Bikin Stadion JIS Atapnya Bisa Buka Tutup, Anies Banjir Pujian Warganet: Wow Luar Biasa, RI 1 Insya Allah...

Oleh : Hariyanto | Rabu, 16 Juni 2021 - 18:05 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Impresif, membanggakan, monumental!. Itulah kesan pertama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika meninjau kegiatan topping off rangka atap Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, bersama Dirut Jakpro Dwi Wahyu Daryoto, Ketum Jakmania Diky Soemarno, dan Wali Kota Jakarta Ali Maulana Hakim tadi pagi.

Menurut Anies, pembangunan JIS ini akan menjadi contoh bagi dunia internasional, bahwa bangsa Indonesia sanggup mengerjakan proyek engineering yang kompleks. 

"Hal ini dibuktikan melalui proses topping off dengan menggunakan mesin Hidrolik Jack yang tersebar di 16 titik di kawasan JIS," ucap Anies seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari unggahannya di jejaring sosial media miliknya pada Rabu (16/6/2021).

Tak hanya itu, bahkan menurutnya proses mengangkat rangka atap secara bersamaan dengan muatan yang sangat berat (3900 ton), adalah satu-satunya di Asia saat ini. 

"Hal ini baru ada di Jakarta International Stadium," ungkapnya.

Dikatakannya, JIS sendiri dirancang menggunakan sistem atap buka tutup (retractable roof), sehingga bisa digunakan dalam cuaca apapun. 

Fasilitas ini membuat stadion bisa dimanfaatkan lebih optimal. Karena bisa digunakan sepanjang waktu, sepanjang tahun, tanpa terganggu cuaca dan jam operasi.

"Inilah terobosan yang bisa dibilang pertama di Indonesia, stadion dengan atap yang bisa dibuka tutup," sebut Anies.

Proses topping off rangka atap JIS ini, lanjutnya, sangat kompleks, sehingga membutuhkan kompetensi, presisi yang sangat tinggi, serta persiapan yang luar biasa. 

Hal ini harus dipersiapkan agar beban rangka atap yang memiliki berat 3900 ton, sepanjang 270 meter ini sanggup diangkat hingga ketinggian 70 meter.

Menurutnya, ada kerja bersama ribuan orang yang terlibat dalam pembangunan JIS. Ia merasa bersyukur dan berharap ini bisa tuntas. 

"Kita semua boleh bangga pada para insinyur kita yang menyiapkan program dan proyek ini dengan amat baik. Begitu pula dengan para pekerja di lapangan yang bekerja siang malam, untuk memastikan bahwa pembangunan JIS berlangsung tepat waktu, tepat dana, dan tepat kualitasnya," jelasnya.

Selanjutnya, untuk proses pemasangan rangka atap JIS disertai penyelesaian akhirnya ditargetkannya akan rampung pada 5 Juli 2021. 

"Kemudian pada Desember 2021 Insya Allah akan dijadwalkan pertandingan perdana di JIS ketika seluruh pembangunannya rampung," pungkas Anies.

Untuk diketahui, hingga berita ini dibuat, unggahan Anies tersebut telah menuai beragam pujian dari para warganet.

"Wow, luar biasa....Selamat untuk Indonesia, terkhusus Pemprov DKI Jakarta," tukas Agung Saputra.

"R1 insya allah," beber Dadang Koesmana.

"Masya Allah...mantab kongkret!! Cant wait utk menyaksikan pertandingan perdana disana," tulis Mufti Ali.

"MaasyaAllah tabaarokallah pak Anis. Proud of you," imbuh Nurrohmah.

"Luar biasa. Memberikan kepercayaan kepada anak bangsa Indonesia untuk berkarya dalam pembangunan," papar Mas Andik.

"Terimakasih pak gub pak Anies Baswedan dan pak Wagub Ariza Patria dan JakPro dan elemen2 yang laen nya, kami bangga sama kalian semua dari perwakilan anak The Jak Mania," ucap Eko Prohardianto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sentra Vaksinasi di Petak Enam, Jakarta Barat (Dok: Kemenparekraf)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 15:15 WIB

Petak Enam, Kampung Wisata Pecinan Zaman Kolonial, Jakbar dijadikan Sentra Vaksinasi

Petak Enam, Jakarta Barat merupakan salah satu Kampung Wisata Pecinan yang menjadi saksi pertumbuhan Kota Jakarta dari zaman kolonial yang dijadikan tempat sentra vaksinasi Covid-19.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Bank DKI

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:42 WIB

Anies Apresiasi Kontribusi Bank DKI Terkait Kolaborasi Penanganan Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengapresiasi kontribusi Bank DKI terkait kolaborasi penanganan covid-19, termasuk salah satunya pada program Mobil Vaksin Keliling yang diinisiasi…

Inilah profil Carina Citra Dewi Joe, peneliti asal Indonesia yang menjadi salah satu pemilik hak paten vaksin AstraZeneca.

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:24 WIB

Bikin Bangga Jutaan Masyarakat Indonesia, Wanita Keturunan Indonesia Ini, Ternyata Salah Satu Pemilik Hak Paten Vaksin Astrazeneca

Jakarta-Selain Indra Rudiansyah, ternyata ada peneliti Indonesia yang ikut mengembangkan vaksin Covid-19 Astrazeneca di Oxford Univeristy, Inggris. Dia adalah wanita muda bernama Dr Carina Citra…

Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Aplikasi JAKI (foto Kolase)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:11 WIB

Kabar Terbaru dari Anak Buah Gubernur Anies: Aplikasi JAKI Bisa Buat Cek Status Vaksinasi COVID-19

Jakarta-Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta menambah fitur baru pada aplikasi JAKI yang dapat mengidentifikasi status vaksinasi COVID-19.

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:54 WIB

ACT dan Gernas MUI Bergerak Bersama Atasi Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 adalah permasalahan bangsa yang harus diselesaikan bersama-sama. Semua elemen bangsa harus bersatu dalam menuntaskannya. Persatuan sangatlah penting, sebagaimana yang dicontohkan…