Kehadiran Investor India Diperlukan di Bidang Farmasi

Oleh : Herry Barus | Senin, 12 Desember 2016 - 08:25 WIB

Ilustrasi Farmasi-foto IST
Ilustrasi Farmasi-foto IST

INDUSTRY.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang pengusaha India untuk berinvestasi di bidang farmasi, IT, dan otomotif.

"Indonesia mengundang India untuk meningkatkan kerja sama investasi di bidang farmasi, IT, dan otomotif," kata Presiden Jokowi dalam pernyataan pers bersama setelah pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri India Narendra Modi di Mughal Room Lantai 1 Hyderabad House, New Delhi, Senin (12/12)

Presiden menyatakan, menyambut baik penandatanganan nota persepahaman atau memorandum of undertanding (MoU) di bidang standarisasi perdagangan yang dilakukan antar dua negara.

Jokowi menyatakan yakin bahwa hal itu akan meningkatkan perdagangan dalam rangka mendukung kerja sama ekonomi dan "people to people contact".

"Ini adalah suatu kehormatan bagi saya untuk bisa memenuhi undangan dari Perdana Menteri Modi untuk mengunjungi India," kata Presiden.

Ia menegaskan, India adalah mitra penting bagi Indonesia karena hubungan dan kerja sama dalam politik, ekonomi, dan sosial budaya kedua negara semakin kuat dari waktu ke waktu.

"Dalam pertemuan hari ini, kita membahas secara menyeluruh upaya kami untuk meningkatkan kerjasama ekonomi," katanya.

Presiden menyatakan Indonesia ingin meningkatkan perdagangan dan juga ingin menganekaragamkan atau mendiversifikasi produk ekspor ke India.

"Kami juga membahas upaya peningkatan kerja sama investasi," katanya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi kepada Antara mengatakan satu hal yang menjadi prioritas penjajakan kerja sama dengan India yakni dalam hal pengadaan bahan baku obat.

"Jadi ini adalah kerja sama yang cukup strategis dan kita akan coba untuk dalami lebih lanjut supaya dapat dikonkretkan," katanya.

Retno Marsudi mengatakan selama ini, Indonesia masih mengimpor berbagai bahan baku farmasi dari India.

"Tapi yang akan kita lakukan adalah mendorong India untuk berinvestasi di bidang bahan baku obat di Indonesia," kata Menlu Retno.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Salah satu Cluster yang ditawarkan oleh Proyek Sequoia Hills, yakni Cluster Earthville. PT Perintis Triniti Properti Tbk mencatatkan marketing revenue sebesar Rp 426,2 miliar di sepanjang Januari hingga April 2024, sementara itu Perseroan menargetkan Marketing revenue hingga Rp 1,2 Triliun hingga 2024 mendatang

Selasa, 07 Mei 2024 - 10:02 WIB

Catatkan Marketing Revenue Rp 426,2 Miliar Hingga April 2024, Triniti Land Optimistis Capai Target 2024

PT Perintis Triniti Properti Tbk (IDX: TRIN) mencatatkan marketing revenue sebesar Rp 426,2 miliar di sepanjang Januari hingga April 2024. Sementara itu Triniti Land menargetkan marketing revenue…

Masa Depan Pendidikan Era Digital, Tingkatkan Literasi dan Manfaatkan Teknologi. Foto: Anindito Aditomo, Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud RI (tengah) serta Nailul Huda, *Direktur Ekonomi Digital Celios (kiri) sumber: fmb9

Selasa, 07 Mei 2024 - 09:55 WIB

Masa Depan Pendidikan Era Digital, Tingkatkan Literasi dan Manfaatkan Teknologi

Jakarta, FMB9 - Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Anindito Aditomo, menilai salah satu kunci…

PENUHI 11 HALL, TAHUN 2024 JADI PENYELENGGARAAN PAMERAN GIIAS TERBESAR

Selasa, 07 Mei 2024 - 09:45 WIB

Dahsyat! Penuhi 11 Hall, Tahun 2024 Jadi Penyelenggaraan Pameran GIIAS Terbesar

Jakarta– The 31st GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 akan menjadi gelaran GIIAS terbesar, dan terlengkap, hadir satu bulan lebih awal dari tahun lalu, pada 18-28 Juli…

Hadiri Pelantikan Rektor Universitas Jayabaya, Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Pembentukan Kembali Dewan Pertimbangan Agung

Selasa, 07 Mei 2024 - 09:44 WIB

Hadiri Pelantikan Rektor Universitas Jayabaya, Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Pembentukan Kembali Dewan Pertimbangan Agung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Dosen Ilmu Hukum Pascasarjana Universitas Borobudur, Universitas Trisakti, Universitas Pertahanan RI (UNHAN) dan Universitas Trisakti…

Gebrakan Strategi Trac Astra dan IBID Mengalami peningkatan Saat Lebaran 2024

Selasa, 07 Mei 2024 - 09:25 WIB

Top! Gebrakan Strategi Trac Astra dan IBID Mengalami peningkatan Saat Lebaran 2024

Jakarta-SERA Group menggelar acara gathering bersama para awak media nasional sekaligus Halal Bihalal yang bertajuk Meet Up With SERA Group pada Kamis(2/5), bertempat di Madja Resto, Bogor.