WOM Finance Untung Rp 50 Miliar pada Paruh Pertama 2021

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 30 Juli 2021 - 17:27 WIB

Direktur Utama WOM Finance, Djaja Suryanto Sutandar, (kanan) didampingi oleh Direktur Keuangan, Zacharia Susantadiredja, (kiri). (Foto: Bang Abe)
Direktur Utama WOM Finance, Djaja Suryanto Sutandar, (kanan) didampingi oleh Direktur Keuangan, Zacharia Susantadiredja, (kiri). (Foto: Bang Abe)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF) atau WOM Finance berhasil menunjukkan kinerja yang baik pada semester pertama 2021, kendati dampak pandemi Covid-19 masih belum usai.

Zacharia Susantadiredja, Direktur WOMF, menjelaskan, total penyaluran pembiayaan baru pada semester pertama 2021 mencapai Rp1,8 triliun atau naik 30% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya atau mencapai 94.000 unit. 

Total Aset Perseroan pada Juni 2021 turun 13% menjadi Rp 4,6 triliun dibandingkan per Desember 2020. Penurunan aset ini disebabkan penurunan pinjaman bank dan obligasi yang diiringi dengan penurunan kas Perseroan sebesar 71%, di sisi lain gearing ratio dapat dipertahankan pada level 2,1 kali pada Juni 2021.

Total Ekuitas Perseroan pada Juni 2021 tumbuh 4% mencapai Rp1,3 triliun dibanding per Desember 2020. Atas kinerja tersebut, WOM Finance berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp50 miliar di sepanjang enam bulan pertama 2021 atau turun 13% dibandingkan periode yang sama pada 2020.

Return on Asset (ROA) Perseroan mengalami perbaikan mencapai 2,7% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 1,9%, sedangkan Return on Equity (ROE) Perseroan mencapai 8,0% pada Juni 2021.

“Penurunan laba terjadi karena total pendapatan turun 33% akan tetapi biaya-biaya mengalami penurunan yang lebih tinggi sebesar 34% dengan perbaikan kualitas portofolio dan efisiensi atas biaya pendanaan serta biaya operasional. Pembentukan cadangan kerugian penurunan nilai turun 53% dan biaya pendanaan turun 47% dibanding periode yang sama pada tahun 2020,” papar Zacharia.

Kualitas portofolio pembiayaan mengalami perbaikan dengan Net Performing Financing (NPF) gross mencapai 2,1% per Juni 2021, membaik dibanding per Desember 2020 sebesar 2,7%.

Sementara itu, Presiden Direktur WOMF, Djaja Suryanto Sutandar, mengatakan, untuk mendukung perbaikan kinerja, WOM Finance fokus pada pengembangan digitalisasi dan proses akuisisi dengan berbagai pihak. Kini, WOM Finance telah bekerja sama dengan beberapa marketplace seperti Blibli, Bukalapak, Shopee, Gobills dan Tokopedia untuk kemudahan konsumen melakukan transaksi pembayaran angsuran serta transaksi digital melalui QRIS (Quick Respon Code Indonesian Standard).

“Terjadinya Pandemi Covid-19 sejak awal 2020 telah mengubah kebiasaan kita semua untuk bertransformasi pada digitalisasi dalam banyak hal, termasuk dalam bisnis dan operasional WOM Finance. Dengan perubahan gaya hidup masyarakat menjadi digitalisasi membuat kami tetap optimistis kinerja WOM Finance akan tumbuh pada semester kedua 2021. Didukung kerja keras, strategi yang kuat serta inovasi untuk menghadirkan solusi keuangan yang unggul maka akan tercipta pertumbuhan bisnis WOM Finance yang berkelanjutan. Apresiasi yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada regulator dan seluruh stakeholder atas segala dukungan yang luar biasa, kami tetap bisa mempertahankan kinerja di tengah pandemi ini,” imbuh Djaja. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…