Musim Tanam 2017, Total Kuota Pupuk Bersubsidi Bangka Belitung Capai 10,5 Ton

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 13 Mei 2017 - 14:37 WIB

Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)
Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)

INDUSTRY.co.id - Babel, Kuota pupuk bersubsidi di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk musim tanam tahun ini mencapai 10,5 ton.

"Total kuota pupuk bersubsidi musim tanam 2017 untuk semua jenis sebanyak 10,5 ton yang dibagikan di delapan kecamatan," kata Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Suprani, Jumat (12/05/2017).

Suprani menambahkan, untuk pupuk urea sebanyak 4,068 ton, SP36 751 kilogram, Za 513 kilogram, NPK 4,08 ton dan pupuk organik sebanyak 1,144 ton.

"Sasaran pupuk subsidi itu adalah petani dengan total luas sawah mencapai 780 hektare," ujar Suparni.

Menurutnya, yang menentukan jumlah pupuk bersubsidi di masing-masing kabupaten adalah pemerintah provinsi atas dasar usulan dari pemerintah kabupaten.

"Pemerintah provinsi yang menentukan kuota pupuk bersubsidi di masing-masing kabupaten, meskipun besaran jumlah kuota lebih sedikit dari yang diusulkan," ucap Suprani.

Suprani menyarankan agar pemanfaatan pupuk itu dapat dimaksimalkan untuk membantu menyuburkan tanaman padi sehingga memperoleh hasil panen yang diinginkan.

"Saya minta petani dapat menggunakan pupuk itu sesuai kebutuhan dan aturannya, jangan menggunakan yang berlebihan maupun kurang," katanya.

Suprani melarang petani memperjualbelikan pupuk bersubsidi untuk mencari keuntungan. "Jangan sampai ada petani yang menjual pupuk bersubsidi ke pihak lain karena dapat dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi penjualan online

Minggu, 29 Maret 2020 - 10:00 WIB

Riset Membuktikan 86 Persen Generasi Milenial di Asia Pasifik Tak Berbelanja di Toko Fisik

Zebra Technologies Corporation (NASDAQ: ZBRA), inovator yang mendukung perusahaan skala enterprise melalui solusi dan mitra terbaik agar dapat mewujudkan kinerja unggul, akhir pekan lalu mengungkapkan…

Uang (Ilustrasi)

Minggu, 29 Maret 2020 - 09:31 WIB

Catat, Ini Debitur yang Boleh "Libur" Nyicil ke Bank

Pemerintah memberikan perlakuan khusus kepada debitur yang mengalami kesulitan pembayaran utang ke bank. Debitur itu antara lain termasuk dalam sektor pariwisata, transportasi, perhotelan, perdagangan,…

Pertamina Lubricants Sterilisasi Kantor, Produksi dan Distribusi

Minggu, 29 Maret 2020 - 09:30 WIB

Pertamina Lubricants Sterilisasi Kantor, Produksi dan Distribusi

Sebagai upaya untuk mencegah semakin menyebarnya wabah Covid-19, Pertamina Lubricants, anak usaha PT Pertamina (Persero), melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan disinfektan ke seluruh fasilitas…

Joko Intarto

Minggu, 29 Maret 2020 - 09:10 WIB

Ketika Si Miskin Jadi Tersangka

Juru bicara tim penanggulangan Covid-19 Achmad Jurianto bikin blunder. Lewat pernyataannya, Achmad Jurianto menyebut orang miskinlah biang kerok penyebaran virus mematikan itu.

Cashlez gandeng artajasa dan sopheepay

Minggu, 29 Maret 2020 - 09:00 WIB

Caslez Tingkatkan Transaksi Non Tunai Cegah Penularan Virus Corona

PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk (“Cashlez” atau “Perseroan”), sebagai perusahaan Financial Technology (FinTech) yang bergerak di bidang Payment Gateway ikut berpartisipasi dalam hal…