Dahsyat! Media Australia 'Terawang' RI Bakal jadi Empat Kekuatan Ekonomi Dunia

Oleh : Ridwan | Senin, 17 Mei 2021 - 08:10 WIB

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia diproyeksikan akan menjadi empat kekuatan ekonomi dunia, apabila dilihat struktur pembangunan ekonomi yang telah dilakukan pemerintah sekarang.

Hal itu disampaikan analis dan kolumnis Stan Grant, dalam Jaringan televisi berita Australia, Australian Broadcasting Corporation (abc.net.au), Minggu, 16 Mei 2021, dalam tulisannya berjudul: “How can Australia achieve economic growth when the Treasurer can't name China in his budget speech?”.

"Cina, India, Indonesia, Rusia, Brasil: Apa kesamaan kelima negara ini? Mereka adalah masa depan. Masa depan kita bergantung pada mereka. Mereka bukan Barat," kata Stan Grant.

Secara kolektif, mereka (Cina, India, Indonesia, Rusia, Brasil) akan menyumbang lebih dari setengah dari semua pertumbuhan global hingga 2024, menurut angka dari Dana Moneter Internasional.

Raksasa di antara lima, tentu saja, adalah Cina. Ini telah melampaui Amerika Serikat sebagai mesin terbesar pertumbuhan ekonomi global - 28 persen setiap tahun antara 2013 dan 2018.

"Pada akhir dekade ini, China diperkirakan akan melampaui Amerika sebagai ekonomi tunggal terbesar di dunia. Dan dari empat negara lainnya - Brasil, Rusia, Indonesia, India - masing-masing mencantumkan China sebagai mitra dagang terbesarnya," tutur Stan Grant.

International Monetary Fund (IMF) mengatakan tidak mungkin ekonomi global dapat tumbuh kecuali negara-negara ini juga tumbuh. Namun dalam anggaran minggu ini, apakah kami mendengar menyebutkan salah satunya?

"Tidak. Kami bahkan tidak mendengar penyebutan China. Luar biasa, mengingat China juga mitra dagang terbesar Australiam," Stan Grant.

Perdagangan Australia dengan China mengerdilkan perdagangannya dengan negara lain: lebih dari US$90 miliar, 43 persen yang sangat besar dari semua ekspor kita. Sebagai perbandingan, pasar terbesar berikutnya adalah Jepang, dengan US$19 miliar.

Perdagangan setara dengan 45 persen dari PDB Australia dan satu dari setiap lima pekerjaan di negara tersebut.

Mengutip profesional internasional PwC mencantumkan apa yang akan menjadi 10 ekonomi teratas di dunia: (1) Cina, (2) India, (3) Amerika Serikat (AS). (4) Indonesia, (5) Brasil, (6) Rusia, (7) Meksiko, (8) Jepang, (9) Jerman dan United Kingdom (UK) atau Inggris.

"Kemana perginya Barat? Laporan itu mengatakan secara sederhana: pasar berkembang saat ini akan menjadi kekuatan super ekonomi besok. Di luar 10 besar, Vietnam, Filipina, dan Nigeria akan menjadi penggerak terbesar dalam peringkat," kata Stan Grant.

Laporan tersebut membandingkan E7 (negara berkembang) dengan G7. Pada tahun 1995, E7 berukuran setengah dari G7; pada 2015, E7 telah menarik level; pada tahun 2040, E7 bisa menjadi dua kali lipat ukuran G7.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Jakarta Anies

Minggu, 20 Juni 2021 - 22:08 WIB

Jakarta Memanggil! Gubernur Anies Buka Pendaftaran Tenaga Kesehatan Profesional Pengendalian Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa saat lalu menyampaikan bahwa Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta membuka lowongan tenaga kesehatan untuk membantu penanganan kasus Covid-19 di wilayah…

Sebagai rangkaian dari Morula Fertility Fest 2021, Morula melakukan serangkaian acara Morula Fertility Talk yang dimulai di kota Padang pada Minggu, 20 Juni 2021,

Minggu, 20 Juni 2021 - 20:47 WIB

Ngeri, Banyak Pasangan Suami Istri Tidak Mampu Hamil, Morula IVF Tawarkan Solusi Bantu Masalah Infertilitas Pasangan

Padang – Sebagai rangkaian dari Morula Fertility Fest 2021, Morula melakukan serangkaian acara Morula Fertility Talk yang dimulai di kota Padang pada Minggu, 20 Juni 2021, dengan mengangkat…

Pastor John Laba Tolok SDB

Minggu, 20 Juni 2021 - 19:58 WIB

Warga Lembata Sedunia Minta Gubernur NTT Batalkan ETMC 2021

JAKARTA – Sejumlah warga Lembata Diaspora Sedunia yang tergabung dalam Grup WhatsApp Ata Lembata, meminta Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat dan Panitia Liga 3 El Tari…

Ilustrasi petani tebu. (Arief Priyono/Light Rocket)

Minggu, 20 Juni 2021 - 19:54 WIB

APTRI: Permenperin Nomor 03/2021 Bisa Digunakan Sebagai Alat Gebuk ke Para Pemburu Rente

JAKARTA- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Sunardi Edy Sukamto berharap agar Pemerintah bersikap tegas terhadap mafia-mafia pangan dalam hal ini…

Industri Alkes Nasional

Minggu, 20 Juni 2021 - 19:51 WIB

Simak! Ini 7 Langkah Strategis Pemerintah Tingkatkan Produksi Alkes Buatan Industri Nasional

Pemerintah akan lakukan tujuh langkah strategis peningkatan ketersediaan pasar untuk mengembangkan industri alat kesehatan (alkes) dalam negeri.  Pertama, keberpihakan pada produk dalam negeri…