Pelabuhan Makassar Lakukan Pemutakhiran Data Lewat Pemasangan Truck Register Number

Oleh : Hariyanto | Jumat, 09 April 2021 - 11:58 WIB

Pelabuhan Makassar Lakukan Pemutakhiran Data TRN
Pelabuhan Makassar Lakukan Pemutakhiran Data TRN

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pelabuhan Makassar melakukan pemutakhiran data truk yang aktif beroperasi di Terminal Petikemas Makassar (TPM) dan Makassar New Port (MNP) melalui pemasangan sticker Truck Register Number (TRN) mulai  Kamis (8/4/2021) kemarin.

Mewakili manajemen PT Pelindo IV, General Manager (GM) Cabang Makassar New Port, Edy Nursewan mengatakan, pemutakhiran data truk yang dilakukan karena TRN yang sebelumnya sudah lama, sudah banyak yang rusak, tidak standar dan sudah banyak truk yang terregister namun tidak pernah berkegiatan lagi.

“Sticker TRN ini kami cetak sebanyak 2.000 nomor, di mana untuk setiap nomor terdapat empat lembar sticker untuk dipasang pada sisi kiri, kanan, depan dan bagian atas kepala truk atau tronton,” jelas Edy.

Menurut Edy, sticker dibagikan secara gratis atau cuma-cuma kepada masing-masing Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) yang telah mendapatkan rekomendasi dari asosiasi dalam hal ini ALFI/ILFA Sulsel.

“Sedangkan untuk pengambilan atau penerimaan sticker TRN tersebut dilakukan di TPM dan sudah dimulai sejak 1 April 2021,” imbuhnya.

Edy menuturkan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Terminal Peti Kemas (TPK), pihaknya telah melakukan kegiatan transformasi TPK yang berbasis Planning & Control di MNP.

“Yang kedepannya juga akan dilakukan di TPM. Dengan kegiatan transformasi TPK ini nantinya setiap pergerakan peti kemas di terminal baik MNP maupun TPM akan terupdate secara real time dan real posisi karena setiap alat bongkar muat di lapangan telah dipasang alat atau device pendukung yang digunakan untuk mengupdate posisi real peti kemas (VMT untuk RTG, Pager untuk HeadTruck dan Handheld untuk Tally cabin CC),” bebernya.

Dia menambahkan, dampak dari terpasangnya alat pendukung tersebut maka tidak ada lagi petugas Tally pada alat bongkar muat seperti Rubber Tyred Gantry (RTG) dan Reach Stacker (RS) di lapangan, untuk kelancaran dan keakuratan data dalam setiap pergerakan peti kemas yang diturunkan ataupun dimuat ke tronton atau trailler dibutuhkan Truck Register Number yang dapat dilihat dengan jelas oleh operator RTG atau RS.

Dia berharap kerja sama dari para pemilik JPT, supir truk dan asosiasi sehingga per 1 Mei 2021 sticker TRN yang baru ini sudah terpasang pada masing-masing truk yang mendapat rekomendasi, sehingga yang dapat masuk ke terminal adalah truk yang sudah terpasang sticker TRN yang baru sebagai petunjuk bagi operator di MNP maupun TPM untuk memberikan pelayanan sesuai arahan yang muncul di VMT (Vehicle Mounted Terminal).

Ketua DPW Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI/ILFA) Sulawesi Selatan dan Barat, Syaifuddin Syahrudi mengungkapkan bahwa pihaknya berterima kasih kepada manajemen Pelindo IV yang sudah melakukan pemutakhiran data melalui pemasangan sticker Truck Register Number (TRN).

“Hal ini untuk mengidentifikasi setiap kendaraan truk yang keluar masuk di pelabuhan khususnya TPM dan MNP, berdasarkan rekomendasi dari ALFI/ILFA Sulselbar dan manajemen Pelindo IV Cabang TPM,” kata pria yang akrab disapa Ipho ini.

Pemasangan sticker TRN ini juga tambah dia, agar pelayanan pelabuhan yang didapat oleh pemiliki barang dan pemilik kendaraan truk menjadi lebih baik lagi. “Selain itu, agar kendaraan truk yang keluar masuk pelabuhan lebih tertata lagi,” tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…