Retail Management System Akan Jadi Ujung Tombak Transformasi Digital Pupuk Indonesia

Oleh : Hariyanto | Rabu, 07 April 2021 - 11:21 WIB

Pupuk Indonesia
Pupuk Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Retail Management System (RMS) akan menjadi ujung tombak transformasi digital PT Pupuk Indonesia (Persero) dan akan berkolaborasi dengan program Agro Solution untuk meningkatkan revenue dari produk retail. 

Hal ini disampaikan oleh SVP Teknologi Informasi Pupuk Indonesia, Mardiyanto saat menjadi pembicara di acara Pre-conference Hannover Messe 2021 Digital dengan tema "Journey to Industry 4.0 on Chemicals, Textile and Pharmaceutical Industry" oleh Kementerian Perindustrian di Jakarta, Senin (5/4/2021).

"Dalam melakukan transformasi digital, Pupuk Indonesia selalu memperhatikan berbagai kondisi agar langkah ini mampu meningkatkan daya saing perusahaan, termasuk untuk RMS ini,” ujar Mardiyanto.

Dimana RMS ini, tambah Mardiyanto, dibangun untuk memperkenalkan produk non-subsidi kepada petani, sehingga memperkuat penjualan retail. Sistem digital ini akan mengakselerasi penjualan pupuk retail Pupuk Indonesia.

"Pangsa retail Pupuk Indonesia masih di angka 20 persen. Dengan adanya RMS ini kami targetkan bisa melonjak hingga 40 persen atau 60 persen," terangnya. 

Namun, dalam implementasinya di lapangan, sistem ini akan berjalan penuh tantangan. Karena cakupan areanya sangat luas, dari Sabang sampai dengan Merauke. Tantangan berikutnya adalah kemampuan digital para customer Pupuk Indonesia, yaitu petani yang saat ini belum banyak yang familiar dengan teknologi.

"Karena itu, aplikasi yang kita bangun untuk customer harus sederhana dan sesimpel mungkin, serta tidak membutuhkan peralatan yang terlalu canggih untuk operasionalnya, atau user friendly," ungkap Mardiyanto.

Kemudian tantangan yang perlu dipertimbangkan adalah masalah jaringan, dimana beberapa daerah pelosok masih kesulitan mendapatkan jaringan seluler. Untuk itu sebagai langkah solutif, pilihannya akan bekerjasama dengan provider. 

Lebih lanjut Mardiyanto menambahkan bahwa, RMS ke depan akan berkolaborasi dengan program pendampingan Agro Solution yang saat ini tengah dijalankan oleh Pupuk Indonesia, meliputi kegiatan off farm dan on farm. 

Dalam kegiatan off farm, tambahnya, Agro Solution memberikan akses permodalan kepada petani, bimbingan teknis, akses terhadap asuransi dan memberikan jaminan offtaker hasil panen mereka. 

Sedangkan di on farm, Agro Solution menyediakan produk agro input berkualitas, baik itu pupuk, benih, pestisida dan lain sebagainya disamping juga memberikan kawalan teknologi dan bimbingan teknis.

"RMS dan Agro Solution akan bersama-sama mengedukasi petani untuk tidak bergantung pada pupuk subsidi, demi peningkatan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pertashop Dexlite Pertama Resmi Beroperasi

Jumat, 25 Juni 2021 - 09:23 WIB

Pertashop Dexlite Pertama Resmi Beroperasi di Sragen

Untuk pertama kalinya di Regional Jawa Bagian Tengah, Pertashop yang menyalurkan produk bahan bakar minyak (BBM) mesin diesel atau jenis gasoil, yaitu Dexlite resmi beroperasi.

Pembangunan Bendungan Ladongi

Jumat, 25 Juni 2021 - 08:57 WIB

Progres Pembangunan Sudah 90,28 Persen, Bendungan Ladongi di Kolaka Timur Siap Impounding Pada Juli 2021

Bendungan Ladongi akan menahan aliran Sungai Ladongi dengan kapasitas tampung 45,95 juta m3 dan luas genangan serta area sabuk hijau sebesar 246,13 hektar (ha). Nantinya air yang tertampung…

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi (kiri) bersama Direktur Information Technology Bank Syariah Indonesia, Achmad Syafii (kanan) saat menunjukkan aplikasi BSI Mobile

Jumat, 25 Juni 2021 - 08:20 WIB

Buka Rekening ke Cabang Enggak Zaman, BSI Bisa Onlie!

PT Bank Syariah Indonesia (Tbk) atau BSI terus melakukan transformasi digital untuk menghadirkan kemudahan layanan keuangan bagi nasabah dan masyarakat, termasuk membuka rekening secara daring…

Maybank dan Blibli

Jumat, 25 Juni 2021 - 08:00 WIB

Maybank Finance dan Garasi.id, Blibli Hadirkan Kemudahan Jual Beli Mobil Baru

Blibli, e-commerce lokal terdepan, berkolaborasi dengan Maybank Finance, solusi pembiayaan dari salah satu bank terbesar di Indonesia, dan Garasi.id, pusat jual beli mobil bekas berkualitas,…

Anggota DPR RI Fraksi PKS Junaidi Auly

Jumat, 25 Juni 2021 - 07:00 WIB

Junaidi Auly Terima Aspirasi DPR Papua Terkait Revisi UU Dana Otsus Papua

Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS), Junaidi Auly menerima aspirasi dan masukan dari Wakil Ketua dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) terkait revisi Undang-Undang (UU)…