Arsjad Rasjid: Kadin Harus Bisa Merangkul Pelaku Usaha dan Industri Dalam Berbagai Skala

Oleh : Hariyanto | Senin, 14 Juni 2021 - 14:06 WIB

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid menyebutkan bahwa pencalonannya sebagai ketua umum Kadin Indonesia periode 2021-2026, merupakan ikhtiar untuk memajukan Indonesia.

Dengan turut memajukan organisasi yang menaungi para pengusaha dan pelaku industri di Tanah Air itu, disebut Arsjad sebagai jalan baktinya untuk bangsa.

"Komitmen untuk memajukan Kadin adalah panggilan bagi saya untuk berbakti dan mengabdi kepada bangsa," kata Arsjad Rasjid dalam acara Silaturahmi dengan Kadin Sulawesi Utara, di Manado, Sabtu (12/6/2021) malam.

Arsjad berpandangan, Kadin harus bergerak maju dengan mengusung politik kesejahteraan, bukan politik kekuasaan. Karena itu, selain terlibat memajukan ekonomi bangsa, Kadin juga harus aktif mengangkat kesejahteraan masyarakat.

Mengusung semangat membangun Kadin baru yang inklusif dan kolaboratif, Arsjad menegaskan akan menjadikan organisasi ini sebagai rumah untuk tumbuh bersama, baik bagi pengusaha skala besar, menengah, kecil hingga mikro.

"Kadin adalah rumah kita bersama. Rumah untuk tumbuh secara inklusif, di mana kita saling merangkul pengusaha skala besar, menengah, kecil juga mikro," kata Arsjad yang juga Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk ini.

Dalam konsep inklusif dan kolaboratif, Kadin harus membantu para pelaku usaha yang kesulitan untuk  berbisnis karena kurangnya bimbingan dan kesempatan yang mereka miliki. 

Selain itu, menurut Arsjad, yang juga penting Kadin harus bisa merangkul pelaku usaha dan industri dalam berbagai skala. Dia bilang, tidak boleh hanya beberapa sektor industri saja yang diperhatikan.

Disampaikan Arsjad, jika diibaratkan perusahaan, maka pemilik saham Kadin Indonesia adalah Kadin-Kadin daerah dan asosiasi yang bernaung di dalamnya.

"Saya bertekad akan merangkul, mendengarkan setiap aspirasi pemegang saham, sehingga ke depan Kadin Indonesia menjadi lebih baik lagi. Kadin Indonesia harus bisa memberikan deviden yang lebih besar kepada Kadin-Kadin daerah dan asosiasi," tuturnya.

Dengan pengalaman panjang yang dimilikinya dalam membangun dunia usaha di Tanah Air, Arsjad menyatakan siap mendedikasikan dirinya untuk kemajuan Kadin dan Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…