Universitas Indonesia Juara ICAEW Southeast Asia Business Challenge 2017

Oleh : Hariyanto | Senin, 22 Mei 2017 - 17:12 WIB

Universitas Indonesia Juara ICAEW Southeast Asia Business Challenge 2017
Universitas Indonesia Juara ICAEW Southeast Asia Business Challenge 2017

INDUSTRY.co.id - Jakarta, ICAEW Southeast Asia Business Challenge 2017 yang telah diadakan pada Jumat, 19 May kemarin di Kuala Lumpur, Malaysia, membawa mahasiswa-mahasiswa tercedas dari berbagai universitas dan politeknik se-Asia Tenggara dalam sebuah ajang kompetisi unik yang menantang keterampilan dan pengetahuan finansial dan bisnis.

Kompetisi tahunan ini diadakan untuk menentukan generasi depan pemimpin bisnis berikutnya serta mengembangkan wadah bakat ICAEW.

11 tim finalis dari Indonesia, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand dan Vietnam telah meraih banyak pencapaian setelah dipilih dan/atau memenangkan kompetisi lokal di negara masingmasing yang diadakan antara Maret dan April tahun ini.

Dalam kompetisi satu hari tersebut, para calon pemimpin bisnis muda dituntut untuk menganalisa, merekomendasikan dan memberikan presentasi sebuah solusi untuk memecahkan kasus bisnis nyata kepada panel juri yang terdiri atas profesional terhormat se-Asia Tenggara dari berbagai industri.

Tahun ini, ICAEW Southeast Asia Business Challenge juga mencakup sebuah elemen tak terduga untuk menguji ketangkasan dan
daya tanggap tim.

Panel juri terdiri atas pemimpin terkemuka di industri masing-masing, yang juga merupakan anggota ICAEW Chartered Accountants.

Mark Billington, ICAEW Regional Director for Southeast Asia, mengatakan, pada tataran bisnis yang cepat berubah ini dimana faktor-faktor seperti teknologi disruptif mempunyai peran besar, sangat penting bagi para mahasiwa kini untuk mempersiapkan masa depan mereka.

"ICAEW Southeast Asia Business Challenge adalah tempat dimana yang tercedas bertemu dan mahasiwa diberikan sebuah pengalaman simulasi bisnis yang realistis serta kesempatan untuk meluaskan pengetahuan dan menajamkan keterampilan mereka." ujarnya.

Selain mahir secara teknis, lanjut nya, mahasiswa juga harus menunjukkan bahwa mereka mempunyai indera kesadaran komersil yang tajam dan sudah mengembangkan keterampilan yang dicari oleh perusahaan – itu berarti terus mengikuti perkembangan dunia bisnis serta mengambil kesempatan yang muncul dalam membangun softskills mereka.

Ahmad Hasriq Azalan ACA, Head of Corporate Planning, Risk Management & Internal Audit. PT.Gunanusa Utama Fabricators, yang merupakan anggota panel juri, mengatakan, ICAEW Southeast Asia Business Challenge sangat memenuhi tujuannya untuk memberikan mahasiswa dengan pengetahuan praktis mengenai isu-isu bisnis yang nyata.

"Kompetisi ini tidak hanya membuka pintu bagi mahasiwa untuk bertemu dengan perusahaan terkemuka, tapi juga memberikan kesempatan bagi para perusahaan untuk melihat bakat terbaik yang dapat mereka akses. Partisipan hari ini telah menunjukkan kompentensi di bidang-bidang yang melampaui keterampilan teknis dan analisa, termasuk berbagai soft skills seperti mengatur waktu, hubungan interpersonal dan keterampilan komunikasi yang sangat dicari oleh perusahaan.”ungkapnya.

Sementara, Jordan Patar, Timothy, anggota tim pemenang Nusantara Consulting dari Universitas Indonesia mengatakan, Menjadi bagian dari ICAEW Southeast Asia Business Challenge merupakan pengalaman yang sangat berharga.

"Kami merasa sangat terhormat karena telah diberikan kesempatan untuk berkompetisi di tingkat regional Asia Tenggara, berbagi wawasan dengan rekan mahasiwa lainnya dan bertemu dengan pakar-pakar industri se-Asia Tenggara untuk lebih mempelajari jenjang karir di bisnis dan finansial.” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

dr. Beatrix Isabella Tjahyana Dipl.AAAM, Founder & CEO BeArt Korean Skin Clinic menjelaskan perkembangan teknologi laser untuk perawatan kecantikan di Indonesia.

Selasa, 07 Mei 2024 - 23:43 WIB

Perawatan Kecantikan Dengan Laser, BeArt Korean Skin Clinic Hadirkan Metode Terbaru Dari Amerika

Salah satu jenis perawatan dengan metode laser yang menjadi populer dan diterapkan klinik BeArt yaitu dengan menggunakan mesin face lifting dari Amerika.

PT Intiland Development Tbk (DILD)

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:45 WIB

BI Rate Naik, Intiland Harap Perbankan Gencar Jalin Kolaborasi dengan Pengembang

Bank Indonesia (BI) telah menaikan suku bunga acuan atau BI Rate menjadi 6,25%. Kenaikan BI Rate ini pastinya akan berdampak bunga kredit atau cicilan, meskipun berlangsung lama. Sekretaris…

Apresiasi kepada Mandiri Agen

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:20 WIB

Komitmen Dorong Inklusi Keuangan, Bank Mandiri Perkuat Peran Mandiri Agen

Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, Bank Mandiri terus memperkuat peran Mandiri Agen dalam menyediakan akses layanan keuangan yang lebih…

Press conference Winter Concert yang digelar di Trans Snow World, Bintaro, Selasa 7 Mei 2024.

Selasa, 07 Mei 2024 - 21:45 WIB

Pertama di Indonesia, Winter Concert, Konser Musim Dingin Dengan Nuansa Salju Bakal Digelar Bulan Depan

Winter Concert di Trans Snow World Bintaro dimeriahkan oleh musisi internasional Color Me Badd, dan musisi Indonesia seperti The Groove featuring Tiara Effendy, Andien Aisyah dan Iwa K, serta…

Direktur Finance & Bussiness Relationship Mandiri Utama Finance, Rully Setiawan (kanan) saat gelar pameran MUF Auto Fest di Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Selasa (7/5/2024). Mandiri Utama Finance Bidik Pembiayaan Kendaraan Rp 200 Miliar dari Auto Fest Jakarta

Selasa, 07 Mei 2024 - 20:58 WIB

Dorong Penjualan Otomotif Tanah Air, Mandiri Utama Finance Kembali Gelar MUF Auto Fest 2024 di Jakarta

Jakarta– Mandiri Utama Finance (MUF), anak perusahaan Bank Mandiri yang bergerak di bidang pembiayaan, pada tahun ini kembali menggelar MUF Auto Fest yang diadakan secara roadshow beberapa…