Arsjad Rasjid: Kadin Harus Bisa Merangkul Pelaku Usaha dan Industri Dalam Berbagai Skala

Oleh : Hariyanto | Senin, 14 Juni 2021 - 14:06 WIB

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid menyebutkan bahwa pencalonannya sebagai ketua umum Kadin Indonesia periode 2021-2026, merupakan ikhtiar untuk memajukan Indonesia.

Dengan turut memajukan organisasi yang menaungi para pengusaha dan pelaku industri di Tanah Air itu, disebut Arsjad sebagai jalan baktinya untuk bangsa.

"Komitmen untuk memajukan Kadin adalah panggilan bagi saya untuk berbakti dan mengabdi kepada bangsa," kata Arsjad Rasjid dalam acara Silaturahmi dengan Kadin Sulawesi Utara, di Manado, Sabtu (12/6/2021) malam.

Arsjad berpandangan, Kadin harus bergerak maju dengan mengusung politik kesejahteraan, bukan politik kekuasaan. Karena itu, selain terlibat memajukan ekonomi bangsa, Kadin juga harus aktif mengangkat kesejahteraan masyarakat.

Mengusung semangat membangun Kadin baru yang inklusif dan kolaboratif, Arsjad menegaskan akan menjadikan organisasi ini sebagai rumah untuk tumbuh bersama, baik bagi pengusaha skala besar, menengah, kecil hingga mikro.

"Kadin adalah rumah kita bersama. Rumah untuk tumbuh secara inklusif, di mana kita saling merangkul pengusaha skala besar, menengah, kecil juga mikro," kata Arsjad yang juga Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk ini.

Dalam konsep inklusif dan kolaboratif, Kadin harus membantu para pelaku usaha yang kesulitan untuk  berbisnis karena kurangnya bimbingan dan kesempatan yang mereka miliki. 

Selain itu, menurut Arsjad, yang juga penting Kadin harus bisa merangkul pelaku usaha dan industri dalam berbagai skala. Dia bilang, tidak boleh hanya beberapa sektor industri saja yang diperhatikan.

Disampaikan Arsjad, jika diibaratkan perusahaan, maka pemilik saham Kadin Indonesia adalah Kadin-Kadin daerah dan asosiasi yang bernaung di dalamnya.

"Saya bertekad akan merangkul, mendengarkan setiap aspirasi pemegang saham, sehingga ke depan Kadin Indonesia menjadi lebih baik lagi. Kadin Indonesia harus bisa memberikan deviden yang lebih besar kepada Kadin-Kadin daerah dan asosiasi," tuturnya.

Dengan pengalaman panjang yang dimilikinya dalam membangun dunia usaha di Tanah Air, Arsjad menyatakan siap mendedikasikan dirinya untuk kemajuan Kadin dan Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Bank DKI

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:42 WIB

Anies Apresiasi Kontribusi Bank DKI Terkait Kolaborasi Penanganan Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengapresiasi kontribusi Bank DKI terkait kolaborasi penanganan covid-19, termasuk salah satunya pada program Mobil Vaksin Keliling yang diinisiasi…

Inilah profil Carina Citra Dewi Joe, peneliti asal Indonesia yang menjadi salah satu pemilik hak paten vaksin AstraZeneca.

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:24 WIB

Bikin Bangga Jutaan Masyarakat Indonesia, Wanita Keturunan Indonesia Ini, Ternyata Salah Satu Pemilik Hak Paten Vaksin Astrazeneca

Jakarta-Selain Indra Rudiansyah, ternyata ada peneliti Indonesia yang ikut mengembangkan vaksin Covid-19 Astrazeneca di Oxford Univeristy, Inggris. Dia adalah wanita muda bernama Dr Carina Citra…

Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Aplikasi JAKI (foto Kolase)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 14:11 WIB

Kabar Terbaru dari Anak Buah Gubernur Anies: Aplikasi JAKI Bisa Buat Cek Status Vaksinasi COVID-19

Jakarta-Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta menambah fitur baru pada aplikasi JAKI yang dapat mengidentifikasi status vaksinasi COVID-19.

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:54 WIB

ACT dan Gernas MUI Bergerak Bersama Atasi Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 adalah permasalahan bangsa yang harus diselesaikan bersama-sama. Semua elemen bangsa harus bersatu dalam menuntaskannya. Persatuan sangatlah penting, sebagaimana yang dicontohkan…

Ilustrasi Paspor Vaksin (Ist)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 13:45 WIB

Jepang Mulai Memberlakukan Paspor Vaksinasi Covid-19

Jepang mulai menerima paspor vaksin bagi mereka yang telah sepenuhnya divaksinasi Covid-19 sebagai syarat bahwa warganya dapat melakukan perjalanan internasional.