Usai Sri Mulyani, Giliran Erick Thohir Berikan Kabar Gembira! Di 2045, Pendapatan Penduduk Indonesia Rp27 Juta/bulan dengan Kemiskinan 0%

Oleh : Nata Kesuma | Rabu, 07 April 2021 - 16:27 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir (liputan6.com)
Menteri BUMN Erick Thohir (liputan6.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan bahwa Kementerian BUMN melalui pembentukan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) berkomitmen melahirkan talenta-talenta terbaik tanah air untuk menyongsong Indonesia menjadi Negara maju di tahun 2045.

Pembentukan SDM berkualitas lewat FHCI tersebut menurut Erick Thohir sesuai denga visi Presiden Joko Widodo yang telah mencanangkan di tahun 2045 pendapatan masyarakat rata-rata Rp320 juta per kapita per tahun atau sebesar Rp 27 juta per kapita per bulan.

"Saat itu, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia akan mencapai US$ 7 triliun dan perekonomian Indonesia  sudah masuk 5 besar ekonomi dunia dengan angka kemiskinan mendekati nol persen," papar Erick Thohir, dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Rabu (7/4/2021).

Ditegaskannya lebih lanjut, BUMN sebagai mesin pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu elemen utama untuk mencapai cita-cita nasional menjadi Negara maju tersebut.

"Kementerian BUMN mengapresiasi talenta dari berbagai generasi, terutama kalangan muda dan perempuan, serta talenta dari Kawasan Indonesia Timur, seperti dari Sulawesi, Papua dan Papua Barat untuk berkontribusi langsung menciptakan nilai tambah terhadap perekonomian dan pemberdayaan masyarakat,” ujar Erick Thohir.

Saat ini, lanjut Erick, para talenta menghadapi tantangan dan dinamika perekonomian nasional dan global. 

Untuk itu, Menteri BUMN berpesan agar SDM di BUMN membudidayakan iklim kerja yang inovatif untuk menciptakan peluang Bisnis serta melakukan terobosan bisnis di era digital dan masa mendatang serta mengimplementasikan nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, dan Adaptif). 

“BUMN harus beradaptasi  karena  lanskap  SDM sudah berubah. Kuncinya, para pengelola SDM di BUMN  harus  segera  beraksi  nyata menghadapi perubahan itu dengan menyiapkan berbagai pengembangan HR  yang  bersifat future readiness dalam menghadapi gejala perubahan manajemen, model bisnis atau gaya kepemimpinan,” tandas Erick.

Sementara itu, Alexandra Askandar, Ketua Forum Human Capital Indonesia periode 2021-2024, mengatakan FHCI telah banyak berkiprah selama 1,5 dasawarsa ini untuk membangun dan mengembangkan SDM nasional, terutama di lingkungan BUMN. 

“Dalam lima tahun terakhir ini tren pengembangan human capital di Indonesia ini banyak melahirkan gagasan dan program- program terobosan. Kedepannya, FHCI  berkomitmen untuk berkolaborasi dan mengkreasikan program pengembangan SDM yang inovatif dan berperan sebagai lokomotif untuk mengakselerasi terwujudnya SDM Unggul Indonesia Maju,” ujar Alexandra Askandar.

Perlu diketahui, sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati juga menyampaikan hal yang sama terkait prediksi Indonesia menjadi ekonomi dengan ukuran 5 negara ekonomi terbesar dunia di tahun 2045.

Untuk mencapai itu, Indonesia harus memiliki talenta unggul serta mampu menjaga implementasi kebijakan ekonomi yang baik, prudent, dan inovatif.

“Saat ini kita sudah masuk dalam kelompok G20 dengan ukuran dari perekonomian kita yang masuk di dalam 20 terbesar,” kata Menkeu secara virtual dalam Webinar Akselerasi Indonesia Maju melalui Penanaman Modal dan Insentif Fiskal, dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Sabtu (3/4/2021).

Menurut mantan Direktur Bank Dunia ini nantinya ketika merayakan 100 tahun kemerdekaan Indonesia pada tahun 2045, proyeksi demografi penduduk Indonesia akan mencapai 319 juta jiwa dengan usia produktif sebesar 47%, kelompok kelas menengah sebesar 70%, serta 73% masyarakat tinggal di daerah perkotaan.  

“Dengan pendapatan per kapita kita mencapai US$23.199, itu berarti kita masuk di dalam middle upper class. Dan tentu kita berharap struktur perekonomian kita akan didukung oleh struktur perekonomian yang memiliki daya kompetisi dan memiliki nilai tambah yang tinggi,” tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…

Tower Emergency PLN di NTT

Minggu, 18 April 2021 - 21:54 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Dalam 10 Hari, PLN Berhasil Bangun Tower Emergency di Pulau Timor NTT

PLN berhasil membangun menara darurat (tower emergency) sebagai pengganti sementara 2 (dua) menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kilo Volt (kV) yang patah dan roboh akibat…

Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (4/5). (BPBD Kabupaten Flores Timur))

Minggu, 18 April 2021 - 21:25 WIB

Luar Biasa! Bantuan Logistik di Daerah Terisolir NTT Terus Mengalir

Jakarta - Distribusi bantuan ke daerah terisolir mulai dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/4/2021). Pemerintah melibatkan helikopter untuk mencapai…

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. terus memacu realisasi penyaluran kredit dengan menggelar akad massal. Terlampir siaran pers dan semoga bermanfaat. Terima kasih

Minggu, 18 April 2021 - 21:20 WIB

Gokil...Pacu Realisasi Kredit, 1 Cabang Bank BUMN Ini Gelar Akad Massal Untuk 600 Rumah

Jakarta-Realisasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional terus didorong oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.