Bikin Stadion JIS Atapnya Bisa Buka Tutup, Anies Banjir Pujian Warganet: Wow Luar Biasa, RI 1 Insya Allah...

Oleh : Hariyanto | Rabu, 16 Juni 2021 - 18:05 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Impresif, membanggakan, monumental!. Itulah kesan pertama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika meninjau kegiatan topping off rangka atap Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, bersama Dirut Jakpro Dwi Wahyu Daryoto, Ketum Jakmania Diky Soemarno, dan Wali Kota Jakarta Ali Maulana Hakim tadi pagi.

Menurut Anies, pembangunan JIS ini akan menjadi contoh bagi dunia internasional, bahwa bangsa Indonesia sanggup mengerjakan proyek engineering yang kompleks. 

"Hal ini dibuktikan melalui proses topping off dengan menggunakan mesin Hidrolik Jack yang tersebar di 16 titik di kawasan JIS," ucap Anies seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari unggahannya di jejaring sosial media miliknya pada Rabu (16/6/2021).

Tak hanya itu, bahkan menurutnya proses mengangkat rangka atap secara bersamaan dengan muatan yang sangat berat (3900 ton), adalah satu-satunya di Asia saat ini. 

"Hal ini baru ada di Jakarta International Stadium," ungkapnya.

Dikatakannya, JIS sendiri dirancang menggunakan sistem atap buka tutup (retractable roof), sehingga bisa digunakan dalam cuaca apapun. 

Fasilitas ini membuat stadion bisa dimanfaatkan lebih optimal. Karena bisa digunakan sepanjang waktu, sepanjang tahun, tanpa terganggu cuaca dan jam operasi.

"Inilah terobosan yang bisa dibilang pertama di Indonesia, stadion dengan atap yang bisa dibuka tutup," sebut Anies.

Proses topping off rangka atap JIS ini, lanjutnya, sangat kompleks, sehingga membutuhkan kompetensi, presisi yang sangat tinggi, serta persiapan yang luar biasa. 

Hal ini harus dipersiapkan agar beban rangka atap yang memiliki berat 3900 ton, sepanjang 270 meter ini sanggup diangkat hingga ketinggian 70 meter.

Menurutnya, ada kerja bersama ribuan orang yang terlibat dalam pembangunan JIS. Ia merasa bersyukur dan berharap ini bisa tuntas. 

"Kita semua boleh bangga pada para insinyur kita yang menyiapkan program dan proyek ini dengan amat baik. Begitu pula dengan para pekerja di lapangan yang bekerja siang malam, untuk memastikan bahwa pembangunan JIS berlangsung tepat waktu, tepat dana, dan tepat kualitasnya," jelasnya.

Selanjutnya, untuk proses pemasangan rangka atap JIS disertai penyelesaian akhirnya ditargetkannya akan rampung pada 5 Juli 2021. 

"Kemudian pada Desember 2021 Insya Allah akan dijadwalkan pertandingan perdana di JIS ketika seluruh pembangunannya rampung," pungkas Anies.

Untuk diketahui, hingga berita ini dibuat, unggahan Anies tersebut telah menuai beragam pujian dari para warganet.

"Wow, luar biasa....Selamat untuk Indonesia, terkhusus Pemprov DKI Jakarta," tukas Agung Saputra.

"R1 insya allah," beber Dadang Koesmana.

"Masya Allah...mantab kongkret!! Cant wait utk menyaksikan pertandingan perdana disana," tulis Mufti Ali.

"MaasyaAllah tabaarokallah pak Anis. Proud of you," imbuh Nurrohmah.

"Luar biasa. Memberikan kepercayaan kepada anak bangsa Indonesia untuk berkarya dalam pembangunan," papar Mas Andik.

"Terimakasih pak gub pak Anies Baswedan dan pak Wagub Ariza Patria dan JakPro dan elemen2 yang laen nya, kami bangga sama kalian semua dari perwakilan anak The Jak Mania," ucap Eko Prohardianto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pembukaan kantor baru Thermo Fisher Scientific

Rabu, 24 April 2024 - 17:50 WIB

Ekspansi di Asia Pasifik, Thermo Fisher Scientific Buka Kantor di Jakarta dan Jalin Kemitraan Baru

Perusahaan menandatangani dua Nota Kesepahaman (MoU) dengan National Battery Research Institute dan Mandaya Hospital Group sebagai bagian dari ekspansi strategisnya di Indonesia