Mana Lebih Efektif, Suntik atau Minum Vitamin Secara Langsung?

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 18 Juni 2021 - 14:00 WIB

Tangkapan Layar Dalam Acara yang digelar Kalbe "Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Suntik Sehat" via zoom, Jumat (18/6/2021).
Tangkapan Layar Dalam Acara yang digelar Kalbe "Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Suntik Sehat" via zoom, Jumat (18/6/2021).

INDUSTRY.co.id - Di era pandemi ini sangatlah penting meningkatkan imunitas tubuh agar tetap sehat, bugar dan tidak mudah terpapar virus yang berbahaya.

Ada banyak hal untuk menaikan kekebalan tubuh seperti menjaga pola gaya hidup sehat, makan-makanan yang bergizi, berolahraga, hingga minum suplemen agar tetap fit setiap hari, bahkan saat ini suntik vitamin pun sedang marak dilakukan sebagai pencegahan tertular Covid-19. 

Di tengah pandemi suntik vitamin tengah diminati banyak orang karena bisa meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak mudah tertular Covid-19 dan terlindungi dari berbagai virus lainnya yang bisa menyebabkan sakit.

Lalu, apakah suntik vitamin ini lebih efektif dibandingkan dengan meminum langsung?

Menurut Dr. Robert Sinto, SpPD-KPTI, Dokter Konsultan Tropik Infeksi RSCM dan Carolus mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang manfaat suntik vitamin dibandingkan dengan meminum langsung. Keuntungan pertama, kadar vitamin dalam darah lebih tinggi dibanding sediaan minum. 

"Ini dikarenakan vitamin yang disuntik langsung masuk ke dalam aliran darah tanpa melalui saluran cerna. Sementara, suplemen yang diminum tidak secepat meningkatkan level vitamin C secepat dalam bentuk suntikan," katanya dalam acara yang digelar Kalbe "Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Suntik Sehat" via zoom, Jumat (18/6/2021).  

Selanjutnya, ia juga memaparkan bahwa kadar maksimal vitamin dalam darah lebih cepat tercapai sehingga efek vitamin yang didapat lebih cepat serta, efek samping pencernaan lebih rendah dibandingkan sediaan minum. 

"Suntik vitamin juga lebih baik untuk bagi mereka yang mempunyai permasalahan dalam lambung. Karena, bagi mereka yang punya permasalahan tersebut terkadang tidak bisa meminum suplemen lain. Sedangkan dengan suntik, kadar vitaminnya pun langsung masuk ke dalam aliran darah. Sehingga, lebih aman bagi orang yang punya penyakit lambung," bebernya. 

Namun, ia menyarankan sebelum suntik vitamin dilihat dulu sesuai dengan kebutuhannya dan kandungannya seperti apa. "Karena setiap individu butuh suntik vitamin yang berbeda-beda, yang berdasarkan atas penyakitnya, lalu status kesehatannya seperti apa butuhnya lalu, dilihat juga jumlah vitamin yang dibutuhkan berapa. Jadi, semuanya sangat indivual, kalau perlu bisa mengecek dulu ke dokter sebelum suntik," jelasnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…