GPMT Ingin Peternak Berlangsung Usahanya

Oleh : Wiyanto | Rabu, 21 April 2021 - 19:21 WIB

Jagung pipil (doc:Kementan)
Jagung pipil (doc:Kementan)

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Gabungan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT) perlu meluruskan harga pakan di lapangan hanya berkisar Rp 7.000 – 7.800 / kg, dengan harga rata –rata Rp 7.300 / kg.

Dalam menghadapi situasi harga bahan baku utama pembuatan pakan baik bahan baku local (jagung) maupun impor (SBM, MBM, dll) yang terus meningkat, para produsen pakan anggota GPMT berusaha keras untuk terus membantu para peternak untuk tetap bisa bertahan kelangsungan usahanya.

"Penyerapan Jagung dari Industri Pakan Saat ini rata – rata penyerapan jagung dari anggota GPMT adalah dibawah 7 juta ton / tahun (tahun 2019 sebesar 6,6 juta ton dan tahun 2020 sebesar 6,5 juta ton), dengan asumsi pemakaian jagung dalam formula pakan adalah sebesar 40% saja," kata Desianto Budi Utomo, Ketua Umum GPMT di Jakarta, Rabu (21/4/2021).

Menurut dia, pemakaian jagung untuk beberapa jenis pakan idealnya rata – rata 50%, bahkan untuk jenis pakan tertentu pemakaian jagung dalam formula pakan bisa lebih dari 50%. Kecukupan jagung di industri pakan saat ini mengalami penurunan (Januari 35 hari, Februari 33 hari, dan dibulan Maret 32 hari). Idealnya kecukupan jagung pada industri pakan untuk 2 bulan. Pada saat puncak panen (panen raya) dibulan Maret dan April, harga jagung terus melambung bahkan saat ini di Sentra penghasil jagung seperti di Sumatera Utara harga per tanggal 20 April 2021 sudah menyentuh Rp 6.100 / kg (KA 15% franco pabrik) jauh diatas harga acuan dalam Permendag No. 07 Tahun 2020sebesar Rp 4.500 / kg.

Terkait dengan wacana Pemerintah mengenai importasi pakan lanjut dia, secara nasional pabrik pakan Indonesia masih memiliki idle capacity terpasang sekitar 35%. Dampak importasi pakan akan sangat massive terhadap industri pakan nasional yang sudah lebih dari 50 tahun swasembada pakan.

Adanya, multiplier effects dari importasi pakan terhadap industri bisa meluas ke sub sektor lainnya, seperti Petani jagung, Peternak dan Pedagang ayam (ayam petelur maupun ayam pedaging), tenaga kerja budidaya ayam, anak – anak kendang, serapan katul dan bahan pakan lainnya.

"Ada sekitar lebih dari 12 juta keluarga Petani dan Peternak yang bergantung kehidupannya pada industri pakan," katanya.

Belajar dari kasus importasi ayam di Filipina, ia mengungkapkan, sekali masuk daging ayam ke negara tersebut untuk test injury impact telah menyebabkan industri ayam di Filipina collapse dan hingga sekarang ini tidak bisa bangkit lagi.

"Akan menjadi trigger untuk importasi ayam dengan dasar pemikiran bahwa harga ayam impor (Brazil) lebih murah. Demikian press release ini kami sampaikan, untuk meluruskan informasi yang dimuat di dalam media kemarin. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…