Puasa Sehat Gula Darah Terjaga, Begini Petunjuk Dokter Diane

Oleh : Herry Barus | Minggu, 18 April 2021 - 17:00 WIB

dokter Diane Paparang Sp.GKSpesialis Gizi Klinik dari Siloam Hospitals Manado
dokter Diane Paparang Sp.GKSpesialis Gizi Klinik dari Siloam Hospitals Manado

INDUSTRY.co.id - Manado - Menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan bagi pasien diabetes memiliki masalah tersendiri karena harus menjaga gula darah di dalam tubuh tetap terkontrol agar terhindar dari Hipoglikemia (gula darah turun) ataupun hiperglikemia (gula darah tinggi) karena makan berlebihan saat berbuka.

Selain itu, secara umum kita juga harus tetap menjaga sistem imun supaya jangan turun karena  berpuasa di saat pandemi akibat virus Covid 19. Karena tentu saja kita akan mengalami perubahan kebiasaan dan pola makan yang akan sangat berpengaruh terhadap perubahan metabolisme tubuh.

Hal tersebut disampaikan dokter Spesialis Gizi Klinik dari Siloam Hospitals Manado, dr. Diane Paparang Sp.GK., melalui edukasi secara Webinar dan berkelanjutan yang dilakukan manajemen Siloam Hospitals Manado, yang kali ini bekerja sama dengan Diabetasol, yang dihadiri total 196 peserta secara on line dari masyarakat umum kota Manado dan sekitarnya serta 150 peserta dari Dandim 1303/Bolmong (15 koramil dan 1 mako) atas arahan Letkol Inf Raja Gunung Nasution S.IP pada Jumat (16/04/2021) di kota Manado.

“Kendala lain saat berbuka puasa, umumnya  kita akan makan secara berlebih karena merasa kurangnya asupan selama melaksanakan puasa, dan tidak sesuai komposisi yang seimbang antara karbohidrat, protein dan lemak. Hal ini justru membahayakan si penderita diabetes itu sendiri", kata dokter Diane melalui acara live Webinar.

Dikatakan dokter Spesialis Gizi Klinik dari Siloam Hospitals Manado, dr. Diane Paparang Sp.GK., Hal penting yang tepat dilakukan, adalah harus diiringi dengan mengikuti pola makan seimbang dan prinsip 3J, yaitu dengan menghitung jumlah kalori ideal yang harus dikonsumsi tubuh, kemudian harus memperhatikan jenis serta jumlah makanan yang dikonsumsi

"Untuk itu harus bisa mengatur porsi makan pada saat berpuasa agar kadar gula darah tetap terjaga," imbuh Diane mengingatkan.

Pengaturan porsi makan tentunya sangat mempengaruhi perubahan gula darah dalam tubuh. Adapun jenis makanan sehat yang ideal adalah makanan yang mengandung 45-65% karbohidrat,  10-20% protein, lemak 20-25%, serta vitamin dan mineral yang penting untuk sistem imun. Melakui edukas ini pun, Diane mengingatkan bahwa menghindari makanan dan minuman manis yang mengandung gula merupakan hal penting yang harus dilakukan termasuk membatasi konsumsi gula per hari dengan 50 gram atau sebanyak 4 sendok makan yang disesuaikan jadwal.

" Jumlah asupan kalori yang di sarankan pada saat sahur yaitu sekitar 40% dari total kebutuhan energi dan dianjurkan sahur menjelang imsak.

Pada saat berbuka puasa  disarankan untuk tidak Langsung memakan banyak makanan karena hanya akan membuat perut sebah. Makanan berat akan membebani kerja lambung yang sudah beristirahat selama puasa,makan secara bertahap, mulai dari minum air putih, dan sedikit makanan manis sesuai dengan sunnah nabi, tetapi pada penderita diabetes sebaiknya dari manis buah atau susu khusus diabetes, untuk memenuhi kebutuhan glukosa dan menormalkan gula darah yang menurun selama berpuasa. Jumlah kalori yang di anjurkan sekitar 10% dari total kebutuhan energi tubuh kita.

Setelah berbuka puasa, setelah shalat magrib dilakukan makan utama, disarankan tidak terlalu banyak karena dapat menyebabkan kalori berlebih dan mengakibatkan terjadinya obesitas. Jumlah kalori yang di disarankan sekitar 40% dari total kebutuhan energi tubuh.  Selingan makan setelah shalat taraweh bisa di lakukan dengan jumlah kalori 10% dari total kebutuhan energi.," tutur Diane.

Jaga Kadar Gula Darah

Melakukan hal  pengecekan gula darah secara reguler guna mendapatkan konsultasi dari dokter sebelum memutuskan untuk berpuasa atau tidak merupakan tips penting yang harus diketahui pengidap Diabetes. Hal ini guna mencegah kondisi semakin memburuk dan cepat mendapatkan penanganan serta arahan.

Selain mengatur pola makan, penderita diabetes harus tetap melakukan aktivitas fisik untuk memperbaiki resistensi insulin dan juga berperan penting dalam keseimbangan zat gizi. Olah raga berat tidak dianjurkan dan sebaiknya melakukan olah raga ringan sekitar 30 menit sekitar 2-3 jam sebelum berbuka puasa atau setelah shalat taraweh.

"Semakin sedikit bergerak harus semakin sedikit makan, " pungkas dokter Diane

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…