Tegas! Mendikbudristek Nadiem: Saya Ingin Anak-anak Indonesia menjadi Pelajar yang Menggegam Teguh Falsafah Pancasila

Oleh : Candra Mata | Minggu, 09 Mei 2021 - 20:40 WIB

Mendikbud Nadiem Makarim (foto Ist)
Mendikbud Nadiem Makarim (foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menekankan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam peningkatan kualitas pelajar yang berfalsafah Pancasila.

”Saya ingin anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang menggegam teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya, dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri. Karenanya, kementerian ini secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan Merdeka Belajar,” tutur Nadiem dalam keterangannya seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Minggu (9/5/2021).

Selain itu, Ia juga menjelaskan bahwa terdapat empat upaya perbaikan yang terus dikerjakan Kemendikbudristek bersama dengan berbagai elemen masyarakat.

Pertama adalah perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua; perbaikan kebijakan, prosedur, pendanaan, serta pemberian otonomi yang lebih bagi satuan pendidikan. Ketiga; perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya. Serta keempat; perbaikan kurikulum, pedagogi, dan asesmen.

Nadiem juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak, terkait dengan terobosan-terobosan Merdeka Belajar yang ia nilai telah menyasar kepada seluruh elemen masyarakat. Mulai dari pendidik dan pelajar dari PAUD sampai pendidikan tinggi, orang tua, para wakil rakyat, pemerintah daerah, organisasi kemasyarakatan, hingga dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

“Transformasi yang bermakna ini dilakukan dengan tujuan mengubah segala sesuatu yang membuat bangsa ini berjalan di tempat berubah menjadi lompatan-lompatan kemajuan,” ujarnya.

Dikatakannya lebih lanjut, masa pandemi ini merupakan ladang optimis yang menunggu untuk dipanen.

“Krisis merupakan kesempatan kita untuk menuai kemajuan, dan kita perlu memahami bahwa pandemi bukan hanya satu-satunya tantangan yang tengah kita hadapi,” pungkas Nadiem.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengendalian Organisme Penganggu Tumbuhan (OPT) yang ramah lingkungan wajib dikedepankan yaitu melalui konsep pengendalian yang disebut Pengendalian Hama Terpadu (PHT).

Senin, 21 Juni 2021 - 13:27 WIB

Kementan Dorong Petani Lampung Kedepankan Pengendalian Hama Ramah Lingkungan Melalui Kegiatan P4

Dalam rangka untuk memasyarakatkan gerakan PHT, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan meluncurkan Kegiatan Pemberdayaan Petani dalam Pemasyarakatan PHT (P4) sebanyak…

BTN tebar hadiah bagi masyarakat yang berburu KPR

Senin, 21 Juni 2021 - 13:12 WIB

Wow, BTN Tebar Hadiah Emas! Strategi Jitu Pemasaran KPR

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Bank Pelopor produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ini kembali memberikan trobosan untuk masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan pembiayaan untuk kepemilikan…

Ini Lima Job Portal Unggulan Yang Memudahkan Kamu Mencari Kerja

Senin, 21 Juni 2021 - 13:12 WIB

Ini Lima Job Portal Unggulan Yang Memudahkan Kamu Mencari Kerja

Jakarta-Era digital saat ini membawa banyak kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Bahkan digitalisasi sudah menyentuh pasar tenaga kerja.

Stop Kekerasan Terhadap Perempuan (Foto Ist)

Senin, 21 Juni 2021 - 13:00 WIB

Perlunya Sosialisasi Kekerasan Berbasis Gender Online Agar Mencegah Meningkatknya Kasus Baru

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 8,9 persen atau menjadi 171 juta jiwa pengguna membuat kewaspadaan terhadap ancaman kejahatan cyber semakin tinggi. Diketahui selama…

Ilustrasi penelitian vaksin (rino/industry.co.id)

Senin, 21 Juni 2021 - 12:49 WIB

Fakultas Kedokteran Ini Lakukan Riset Penyebab Lonjakan Kasus COVID-19, Temuannya Mengerikan!

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) hari ini mengeluarkan hasil penelitian Whole Genome Sequencing (WGS) rujukan dari Balai Penelitian dan…