Idul Adha, Ini Resep Sup Daging Kambing Tanpa Santan yang Menyehatkan

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 19 Juli 2021 - 16:00 WIB

Resep Sup Sengkel Daging Kambing Oleh Dul, Executive Chef Quest Hotel Darmo Surabaya (Dok: Quest Hotel Darmo Surabaya)
Resep Sup Sengkel Daging Kambing Oleh Dul, Executive Chef Quest Hotel Darmo Surabaya (Dok: Quest Hotel Darmo Surabaya)

INDUSTRY.co.id - Menjelang hari Raya Idul Adha, umat muslim di seluruh dunia merayakannya dengan penuh gembira dan merupakan moment yang paling dinantikan. Saat Idul Adha, perayaannya identik dengan memasak daging sapi ataupun daging kambing sebagai bintang utamanya. 

Salah satu yang paling populer adalah dimasak dijadikan sate ataupun sop yang nikmat. Nah, Dul, Executive Chef Quest Hotel Darmo Surabaya akan memberikan resep olahan daging kambing yang enak dan tentunya bisa disantap bersama keluarga, yaitu sup sengkel kambing dan samosa kambing. 

Tapi, umumnya olahan sup kambing menggunakan santan yang dinilai beberapa orang kurang sehat. Maka dari itu, Chef Dul menggantinya dengan beberapa bahan yang sehat tanpa menggunakan santan dan dapat dinikmati banyak orang.

Melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id, bahan-bahan yang dibutuhkan pun juga cukup mudah hanya dengan daging kambing potongan sengkel, wortel, kentang, tomat, seledri, dan bumbu rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, bawang merah, bawang putih dan beberapa bumbu penyedap lainnya. Semua bahan-bahan dimasukkan bersamaan kemudian dimasak hingga bahan-bahan meresap ke dalam daging sengkel hingga matang.

Tekstur dari sup yang beragam dari bagian sengkel cenderung kenyal sehingga menjadikan sup tersebut menarik dan berbeda dari potongan daging yang lain. Menggunakan rempah dan bahan-bahan yang sehat menjadikan hidangan tersebut sebagai menu yang sehat dan dapat dikonsumsi sebagai penambah daya tahan tubuh. 

Menu lainnya yang dibuat adalah samosa dengan isian daging kambing di dalamnya. Samosa merupakan camilan khas Timur Tengah, proses membuatnya pun juga cukup mudah hanya dengan bahan seperti wortel, kentang, bumbu maderaas kari, bawang bombay, bawang putih, merica, chicken powder, gula, dan garam. 

Semua bahan tersebut ditumis menjadi satu hingga matang kemudian adonan daging dibumbui dengan bahan yang sudah ditumis. Lalu, dimasukkan ke dalam kulit pangsit higga berbentuk segitiga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…