Peran Perempuan dalam Ekonomi Syariah

Oleh : Mariam | Rabu, 07 Juli 2021 - 13:00 WIB

Ilustrasi Syariah (Foto:Suaranews)
Ilustrasi Syariah (Foto:Suaranews)

INDUSTRY.co.id - Peran serta perempuan dalam peningkatan taraf hidup masyarakat, apabila kita telaah secara lebih seksama merupakan pemberdayaan yang maknanya dapat disamakan dengan perolehan dan akses terhadap sumber daya untuk mencari nafkah atau perekonomian. Dalam Islam, tidak pernah ada masalah tentang relasi antara pria dan perempuan.Islam justru mengangkat derajat perempuan yang direndahkan oleh sistem kehidupan. 

Islam sebagai agama yang memiliki konsep tegas rahmatan lil alamin atau menjadi berkah untuk semua makhluk. Hal ini dapat dilihat dari tata aturan dan doktrin syariah islamiyah, yang mencakup segala aspek kehidupan manusia. Di antara nadi kehidupan itu adalah di bidang ekonomi, dan hal yang substantif dari ekonomi adalah aspek perdagangan (dikenal dengan tijarah).

Islam mengarahkah kepada manusia agar dalam setiap transaksi harus menghindari praktek-praktek perdagangan yang dilakukan dengan cara yang salah. Cara salah ini dalam artian bertentangan dengan prinsip syariah.

Gubernur Bank Indonesia yang juga Ketua Dewan Pakar PP MES, Perry Warjiyo menyampaikan bahwa perempuan-perempuan Indonesia telah berkontribusi nyata dalam menggerakan ekonomi dan keuangan syariah yang inklusif di Indonesia. Perempuan Indonesia telah berperan menjadi katalisator pemulihan perekonomian dalam negeri.

Perry mengungkapkan, sinergi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah telah dituangkan melalui pendekatan tiga pilar. Pilar pertama, pemberdayaan ekonomi syariah melalui pengembangan ekosistem Halal Value Chain (HVC), termasuk di dalamnya adalah memperkuat dan memperluas peran perempuan dalam kontribusinya kepada ekosistem ekonomi keuangan syariah.

Pilar kedua yaitu pendalaman pasar keuangan syariah baik komersial maupun sosial. Sementara, pilar ketiga yaitu penguatan riset, asesmen, dan edukasi, termasuk di antaranya edukasi gaya hidup halal.

Ia kemudian menjelaskan bahwa sinergi dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah telah menunjukkan kinerja yang baik. Pada 2020, Indonesia mendapatkan peringkat keempat terkait pengembangan ekonomi dan keuangan syariah berdasarkan laporan State of the Global Islamic Economy (SGIE). Semua itu tidak lepas dari peran serta para perempuan Indonesia di ekosistem ekonomi nasional.

Peran dan kontribusi perempuan menjadi faktor penting dalam menghadapi berbagai tantangan dalam upaya pemulihan, reformasi, serta transformasi ekonomi. Oleh sebab itu, penting untuk memberikan kesempatan yang sama kepada perempuan dalam perekonomian.

Di Indonesia, peranan perempuan dalam perekonomian semakin signifikan. Pada sektor UMKM, 53,76 persennya dimiliki oleh perempuan, dengan 97 persen karyawannya adalah perempuan, dan kontribusi dalam perekonomian 61 persen. Di bidang investasi, kontribusi perempuan mencapai 60 persen.

 

Perempuan mempunyai hak untuk bekerja selama ia membutuhkan atau pekerjaan itu membutuhkannya. Sejauh norma-norma susila dan agama tetap menjadi pedoman dalam kehidupannya. Selama pekerjaan itu dilakukan dengan terhormat, sopan, serta bisa memelihara syariat islam di ruang lingkup pekerjaannya dan dapat pula menghindarkan dampak-dampak negatif terhadap diri dan lingkungannya.

Pandangan-pandangan yang melarang sama sekali perempuan keluar rumah tidak dapat bertahan atau dipertahankan. Bahkan sejak dulu dalam sejarah Islam, terkenal banyak perempuan yang sudah melakukan aktivitas di luar rumah sesuai syariat dan tetap menjalani fitrahnya.

Dalam bidang perdagangan misalnya, Khadijah binti Khuwailid, istri Nabi Muhammad SAW, tercatat sebagai seorang perempuan yang sukses bahkan saudagar perempuan terkaya periode Makkah saat itu. Demikian pula Qilat Ummi Bani Anmar yang tercatat sebagai seorang perempuan yang pernah datang kepada Nabi Muhammad SAW untuk menanyakan petunjuk jual dan beli sesuai tuntunan Islam.

Zainab binti Jahsyi pun aktif bekerja menyamak kulit binatang dan hasil usahanya beliau sedekahkan. Raithah, istri sahabat nabi Abdullah ibnu Mas’ud sanat aktif bekerja, karena suami dan anaknya ketika itu tidak mampu mencukupi kebutuhan hidup keluarga. Sementara itu, seorang perempuan dengan sebutan “Al-Syifa” yang pandai menulis ditugaskan oleh khalifah Umar bin Khattab sebagai petugas yang menangani pasar kota Madinah.

Mariam: Anggota Perempuan Indonesia Satu

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…