Aneh, Tidak Dikenal Ganjar Pranowo, Kenapa Ganjarist Tetap Ngotot Jadi Relawan?

Oleh : Herry Barus | Rabu, 25 Agustus 2021 - 14:39 WIB

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (foto Ist)
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Semarang- Bursa calon presiden makin panas saat ini. Padahal, pemilihan presiden masih 3 tahun lagi. Lantas apakah efektif dengan menggembar - gemborkan beberapa politisi untuk nyapres.

Salah satu relawan yang getol mengkampanyekan salah satu politisi adalah Kelompok relawan Ganjar Pranowo atau biasa disebut dengan Ganjarist.

Relawan tersebut mendorong Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Dilansir dari berbagai media, Ganjarist merupakan kelompok relawan yang diisi oleh berbagai latar belakang. Dan berasal dari kalangan aktivis hingga pengusaha.

"Kami berkumpul di sini terdiri atas berbagai unsur. Tapi rata-rata background kami adalah aktivis relawan pada saat Pak Jokowi mengikuti kontestasi tempo hari. Ada juga beberapa teman dari pengusaha, ada juga teman-teman dari profesional lainnya," ujar Mazdjo Ketua Umum (Ketum) Ganjarist Mazdjo Pray, seperti dilansir Sekertariat PIS.

Mazdjo mengklaim relawan Ganjarist berjumlah lebih dari seribu orang walaupun baru dideklarasikan hari ini. Pasalnya, kata Mazdjo, Ganjarist baru membuka 3 grup WhatsApp, lalu langsung penuh.

"Setidaknya dalam 24 jam buka WA group, 24 jam itu 3 WA group sudah penuh. Itu baru aktivisnya, belum simpatisannya. Artinya, kita tahu gelombangnya cukup besar. Mungkin peristiwa politik beberapa hari lalu itu sebagai trigger juga jadi orang lebih aware," paparnya.

Selain itu, Mazdjo mengutarakan relawan Ganjarist adalah orang-orang awam yang tidak memiliki kepentingan partai politik. Menurutnya, mereka juga punya hak untuk berpartisipasi mendorong Ganjar sebagai capres 2024.

"Kita berkumpul di sini juga untuk menegaskan bahwa kandidat atau capres itu bukan melulu urusan partai politik. Tapi kami sebagai awam, kami juga punya hak sejak awal ikut dorong, sejak awal ikut serta partisipasi politik dalam mendorong kandidat yang kira-kira menurut kami paling pas," kata Mazdjo.

Jalan yang terjal

Ganjar Pranowo yang diusung oleh Ganjarist memiliki sejarah hampir sama dengan Jokowi. Lantas, apakah nasib Ganjar bisa sama dengan Jokowi?

Menurut Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, tak setuju dengan prediksi tersebut.

 

Menurutnya, cerita yang dialami Ganjar dengan orang nomor 1 di Indonesia ini berbeda.

Disebutkannya, Jokowi menang banyak dalam beberapa pemilihan kepala daerah (Pilkada).

"Ceritanya berbeda, antara Mas Ganjar dengan Pak Jokowi. Pak Jokowi di Solo menang 90 persen."

"Lalu, pindah ke Jakarta, mengalahkan banyak sekali tokoh kuat dan elektabilitasnya besar," ucapnya kepada Tribunnews, Selasa (25/5/2021).

Sementara, menurut Hendri, Ganjar sempat hampir kalah dengan lawan mainnya di Pilkada Jateng, Sudirman Said. "Mas Ganjar ini di Jawa Tengah lawan Sudirman Said aja hampir kalah."

"Padahal dia petahana dan di kandang banteng," lanjutnya.

Sehingga, setiap pemimpin punya cerita sendiri-sendiri di perjalanan politiknya.

Kesuksesan Jokowi tak bisa berulang terjadi pada Gubernur Jateng itu.

"Cerita setiap pemimpin enggak bisa diulang," jelas pengamat politik dari Lembaga Survei Kedai Kopi itu.

Seperti diketahui, secara terang-terangan Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto menilai sikap Ganjar terkait ambisinya menjadi presiden sudah kelewatan.

Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam menilai apa yang terjadi di PDIP sebagai sebuah dinamika politik.

Pasalnya, kata dia, selain Ganjar, ada Puan Maharani yang kemungkinan diproyeksikan menjadi calon presiden (capres) 2024 mendatang.

"Terkait internal PDIP yang memanas lantaran Ganjar Pranowo diindikasikan mau maju capres tentu bisa dibaca sebuah dinamika politik. Sebab di PDIP, selain Ganjar, ada Puan Maharani yang notabenenya anak Ketua Umum yang kemungkinan diproyeksikan maju capres," kata Arif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Kamis, 26 Mei 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Hadiri Pernikahan Ketua MK dengan Idayati

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo turut bahagia atas kelancaran prosesi pernikahan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan adik kandung Presiden…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…

Mentan SYL menyaksikan Porang yang akan diolah

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:52 WIB

Kementan Dukung Investor Bangun Pabrik Olahan Porang Skala Besar di Lombok Barat

Pabrik pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen mulai dibangun di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.