Ini Beberapa Hal yang Perlu diketahui Sebelum Suntik Vitamin Saat Pandemi

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 18 Juni 2021 - 15:30 WIB

Ilustrasi Suntik Vitamin (Ist)
Ilustrasi Suntik Vitamin (Ist)

INDUSTRY.co.id - Di tengah pandemi selain mengonsumsi suplemen vitamin, kini banyak masyarakat lebih memilih suntik vitamin. Sama seperti mengonsumsi vitamin pada umumnya, suntik vitamin juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh agar tidak mudah tertular Covid-19 serta terlindungi dari berbagai virus lainnya yang bisa menyebabkan sakit.

Namun, sebelum suntik vitamin ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasilnya lebih maksimal dan lebih aman. Menurut Dr. Robert Sinto, SpPD-KPTI, Dokter Konsultan Tropik Infeksi RSCM dan di RS St. Carolus mengatakan, harus mengetahui kondisi orang yang ingin disuntik vitamin terlebih dulu, misalnya dengan mengeceknya ke dokter bagi yang mempunyai penyakit komorbid (penyakit penyerta).

"Jelas kalau memang ingin disuntik perlu kehati-hatian sekali. Lalu, ada baiknya jika ada masalah penyakit kronis khusus bisa konsultasikan juga ke dokter untuk menjalani program suntik vitamin ini. Untuk tubuh memang aman, tapi kalau sudah ada penyakit kronis yang sudah lama lebih baik konsultasikan dulu ke dokter," katanya dalam acara yang digelar Kalbe "Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Suntik Sehat" via zoom, Jumat (18/6/2021).  

Ia juga menjelaskan, sebenarnya suntik vitamin itu sesuai dengan kebutuhan setiap individu. Apakah mereka lebih cocok untuk suntik atau minum vitamin secara langsung, serta efek yang akan ditimbulkan. 

"Jadi, pertama kita lihat dulu kebutuhannya, mereka ingin secara cepat misalnya karena lagi sakit jadi perlu suntik vitamin daripada minum. Kemudian, kalau memang lambung tidak memungkinkan untuk minum vitamin, dianjurkan memang yang suntik saja. Kita butuh kerja cepat dan aman, dalam artian untuk lambung. Namun, kalau butuh jumlah besar yang tidak mungkin dipenuhi dalam jumlah banyak, maka lebih pilih dalam bentuk suntikan," jelasnya. 

"Tubuh memiliki mekanisme tertentu. Ada beberapa vitamin yang tidak dapat disimpan di dalam tubuh dalam jangka lama, karena itu setiap orang dosisnya berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Ada orang yang butuh satu minggu sekali. Tapi, beda lagi dengan pasian Covid, mereka butuh dosis yang tinggi. Jadi, semua tergantung kebutuhannya. Tapi kalau mau sehat, suntik seminggu sekali itu tidak rasional. Lebih baik konsulitasikan diri ke dokter," tambahnya. 

Sementara, apt. Eric Antonius, MM, Direct to Consumer Brand Manager PT Kalbe Farma menambahkan penggunaan multivitamin sudah menjadi kebutuhan harian agar tubuh tetap fit dan sehat apalagi di masa pandemi. Tapi, untuk suntik vitamin itu sesuai dengan kebutuhan setiap individu. 

"Kalau sesuai pengalaman, saya satu bulan sekali untuk memastikan tubuh saya tetap fit. Tapi, kembali lagi setiap orang berbeda-beda. Ada testimoni kustomer dia diberikan seminggu sekali dengan tujuan agar kulit menjadi putih dan glowing. Tapi, kalau untuk imunitas tubuh, sebenarnya tidak sampai perlu sesering itu. Bisa lebih dimaintance sebulan sekali saja," ujarnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:54 WIB

ACT dan Gernas MUI Bergerak Bersama Atasi Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 adalah permasalahan bangsa yang harus diselesaikan bersama-sama. Semua elemen bangsa harus bersatu dalam menuntaskannya. Persatuan sangatlah penting, sebagaimana yang dicontohkan…

Ilustrasi Paspor Vaksin (Ist)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:45 WIB

Jepang Mulai Memberlakukan Paspor Vaksinasi Covid-19

Jepang mulai menerima paspor vaksin bagi mereka yang telah sepenuhnya divaksinasi Covid-19 sebagai syarat bahwa warganya dapat melakukan perjalanan internasional.

Peraih medali emas Hidilyn Diaz dari Filipina (Foto Reuters)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:21 WIB

Anak Tukang Becak Ini Ungkap Rahasia Doa, Hingga Meraih Medali Emas Pertama Filipina di Olimpiade Tokyo

Jakarta-Para uskup Katolik Filipina mengucapkan selamat kepada Hidilyn Diaz, atas prestasinya meraih medali emas Olimpiade pertama Filipina. Atlet angkat besi ini, tidak hanya atas kemenangannya…

Menpora Amali Pastikan Semua Atlet Olimpiade Tokyo Dapat Apresiasi dari Pemerintah Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memastikan semua atlet, pelatih dan ofisial yang berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020 akan mendapat apresiasi dari pemerintah. Terutama para atlet yang sudah menyumbangkan medali untuk Indonesia dalam ajang olahraga paling bergengsi di dunia tersebut.(foto:putra/kemenpora.go.id)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:21 WIB

Menpora Amali Sampaikan Kabar Baik! Semua Atlet Olimpiade Tokyo Akan Dapat Apresiasi dari Pemerintah

Jakarta-Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memastikan semua atlet, pelatih dan ofisial yang berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020 akan mendapat apresiasi…

Ilustrasi Perjalanan Udara (Shutterstock)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 12:30 WIB

Krisis Covid-19, India Perpanjang Larangan Penerbangan Internasional Hingga 31 Agustsus 2021

India sekali lagi telah memperpanjang larangan penerbangan internasional hingga 31 Agustus 2021. Hal ini sesuai surat edaran yang telah dikeluarkan oleh regulator penerbangan Direktorat Jenderal…