Kisah Pelaku UMKM yang Sukses jadi Brand Besar Berkat Pasarkan Produk di Medsos
Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 11 Juli 2021 - 12:55 WIB

Media Sosial (Ist)
INDUSTRY.co.id - Hampir setengah penduduk bumi kini sudah mengakses sosial media, sebuah perubahan yang membuat siapa pun harus masuk ke dalamnya.
Data HootSuite 2020 menyebut saat ini pengguna sosial media sudah mencapai 3,78 miliar atau hampir 48 persen dari total populasi dunia. Pemanfaatan sosial media sebagai tempat beriklan dan membangun brand awareness ini kini dilakukan para pemilik usaha dari skala kecil hingga besar.
Sebut saja brand seperti Samsung saja membangun kedekatan dan mempromosikan produk terbarunya lewat sosial media bekerja sama dengan influencer. Begitu juga dengan pebisnis pemula, memanfaatkan iklan sosial media melalui konten menarik.
"Saya mengawali penjualan produk di Forum Kaskus, saat itu forum juga dipakai untuk jualan. Produk kami yang cukup unik pun diterima cukup baik, hingga mulai berjualan produknya lewat Instagram," kata Indah Jiwandono, Brand Owner Cool Sugar Wax yang membangun bisnisnya dari rumah saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.
Lewat Kaskus hingga berpindah ke Instagram penjualan produknya naik hingga 500 buah per bulan. Tapi saat algoritma Instagram makin tidak bersahabat untuk jualan, brand Cool Sugar Wax mulai berjualan di marketplace.
Suatu ketika dia ikut pelatihan bisnis dan mendapat mentoring pengelolaan usaha dan disarankan untuk memanfaatkan platform digital sebagai tempat beriklan. Dari situlah Indah mulai memakai facebook ads dan Instagram ads supaya masyarakat lebih mengenal produknya.
Sebagai brand owner dia pun menguatkan posisi brand melalui digital marketing dengan melakukan iklan berbayar untuk meningkatkan brand awarness. Tujuannya tak lain mengedukasi lebih banyak orang yang belum tahu tentang produk sehingga tahu dan tertarik untuk membeli. Sampai akhirnya iklan tersebut ternyata begitu berpengaruh terhadap pengunjung bisnis yang Indah jalani.
"Dari sini penjualan meningkat dari ratusan buah per bulan, menjadi ribuan per bulan. Semenjak beriklan makanya menaikan harga agar tidak terlalu murah dan bisa memiliki budget beriklan," jelasnya.
Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.
Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Dino Hamid Ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia, Diena Haryana Founder SEJIWA, dan Benny Daniawan Dosen Sistem Informasi Univerditas Buddhi Dharma.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture yang bertujuan agar masyarakat Indonesia semakin cakap digital.
Baca Juga
Bantu Peternak Lokal dan Gizi Keluarga Yatim Dhuafa , PT ADM Indonesia…
IHGMA Yogyakarta Dukung Wisata Edukatif dari Program Zakat Produktif…
Specialty Indonesia 2025: Dorong Industri Olahan Lokal Tembus Pasar…
LPM Dompet Dhuafa Resmikan 9 Posko Layanan Pemulasaraan Jenazah Gratis…
Tetap Produktif di Usia 85, Ruky Hadirkan Buku Pembaruan untuk Praktisi…
Industri Hari Ini

Selasa, 05 Agustus 2025 - 21:59 WIB
Bee Hype Indonesia Siap Menjadi Pemain Global di Industri Kreatif Digital
Bee Hype Indonesia, agensi kreatif dan production house asal Jakarta, siap merambah pasar Asia dengan strategi digital cerdas, storytelling kuat, dan produksi konten kelas dunia.

Selasa, 05 Agustus 2025 - 19:24 WIB
Mahasiswa UNM Jajaki Dunia Global Lewat Edutrip ke Singapura
Komitmen Universitas Nusa Mandiri (UNM) sebagai Kampus Digital Bisnis kembali ditunjukkan melalui penyelenggaraan program unggulan Edutrip Internasional: Dive Into Culture yang berlangsung mulai…

Selasa, 05 Agustus 2025 - 19:02 WIB
Toshiba Hadirkan Kulkas Pintar New Refrigerator Series, Jawaban Kebutuhan Rumah Tangga Modern
Toshiba resmi meluncurkan New Refrigerator Series, untuk pasar Indonesia. Kulkas ini hadir sebagai solusi modern bagi keluarga masa kini dengan membawa kombinasi kapasitas besar, teknologi pintar,…

Selasa, 05 Agustus 2025 - 19:01 WIB
BWI: Gerakan Wakaf Bisa Entaskan Kemiskinan
Badan Wakaf Indonesia (BWI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2025 mengusung tema Gerakan Indonesia Berwakaf: Meneguhkan Asta Cita Menuju Indonesia Emas di Jakarta pada 5-7 Agustus 2025.…

Selasa, 05 Agustus 2025 - 17:58 WIB
Pasar Properti Tangerang Terus Bersinar, LPKR Ekspansi Hunian dari Serpong hingga Makassar
Pasar properti di Tangerang semakin bergairah berkat infrastruktur dan permintaan tinggi. LPKR manfaatkan momentum dengan ekspansi proyek hunian di Park Serpong, Cikarang, hingga Tanjung Bunga…
Komentar Berita