5 Makanan Peningkat Suasana Hati, Salah Satunya Bayam

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 16 Mei 2021 - 11:15 WIB

Sayur Bayam (Ist)
Sayur Bayam (Ist)

INDUSTRY.co.id - Tahukah Kamu? Ternyata makanan yang dikonsumsi tidak hanya untuk menyehatkan tubuh, tapi juga dapat meningkatkan suasana hati juga, lho.

Hal ini dibenarkan oleh Advokat Kesehatan dan Pendiri Eat Clean with Eshanka, Eshanka Wahi bahwa susana hati dan makanan memiliki korelasi yang sangat intim. Menurutnya, serotonin merupakan hormon yang membantu menstabilkan suasana hati seseorang seperti tidur, dan perasaan yang diciptakan di otak. 

"90 persen dari itu diproduksi di usus dan kemudian disalurkan ke otak kita melalui neurotransmiter, yang menghasilkan menstabilkan suasana hati kita," katanya seperti dilansir dari laman indianexpress, Minggu (16/5/2021).

Jadi, jika seseorang mengonsumi makanan sehat dan bernutrisi, dapat berdampak positif pada tubuh dan juga suasana hati. Namun, sebaliknya jika tidak mengonsumsi makanan yang tidak sehat hal tersebut juga berdampak pada penurunan produktivitas.

"Oleh karena itu, meningkatkan asupan makanan sehat dapat secara efektif membantu dalam mengangkat suasana hati kita. Kunci untuk menggabungkan pemeliharaan suasana hati dengan makanan nutrisi yang baik dan tepat sehingga, dapat meningkatkan suasana hati," jelasnya.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat Kamu konsumsi untuk meningkatkan suasana hati Kamu.

1. Buah beri

Buah ini memiliki kandungan antioksidan dan senyawa fenolik yang penting untuk memerangi stres okisdatif, dan juga ketidaksemibangan yang berbahaya dalam tubuh. "Antioksidan di dalam buah beri dapat mengelola peradangan yang terkait dengan depresi dan gangguan suasana hati serta, mengandung antosianin yang dapat melawan penyakit dan menurunkan risiko depresi," ungkapnya.

2. Cokelat hitam

Makan cokelat hitam meningkatkan suasana hati dan membuat merasa lebih tenang dan lebih bahagia. Cokelat hitam merangsang produksi endorfin sehingga otak kita yang menciptakan perasaan bahagia dan senang. Cokelat hitam meningkatkan aliran darah ke otak sehingga dapat mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan otak serta meningktakan suasana hati.

3. Salmon

Salmon diperkaya dengan asam lemak omega 3 yang membantu meningkatkan suasana hati. "Asam lemak omega 3 memainkan peran penting dalam pembuatan sel-sel tubuh kita. Sehingga, membuat rambut dan kulit kita berkilau dan meningkatkan kekebalan tubuh. Orang yang makan ikan yang kaya akan omega 3 cenderung mengalami peningkatan perasaan puas dan biasanya dalam suasana hati yang lebih bahagia," katanya.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian terdiri dari triptofan, asam amino yang bertanggung jawab untuk menghasilkan serotonin yang meningkatkan suasana hati. Labu, wijen, dan biji bunga matahari, serta almond, kacang mete, kacang tanah, dan kenari, adalah sumber makanan yang bagus. "Kacang dan biji-bijian tersebut adalah komponen besar yang mendukung tubuh dan otak yang sehat," jelasnya.

5. Bayam

Bayam mengandung magnesium, yang menciptakan dampak positif pada kadar serotonin dan meningkatkan suasana hati seseorang. Orang yang kurang mengonsumsi makanan bermagnesium cenderung dengan peningkatan risiko depresi dan kecemasan.

"Juga, mengonsumsi makanan yang mengandung asam amino esensial yang dikenal sebagai triptofan membantu tubuh untuk meningkatkan produksi serotonin. Triptofan terutama ditemukan dalam makanan yang terdiri dari protein seperti telur, unggas. Makanan ini juga secara alami meningkatkan produksi serotonin," tambah Wahi.

"Endorfin adalah hormon bahagia lainnya dan beberapa makanan yang merangsang produksi endorfin dan mendorong perasaan bahagia dan kesenangan adalah ashwagandha, lada, dan cabai," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…