Tarik Minat Investor Bangun Pabrik Gula, Kemenperin Berikan Insentif Tambahan

Oleh : Ridwan | Kamis, 18 Mei 2017 - 15:29 WIB

Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto
Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Kementerian Perindustrian telah sediakan insentif untuk menarik minat investor baik dalam maupun luar negeri untuk membangun pabrik gula yang terintegrasi dengan perkebunan tebu.

Seperti diketahui, sebelumnya Kemenperin telah menyadiakan insentif berupa tax allowance dan tax holiday, namun kedua insentif itu masih belum menarik minat dari investor. Untuk itu, perlu diberikan insentif lainnya sesuai dengan amanah PP No.2 tahun 2017 tentang pembangunan sarana dan prasarana industri.

"Menurut PP No.2 tahun 2017, Menteri Perindustrian dapat memberikan fasilitas non-fiskal bagi industri antara lain, fasilitas memperoleh bahan baku gula kristal mentah impor," ungkap Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto di Jakarta (18/5/2017).

Menurut Panggah, selain menrik minat investor, tujuan pemberian insentif juga mempercepat pengembangan perkebunan tebu secara bertahap dalam memenuhi kebutuhan bahan baku tebu untuk operasional pabrik.

Dalam pemberian insentif, ada ebebrapa syarat yang harus dipenuhi oleh pabrik gula yang menerima fasilitas tersebut antara lain, pabrik gula baru atau perluasan yang terintegrasi dengan perkebunan tebu yang membangun pabrik gula lengkap mulai dari proses ekstrasi sampai proses kristalisasi yang menghasilkan gula sesuai dengan standar yang ditentukan, serta pabrik gula harus mempunyai izin usaha industri (IUI) yang diterbitkan.

"Kita akan berikan insentif tersebut paling lama 7 tahun bagi pabrik gula yang terintegrasi di luar pulau jawa, dan paling lama 5 tahun bagi pabrik gula yang terintegrasi di pulau Jawa, serta paling lama 3tahun untuk pabrik gula perluasan yang terintegrasi,' tutup Panggah.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Properti

Kamis, 02 Mei 2024 - 21:55 WIB

Peringatan Hari Kartini: Srikandi BUMN Gelar Edukasi Terkait Investasi Properti

Jakarta-Dalam rangka memperingati Hari Kartini Srikandi BUMN Indonesia menyelenggarakan webinar bertajuk “Smart Investment 2024 Year of The Dragon”. Acara yang digelar secara daring, akhir…

Kick Off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:15 WIB

Toyota Eco Youth Kembali Digelar Ajak Generasi Muda Berperan Nyata Jaga Bumi

Toyota Indonesia secara resmi menggelar Kick off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 dengan mengusung tema "EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi”.

IKN Project Shipment and Conference

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:09 WIB

Dari Istana Negara Hingga Kantor Presiden, MJEE Pasok Lift dan Eskalator di Sejumlah Gedung Utama IKN

Jika sebelumnya pada 26 Februari 2024 principal MJEE yaitu Mitsubishi Electric Building Solutions Corporation (MEBS) di Tokyo mengumumkan bahwa MJEE telah berasil mendapatkan pesanan untuk 55…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:40 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat & Solid, Ekspansif 32 Bulan Berturut-turut

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…

RS Royal Progress Sunter memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal serta dukungan teknologi medis terkini yang dapat membantu menangani permasalahan varises.

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:35 WIB

RS Royal Progress Sunter Hadirkan Metode Penanganan Varises Laser Tanpa Bedah

Memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal, RS Royal Progress Sunter hadirkan EVLA, metode penanganan varises lewat laser, tanpa bedah dan minim sayatan.