Mana Lebih Efektif, Suntik atau Minum Vitamin Secara Langsung?

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 18 Juni 2021 - 14:00 WIB

Tangkapan Layar Dalam Acara yang digelar Kalbe "Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Suntik Sehat" via zoom, Jumat (18/6/2021).
Tangkapan Layar Dalam Acara yang digelar Kalbe "Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Suntik Sehat" via zoom, Jumat (18/6/2021).

INDUSTRY.co.id - Di era pandemi ini sangatlah penting meningkatkan imunitas tubuh agar tetap sehat, bugar dan tidak mudah terpapar virus yang berbahaya.

Ada banyak hal untuk menaikan kekebalan tubuh seperti menjaga pola gaya hidup sehat, makan-makanan yang bergizi, berolahraga, hingga minum suplemen agar tetap fit setiap hari, bahkan saat ini suntik vitamin pun sedang marak dilakukan sebagai pencegahan tertular Covid-19. 

Di tengah pandemi suntik vitamin tengah diminati banyak orang karena bisa meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak mudah tertular Covid-19 dan terlindungi dari berbagai virus lainnya yang bisa menyebabkan sakit.

Lalu, apakah suntik vitamin ini lebih efektif dibandingkan dengan meminum langsung?

Menurut Dr. Robert Sinto, SpPD-KPTI, Dokter Konsultan Tropik Infeksi RSCM dan Carolus mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang manfaat suntik vitamin dibandingkan dengan meminum langsung. Keuntungan pertama, kadar vitamin dalam darah lebih tinggi dibanding sediaan minum. 

"Ini dikarenakan vitamin yang disuntik langsung masuk ke dalam aliran darah tanpa melalui saluran cerna. Sementara, suplemen yang diminum tidak secepat meningkatkan level vitamin C secepat dalam bentuk suntikan," katanya dalam acara yang digelar Kalbe "Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Suntik Sehat" via zoom, Jumat (18/6/2021).  

Selanjutnya, ia juga memaparkan bahwa kadar maksimal vitamin dalam darah lebih cepat tercapai sehingga efek vitamin yang didapat lebih cepat serta, efek samping pencernaan lebih rendah dibandingkan sediaan minum. 

"Suntik vitamin juga lebih baik untuk bagi mereka yang mempunyai permasalahan dalam lambung. Karena, bagi mereka yang punya permasalahan tersebut terkadang tidak bisa meminum suplemen lain. Sedangkan dengan suntik, kadar vitaminnya pun langsung masuk ke dalam aliran darah. Sehingga, lebih aman bagi orang yang punya penyakit lambung," bebernya. 

Namun, ia menyarankan sebelum suntik vitamin dilihat dulu sesuai dengan kebutuhannya dan kandungannya seperti apa. "Karena setiap individu butuh suntik vitamin yang berbeda-beda, yang berdasarkan atas penyakitnya, lalu status kesehatannya seperti apa butuhnya lalu, dilihat juga jumlah vitamin yang dibutuhkan berapa. Jadi, semuanya sangat indivual, kalau perlu bisa mengecek dulu ke dokter sebelum suntik," jelasnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peraih medali emas Hidilyn Diaz dari Filipina (Foto Reuters)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:21 WIB

Anak Tukang Becak Ini Ungkap Rahasia Doa, Hingga Meraih Medali Emas Pertama Filipina di Olimpiade Tokyo

Jakarta-Para uskup Katolik Filipina mengucapkan selamat kepada Hidilyn Diaz, atas prestasinya meraih medali emas Olimpiade pertama Filipina. Atlet angkat besi ini, tidak hanya atas kemenangannya…

Menpora Amali Pastikan Semua Atlet Olimpiade Tokyo Dapat Apresiasi dari Pemerintah Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memastikan semua atlet, pelatih dan ofisial yang berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020 akan mendapat apresiasi dari pemerintah. Terutama para atlet yang sudah menyumbangkan medali untuk Indonesia dalam ajang olahraga paling bergengsi di dunia tersebut.(foto:putra/kemenpora.go.id)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:21 WIB

Menpora Amali Sampaikan Kabar Baik! Semua Atlet Olimpiade Tokyo Akan Dapat Apresiasi dari Pemerintah

Jakarta-Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memastikan semua atlet, pelatih dan ofisial yang berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020 akan mendapat apresiasi…

Ilustrasi Perjalanan Udara (Shutterstock)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 12:30 WIB

Krisis Covid-19, India Perpanjang Larangan Penerbangan Internasional Hingga 31 Agustsus 2021

India sekali lagi telah memperpanjang larangan penerbangan internasional hingga 31 Agustus 2021. Hal ini sesuai surat edaran yang telah dikeluarkan oleh regulator penerbangan Direktorat Jenderal…

HIPPINDO Buka Sentra Vaksinasi di Solo

Minggu, 01 Agustus 2021 - 12:28 WIB

Perluas Akses Vaksinasi Covid-19, HIPPINDO Buka Sentra Vaksinasi di Solo

Untuk membantu akselerasi program vaksinasi nasional, HIPPINDO memperluas akses vaksinasi Covid-19 dengan menyelenggarakan sentra vaksinasi di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah…

Waspada Potensi Hujan Disertai Angin Kencang di Jaksel dan Jaktim

Minggu, 01 Agustus 2021 - 12:06 WIB

Bapak Ibu, Pesan BMKG Agar Waspada, Potensi Hujan Disertai Angin Kencang di Jaksel dan Jaktim

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca untuk wilayah DKI Jakarta akan diguyur hujan hari ini. Warga diminta waspada dengan perubahan cuaca yang terjadi.