Dahsyat, Jokowi Kurban 35 Ekor Sapi Berjenis Limosin Cross! Setiap Provinsi dan Masjid Istiqlal Dapat Satu Ekor

Oleh : Candra Mata | Selasa, 20 Juli 2021 - 10:07 WIB

Sapi Limosin Cross
Sapi Limosin Cross

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan hewan kurban untuk disembelih pada Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah kepada panitia di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin kemarin.

Penyerahan hewan kurban dari Presiden Jokowi tersebut secara simbolis dilakukan oleh Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden (Setpres) Sony Kartiko kepada Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal Asep Syaifuddin.

Hewan kurban Presiden yang diserahkan di Masjid Istiqlal adalah sapi berjenis limosin cross. Sapi ini berasal dari Pancoran, Jakarta dan memiliki bobot 1.199 kilogram. 

Selain di Masjid Istiqlal, Presiden juga berkurban di banyak tempat.

“Total sapi yang dipersiapkan ada 35 ekor, setiap provinsi [mendapat] satu ekor dan ada satu ekor untuk [Masjid] Istiqlal,” kata Kepala Setpres Heru Budi Hartono, seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari laman Setkab pada Selasa (20/7/2021).

Untuk diketahui, sapi kurban Presiden tersebut telah diperiksa oleh dokter hewan dan mendapatkan sertifikat kesehatan hewan yang menyatakan sapi tersebut sehat dan tidak menunjukkan adanya penyakit hewan menular strategis (PHMS).

“Semua telah disterilisasi oleh Dinas Peternakan Daerah. Sekretariat Presiden bekerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk [menyediakan] sapi-sapi tersebut dan di bawah kontrol dokter hewan setempat,” ujar Heru.

Sementara itu, Presiden Jokowi sendiri melaksanakan salat sunah Iduladha di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Bank DKI

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:42 WIB

Anies Apresiasi Kontribusi Bank DKI Terkait Kolaborasi Penanganan Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengapresiasi kontribusi Bank DKI terkait kolaborasi penanganan covid-19, termasuk salah satunya pada program Mobil Vaksin Keliling yang diinisiasi…

Inilah profil Carina Citra Dewi Joe, peneliti asal Indonesia yang menjadi salah satu pemilik hak paten vaksin AstraZeneca.

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:24 WIB

Bikin Bangga Jutaan Masyarakat Indonesia, Wanita Keturunan Indonesia Ini, Ternyata Salah Satu Pemilik Hak Paten Vaksin Astrazeneca

Jakarta-Selain Indra Rudiansyah, ternyata ada peneliti Indonesia yang ikut mengembangkan vaksin Covid-19 Astrazeneca di Oxford Univeristy, Inggris. Dia adalah wanita muda bernama Dr Carina Citra…

Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Aplikasi JAKI (foto Kolase)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:11 WIB

Kabar Terbaru dari Anak Buah Gubernur Anies: Aplikasi JAKI Bisa Buat Cek Status Vaksinasi COVID-19

Jakarta-Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta menambah fitur baru pada aplikasi JAKI yang dapat mengidentifikasi status vaksinasi COVID-19.

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:54 WIB

ACT dan Gernas MUI Bergerak Bersama Atasi Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 adalah permasalahan bangsa yang harus diselesaikan bersama-sama. Semua elemen bangsa harus bersatu dalam menuntaskannya. Persatuan sangatlah penting, sebagaimana yang dicontohkan…

Ilustrasi Paspor Vaksin (Ist)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:45 WIB

Jepang Mulai Memberlakukan Paspor Vaksinasi Covid-19

Jepang mulai menerima paspor vaksin bagi mereka yang telah sepenuhnya divaksinasi Covid-19 sebagai syarat bahwa warganya dapat melakukan perjalanan internasional.