Luar Biasa Bikin Ngiler! Uang Makan Pekerja Pembangunan Ibu Kota Baru Capai Rp 7,5 Miliar per Hari

Oleh : Ridwan | Sabtu, 17 April 2021 - 10:05 WIB

Pradesain Ibu Kota Baru
Pradesain Ibu Kota Baru

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor, memperkirakan perputaran uang makan para pekerja pembangunan ibukota baru, dalam sehari bisa mencapai Rp 7,5 miliar.

Dijelaskan Isran, tahap pembangunan proyek ibukota baru ini akan memicu peningkatan pertumbuhan perekonomian daerah. Bahkan menurutnya, pembangunan ini diperkirakan bisa memberikan lapangan kerja hingga 150.000 orang.

"Sehari terjadi transaksi sekitar Rp 7,5 miliar. Itu baru makan-nya saja. Belum lagi jasa-jasa dan barang lainnya. Maka wajar keberadaan ibu kota baru sangat berpengaruh dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah," kata Isran Noor, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Kaltim masih memberikan kontribusi paling besar di Kalimantan dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) 2020 mencapai Rp 600 triliun lebih. Kontribusi itu akan makin tumbuh setelah adanya ibu kota baru.

"Ke depannya, ini membuat sebuah perspektif yang bagus dan pemerintah pusat sudah memiliki komitmen. Salah satu pemacu pertumbuhan ekonomi Kaltim adalah melanjutkan pembangunan ibu kota negara (IKN) yang baru," ujarnya.

Isran Noor menilai kehadiran IKN bisa meningkatkan kinerja perekonomian hingga tumbuh dua kali lipat, bahkan bisa mencapai 9-11 persen atau lebih tinggi dari rata-rata nasional.

"Dan itu besar sekali, karena memang tidak sedikit investasi dan transaksi di wilayah IKN. Juga momen-momen yang bisa kita kembangkan dan kaitkan dengan rencana strategis lainnya," tutur politisi partai Nasdem itu.

Ia juga memastikan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan ibu kota baru di Kaltim akan dilakukan Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB)

Minggu, 09 Mei 2021 - 04:00 WIB

Pimpinan Kelompok Teroris OPM Tega Tipu Keluarga Sendiri

Kejahatan Kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM) dinilai sudah dikenal sejak lama. Mulai dari membunuh guru, membantai warga, hingga membakar sekolah tempat anak-anak Papua belajar…

Ilustrasi Perumahan

Minggu, 09 Mei 2021 - 03:45 WIB

Tahu Kah Kamu! 70 Persen Milenial Lebih Pilih Beli Rumah Daripada Apartemen

Berdasarkan data portal properti Lamudi.co.id, sepanjang kuartal pertama 2021 ternyata 70 persen milenial lebih tertarik untuk membeli rumah daripada apartemen melalui daring. Rentan umur milenial…

Ketum KADIN Rosan P Roeslani

Minggu, 09 Mei 2021 - 03:05 WIB

Vaksinasi Gotong Royong Dimulai Pekan Depan, Ketum Kadin Rosan: Ini Momentum Kendalikan Pandemi Covid-19

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan vaksinasi gotong royong akan dimulai pada pekan depan.

Kementan pantau penjualan daging di Pasar Jelang Lebaran Idul Fitri

Minggu, 09 Mei 2021 - 00:29 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Daging Sapi untuk Lebaran Aman

Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan bahwa kondisi ketersediaan pasokan daging sapi untuk kebutuhan masyarakat menyambut Idul Fitri 1442 H dijamin aman. Hal…

Migrasi Bank Syariah Indonesia di Aceh Tim PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) sedang bersiap melakukan migrasi ATM ke sistem BSI.

Minggu, 09 Mei 2021 - 00:06 WIB

Langkah Migrasi Sistem Bank Syariah Perlu Didukung

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Tgk. Faisal Ali mengemukakan bahwa, Aceh perlu bersyukur bahwa lembaga keuangan syariah, khususnya perbankan, telah beralih ke system Syariah.…