Bayer Indonesia Luncurkan Program Nutrient Gap Initiative untuk Jangkau 1 Juta Masyarakat Rentan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 29 April 2021 - 16:40 WIB

Bayer Indonesia Luncurkan Program Nutrient Gap Initiative
Bayer Indonesia Luncurkan Program Nutrient Gap Initiative

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Bayer meluncurkan program Nutrient Gap Initiative di Indonesia untuk memperluas akses  vitamin dan mineral bagi masyarakat rentan. Untuk mengawali inisiatif ini, Bayer akan menjalankan program edukasi selfcare (perawatan kesehatan mandiri) yang meliputi pentingnya nutrisi, pengetahuan tentang anemia dan imunitas tubuh, kebersihan diri dan lingkungan rumah, serta distribusi suplemen kesehatan bagi masyarakat rentan perkotaan di Penjaringan, Jakarta Utara dan Duri Kosambi, Jakarta Barat. Bayer menunjuk Mercy Corps Indonesia sebagai mitra untuk pelaksanaan program.

Peluncuran program dihadiri Kinshuk Kunwar – Direktur Bayer Indonesia, Eko Novi Ariyanti R.D - Asisten Deputi Partisipasi Lembaga Profesi dan Dunia Usaha – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dr. M. Fahrizal A., Kepala Seksi Kesehatan Keluarga Dinkes Provinsi DKI Jakarta, Ade Soekadis - Direktur Eksekutif Mercy Corps Indonesia, dan Raisa Andriana - Musisi.

Program perdana ini akan berlangsung sepanjang April-September 2021 dalam bentuk pelatihan terkait perawatan kesehatan mandiri, mikronutrisi, anemia, kebersihan dan pencegahan Covid-19 kepada 100 bidan dan 500 kader posyandu,  serta memberikan manfaat bagi 12.500 orang. 

Kemitraan dengan Mercy Corps Indonesia melengkapi upaya Bayer untuk menyediakan akses suplemen mikronutrien bagi ibu hamil ekonomi rentan di Indonesia melalui intervensi, edukasi oleh ahli kesehatan kepada penerima manfaat, serta advokasi melalui aksi kolektif.

Selain itu, Bayer menyesuaikan portofolio dan jaringan distribusinya agar vitamin dan mineralnya lebih mudah diakses dan terjangkau bagi masyarakat ekonomi rentan, guna semakin meningkatkan kemampuan perawatan kesehatan mandiri mereka.

Kinshuk Kunwar, Direktur Bayer Indonesia, menyampaikan, program ini merupakan bagian dari  Nutrient Gap Initiative yang menyasar 1 juta perempuan dan bayi di Indonesia per tahunnya hingga 2030. Bayer meluncurkan inisiatif ini secara global untuk memberikan akses vitamin dan mineral penting bagi 50 juta orang kelompok ekonomi rentan di seluruh dunia.

"Kami percaya bahwa memberdayakan perempuan dengan kemampuan perawatan kesehatan mandiri akan memberikan pengaruh dan manfaat bagi diri mereka, anggota keluarganya, dan masyarakat. Selain itu, pada masa pandemi Covid-19, imunitas sangatlah penting," kata Kinshuk Kunwar yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (29/4/2021).

"Kami memahami bahwa asupan suplemen kesehatan halal yang mengandung multivitamin penting akan membantu masyarakat untuk tetap sehat. Melalui rangkaian program ini, kami menargetkan pemberdayaan hingga satu juta penerima manfaat di seluruh Indonesia per tahunnya," tambahnya.

dr. M. Fahrizal A., Kepala Seksi Kesehatan Keluarga Dinkes Provinsi DKI Jakarta, menyambut gembira program Bayer tersebut. Menurutnya, peningkatan kesadaran kesehatan masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga membutuhkan partisipasi berbagai pihak, termasuk kalangan usaha.

"Harapan kami, dukungan Bayer di ranah kesehatan melalui pembekalan kemampuan self-care bagi masyarakat ekonomi rentan perkotaan, khususnya perempuan di DKI Jakarta, berjalan melebihi ekspektasi, sehingga dapat dijadikan acuan untuk kesinambungan program di daerah-daerah lainnya dan membantu menurunkan kasus Covid-19 di DKI Jakarta," ungkapnya.

Terkait peran dunia usaha dalam meningkatkan pengetahuan perempuan mengenai kesehatan, Asisten Deputi Partisipasi Lembaga Profesi dan Dunia Usaha – Kementerian PPPA, Eko Novi Ariyanti R.D. mengatakan,

”Kami sangat menghargai kontribusi dunia usaha seperti Bayer yang memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat, terutama perempuan. Dengan membekali perempuan khususnya ibu terkait perawatan kesehatan mandiri tentunya akan berdampak positif bagi kesehatan keluarganya.” ungkapnya

Direktur Eksekutif Mercy Corps Indonesia, Ade Soekadis menyampaikan, dengan dukungan komprehensif dan berkelanjutan dari Bayer yang berpadu dengan jaringan luas Mercy Corps Indonesia. "Kami optimistis program Nutrient Gap Initiative yang diluncurkan Bayer ini mampu memberi dampak signifikan pada peningkatan kualitas kesehatan di Indonesia," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Sabtu, 03 Desember 2022 - 12:17 WIB

Upacara Hari Bakti PUPR ke-77, Menteri Basuki: Jaga Kepercayaan Publik dan Kredibilitas

Dalam rangka memperingati Hari Bakti PUPR ke-77, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan upacara Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-77 dengan tema, “77…

Minyak makan merah

Sabtu, 03 Desember 2022 - 12:00 WIB

MenKopUKM Pastikan Pabrik Minyak Makan Merah di Sumut Bakal Beroperasi Awal Tahun

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) memastikan kesiapan pabrik minyak makan merah di Deli Serdang, Sumatera Utara, yang direncanakan akan beroperasi pada awal 2023.

Ilustrasi jantung

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:34 WIB

Elixir Medical Corporation Perkenalkan Teknologi Baru Perawatan Jantung di ISICAM 2022

Bioadaptor adalah teknologi terbaru dalam pengobatan penyakit jantung koroner yang dikembangkan dan diproduksi oleh Elixir Medical Corporation, sebuah perusahaan teknologi medis yang berbasis…

Menteri BUMN Erick Thohir bersilaturahim bersama tokoh dan sesepuh Jawa Barat

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:27 WIB

Silaturahmi dengan Tokoh Sunda, Erick Thohir: Ini Saya Pulang Kampung

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku selalu gembira saat berkunjung ke Jawa Barat (Jabar). Ia merasa seperti pulang kampung mengingat sang ibu berasal dari Kadipaten,…

Silaturahmi Senior PUPR

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:13 WIB

Silaturahmi Senior PUPR, Menteri Basuki: Kerja Sama, Kekompakan, dan Solidaritas is a Must

Dalam rangka merayakan Hari Bakti PU ke-77, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan acara Silaturahmi Senior dengan tema "Membangun Insan PUPR Masa Depan" di…