUPR Tata Ulang Kawasan Kumuh Apolo dan Pesisir Pantai Kiom Jadi Wisata Waterfront City

Kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh (NSUP) kawasan pesisir pantai tersebut akan menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik sekaligus menjadi destinasi wisata baru kebanggaan…

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

Senin, 27 Juni 2022 - 17:47 WIB

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

TP-Link Indonesia bekerja sama dengan Bidang Pelatihan dan Sertifikasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada anggota Internet Service…