5 Makanan Peningkat Suasana Hati, Salah Satunya Bayam

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 16 Mei 2021 - 11:15 WIB

Sayur Bayam (Ist)
Sayur Bayam (Ist)

INDUSTRY.co.id - Tahukah Kamu? Ternyata makanan yang dikonsumsi tidak hanya untuk menyehatkan tubuh, tapi juga dapat meningkatkan suasana hati juga, lho.

Hal ini dibenarkan oleh Advokat Kesehatan dan Pendiri Eat Clean with Eshanka, Eshanka Wahi bahwa susana hati dan makanan memiliki korelasi yang sangat intim. Menurutnya, serotonin merupakan hormon yang membantu menstabilkan suasana hati seseorang seperti tidur, dan perasaan yang diciptakan di otak. 

"90 persen dari itu diproduksi di usus dan kemudian disalurkan ke otak kita melalui neurotransmiter, yang menghasilkan menstabilkan suasana hati kita," katanya seperti dilansir dari laman indianexpress, Minggu (16/5/2021).

Jadi, jika seseorang mengonsumi makanan sehat dan bernutrisi, dapat berdampak positif pada tubuh dan juga suasana hati. Namun, sebaliknya jika tidak mengonsumsi makanan yang tidak sehat hal tersebut juga berdampak pada penurunan produktivitas.

"Oleh karena itu, meningkatkan asupan makanan sehat dapat secara efektif membantu dalam mengangkat suasana hati kita. Kunci untuk menggabungkan pemeliharaan suasana hati dengan makanan nutrisi yang baik dan tepat sehingga, dapat meningkatkan suasana hati," jelasnya.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat Kamu konsumsi untuk meningkatkan suasana hati Kamu.

1. Buah beri

Buah ini memiliki kandungan antioksidan dan senyawa fenolik yang penting untuk memerangi stres okisdatif, dan juga ketidaksemibangan yang berbahaya dalam tubuh. "Antioksidan di dalam buah beri dapat mengelola peradangan yang terkait dengan depresi dan gangguan suasana hati serta, mengandung antosianin yang dapat melawan penyakit dan menurunkan risiko depresi," ungkapnya.

2. Cokelat hitam

Makan cokelat hitam meningkatkan suasana hati dan membuat merasa lebih tenang dan lebih bahagia. Cokelat hitam merangsang produksi endorfin sehingga otak kita yang menciptakan perasaan bahagia dan senang. Cokelat hitam meningkatkan aliran darah ke otak sehingga dapat mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan otak serta meningktakan suasana hati.

3. Salmon

Salmon diperkaya dengan asam lemak omega 3 yang membantu meningkatkan suasana hati. "Asam lemak omega 3 memainkan peran penting dalam pembuatan sel-sel tubuh kita. Sehingga, membuat rambut dan kulit kita berkilau dan meningkatkan kekebalan tubuh. Orang yang makan ikan yang kaya akan omega 3 cenderung mengalami peningkatan perasaan puas dan biasanya dalam suasana hati yang lebih bahagia," katanya.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian terdiri dari triptofan, asam amino yang bertanggung jawab untuk menghasilkan serotonin yang meningkatkan suasana hati. Labu, wijen, dan biji bunga matahari, serta almond, kacang mete, kacang tanah, dan kenari, adalah sumber makanan yang bagus. "Kacang dan biji-bijian tersebut adalah komponen besar yang mendukung tubuh dan otak yang sehat," jelasnya.

5. Bayam

Bayam mengandung magnesium, yang menciptakan dampak positif pada kadar serotonin dan meningkatkan suasana hati seseorang. Orang yang kurang mengonsumsi makanan bermagnesium cenderung dengan peningkatan risiko depresi dan kecemasan.

"Juga, mengonsumsi makanan yang mengandung asam amino esensial yang dikenal sebagai triptofan membantu tubuh untuk meningkatkan produksi serotonin. Triptofan terutama ditemukan dalam makanan yang terdiri dari protein seperti telur, unggas. Makanan ini juga secara alami meningkatkan produksi serotonin," tambah Wahi.

"Endorfin adalah hormon bahagia lainnya dan beberapa makanan yang merangsang produksi endorfin dan mendorong perasaan bahagia dan kesenangan adalah ashwagandha, lada, dan cabai," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bermain Media Sosial (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 19:15 WIB

Selama Pandemi, Pengguna Internet di Indonesia Tumbuh 15,5 Persen

Budaya digital diartikan sebuah konsep yang menggambarkan bagaimana teknologi dan internet membentuk cara kita berinteraksi sebagai manusia. Yakni mulai dari berperilaku, berpikir, dan berkomunikasi…

Ilustrasi UMKM Go Digital (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:45 WIB

Untuk Bisa Bertahan di Masa Pandemi, UMKM Harus Punya Digital Skills

Di masa pandemi ini, banyak sekali perubahan yang tanpa disadari semua orang harus mengikutinya. Namun apapun yang terjadi saat ini masyarakat harus membuka diri dan berpikiran terbuka karena…

11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:17 WIB

Ekonomi Kawasan Banten Bakal Tumbuh Pesat, 11 Bank Dukung Pembiayaan Jalan Tol Serang Panimbang

Jakarta– PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) sebagai entitas anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) menandatangani perjanjian kredit sindikasi dan line fasilitas pembiayaan sindikasi…

Ilustrasi Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) (Ist)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:15 WIB

Perlunya Sosilasi Tuk Cegah Meningkatnya Kasus Kekerasan Gender Berbasis Online

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 8,9 persen atau menjadi 171 juta jiwa pengguna membuat kewaspadaan terhadap ancaman kejahatan cyber semakin tinggi. Diketahui selama…

Sambal tabur BonCabe Level 50 Max End yang merupakan produk teranyar PT Kobe Boga Utama. (Foto: Humas PT Kobe Boga Utama)

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:11 WIB

BonCabe level 50 Max End, Maximize to The End

Jakarta - Para penggemar mie instan dan berbagai makanan gorengan tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya sambal, apalagi sambal botol alias sambal yang dikemas dalam botol dan penggunaannya…