Posting Jadi Imam Salat Id dan Sang Anak Khotib, Anies: Jika Tidak Ada Pandemi, Barangkali Kita Tidak Memainkan Peran ini di Rumah

Oleh : Candra Mata | Selasa, 20 Juli 2021 - 18:20 WIB

Gubernur Jakarta Anies Baswedan
Gubernur Jakarta Anies Baswedan

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunggah sebuah pesan haru namun bermakna terkait perayaan Iduladha ditengah pandemi covid-19 melalui jejaring sosial media miliknya pada Selasa (20/7/2021).

"Bukanlah Iduladha seperti biasa. Gambar-gambar dari Tanah Suci: Makkah sepi, arafah terbatas, haji terasa jauh. Rombongan berpeci tak nampak, jamaah berbahasa Indonesia tak terlihat. Haji tahun ini masih lengang," ujarnya seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari akun Instagramnya Selasa sore (20/7).

"Tapi Iduladha adalah kisah keluarga. Hikmah peristiwa keluarga Ibrahim AS. Sebuah keluarga luar biasa yg sampai sekarang, 4300an tahun kemudian, kisahnya tetap jadi mata air hikmah bagi kita," sambungnya.

Menurut Anies, pandemi ini seakan mengarahkan semua orang untuk lebih menyadari unsur keluarga dalam Iduladha. 

Dimana tahun ini, keluarga-keluarga laksanakan Sholat Iduladha di rumah.

"Begitu juga dengan kami sekeluarga, ayah jadi Imam Sholat Id, anak jadi khotib. Jika tidak ada pandemi, barangkali kita tidak memainkan peran-peran ini di rumah-rumah kita," ungkapnya. 

Tadi pagi, Mikail (anak-red) yang memberikan Khotbah. Membahas tentang kepemimpinan Nabi Ibrahim. Dia kumpulkan bahan-bahan. Ditulis menjadi naskah khotbah, jadi rangkaian pesan penuh hikmah. 

"Begitu banyak keluarga yg melewati proses yang sama. Selalu ada hikmah yang muncul di balik semua ini. Itulah Iduladha 1442H. Iduladha bersama keluarga," imbuh Anies.

Sembari menuliskan pesan ini, dirinya mengatakan mendoakan semua orang. 

Bagi yang saat ini sedang dirawat karena sakit, semoga segera diberi kesembuhan. Bagi yang baru-baru ini kehilangan anggota keluarga, semoga diberikan kekuatan dan ketabahan. Bagi yang sedang dalam himpitan ekonomi, semoga segera dibukakan kelonggaran.

"Bagi yang saat ini dalam kelonggaran ekonomi, dibukakan hatinya untuk mau lebih berbagi pada yang membutuhkan," tandas Anies.

"Aamiin aamiin Allahuma Aamiin.…Selamat Iduladha!," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Aplikasi JAKI (foto Kolase)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:11 WIB

Kabar Terbaru dari Anak Buah Gubernur Anies: Aplikasi JAKI Bisa Buat Cek Status Vaksinasi COVID-19

Jakarta-Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta menambah fitur baru pada aplikasi JAKI yang dapat mengidentifikasi status vaksinasi COVID-19.

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:54 WIB

ACT dan Gernas MUI Bergerak Bersama Atasi Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 adalah permasalahan bangsa yang harus diselesaikan bersama-sama. Semua elemen bangsa harus bersatu dalam menuntaskannya. Persatuan sangatlah penting, sebagaimana yang dicontohkan…

Ilustrasi Paspor Vaksin (Ist)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:45 WIB

Jepang Mulai Memberlakukan Paspor Vaksinasi Covid-19

Jepang mulai menerima paspor vaksin bagi mereka yang telah sepenuhnya divaksinasi Covid-19 sebagai syarat bahwa warganya dapat melakukan perjalanan internasional.

Peraih medali emas Hidilyn Diaz dari Filipina (Foto Reuters)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:21 WIB

Anak Tukang Becak Ini Ungkap Rahasia Doa, Hingga Meraih Medali Emas Pertama Filipina di Olimpiade Tokyo

Jakarta-Para uskup Katolik Filipina mengucapkan selamat kepada Hidilyn Diaz, atas prestasinya meraih medali emas Olimpiade pertama Filipina. Atlet angkat besi ini, tidak hanya atas kemenangannya…

Menpora Amali Pastikan Semua Atlet Olimpiade Tokyo Dapat Apresiasi dari Pemerintah Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memastikan semua atlet, pelatih dan ofisial yang berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020 akan mendapat apresiasi dari pemerintah. Terutama para atlet yang sudah menyumbangkan medali untuk Indonesia dalam ajang olahraga paling bergengsi di dunia tersebut.(foto:putra/kemenpora.go.id)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:21 WIB

Menpora Amali Sampaikan Kabar Baik! Semua Atlet Olimpiade Tokyo Bakal Dapat Bonus dari Pemerintah

Jakarta-Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memastikan semua atlet, pelatih dan ofisial yang berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020 akan mendapat apresiasi…