3 Destinasi Wisata di Yogyakarta Gelar 'Vaccine with a View'

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 24 Juli 2021 - 19:00 WIB

Vaccine with a View di Yogyakarta (Dok: Kemenparekraf)
Vaccine with a View di Yogyakarta (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19, pemerintah Indonesia semakin gencar mencanangkan program vaksinasi. Berbagai ide kreatif pun dilakukan agar semua masyarakat semakin banyak mengikuti program vaksinasi Covid-19.

Salah satunya yakni di Yogyakarta yang menggelar vaksinasi di tempat wisata. Ada tiga destinasi wisata yang dijadikan tempat vaksin yaitu, Wunung Giri Séla Kandha (GSK), Banyumanik Research Center yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, serta di Twenties Cafe yang berada di Kota Yogyakarta. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pun mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di tiga destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sandiaga mengungkapkan, vaksinasi di destinasi wisata ini merupakan suatu bentuk inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi D.I Yogyakarta dengan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk memanfaatkan destinasi wisata yang ada menjadi sentra vaksinasi.

"Kegiatan ini bukan hanya suatu langkah kolaborasi tapi kolaboraksi. Jadi saya hari ini betul-betul bahagia karena vaccine with a view yang menjadi salah satu inovasi di tengah-tengah percepatan kita keluar dari pandemi ini adalah sebuah langkah yang terus akan kita dorong ke depan," kata Sandiaga melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sandiaga mengatakan dengan adanya inovasi ini diharapkan dapat mempercepat pencapaian target tiga juta vaksinasi perhari hingga yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo. Mengingat, baru sekitar 17,1 juta masyarakat Indonesia yang menerima vaksinasi Covid-19.

"Jadi ini masih jauh dari target vaksinasi 180 juta masyarakat Indonesia dan Presiden memberikan target vaksinasi tiga juta orang perhari hingga Oktober mendatang. Sehingga kita tidak bisa menggunakan cara-cara lama, harus cara yang inovatif, dan apa yang dilakukan hari ini merupakan sesuatu yang luar biasa dan inovatif," tuturnya.

Tak lupa, Sandiaga juga mengajak para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Yogyakarta untuk selalu menebarkan rasa optimisme dan harapan dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan mengikuti program vaksinasi. "Jika kita sudah divaksin, perlindungan kita terhadap COVID-19 akan lebih baik," ujar Sandiaga.

Sementara itu, Staf Ahli Menparekraf Bidang Manajemen Krisis, Kemenparekraf Henky Manurung, menambahkan pihaknya siap berkolaborasi lebih gencar dengan pihak-pihak terkait untuk melaksanakan vaksinasi di kawasan-kawasan wisata pada Agustus 2021. 

"Vaksinasi ini kita lakukan dari kita untuk kita, dan kita meyakinkan diri untuk dapat melewati pandemi COVID-19 ini," tutup Henky.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Sabtu, 18 September 2021 - 19:33 WIB

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Yayasan Dharma Pertiwi mengadakan acara peresmian Daycare dan PAUD Holistik Integratif Yayasan Dharma Bhakti Dharma Pertiwi yang berlokasi di lingkungan Mabes TNI, Jumat (17/9/2021).

Ilustrasi Bermain internet (altselection.com)

Sabtu, 18 September 2021 - 18:25 WIB

Bangun Kualitas Diri dengan Jejak Digital Positif dan Terapkan Etika

Transformasi digital mengalami percepatan, terlebih dengan kondisi pandemi Covid-19 yang memengaruhi bagaimana masyarakat berinteraksi di dunia digital. Mulai dari mencari informasi, bekerja,…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Sabtu, 18 September 2021 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Harap Dunia Usaha di Bali Bisa Segera Bangkit

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap perekonomian di Bali bisa kembali bergerak seiring penurunan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 ke level 3 di Pulau Bali.…

Ilustrasi Pelecehan Seksual Secara Online (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:55 WIB

Jangan Takut Melapor! Pentingnya Kenali 5 Bentuk Pelecehan Seksual di Ruang Digital 

Interaksi sosial masyarakat yang beralih ke ruang digital berkat adanya internet, membuat tindak kekerasan seksual pun berpindah ke ranah online.

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:10 WIB

Peran Orangtua Memberi Ajaran Agar Anak Aman Berinternet

Internet dan media sosial seperti mata pisau, di satu sisi memiliki manfaat positif namun sisi lainnya ada dampak negatif yang bisa melukai penggunanya. Terlebih untuk anak-anak, peran orangtua…