Retail Management System Akan Jadi Ujung Tombak Transformasi Digital Pupuk Indonesia

Oleh : Hariyanto | Rabu, 07 April 2021 - 11:21 WIB

Pupuk Indonesia
Pupuk Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Retail Management System (RMS) akan menjadi ujung tombak transformasi digital PT Pupuk Indonesia (Persero) dan akan berkolaborasi dengan program Agro Solution untuk meningkatkan revenue dari produk retail. 

Hal ini disampaikan oleh SVP Teknologi Informasi Pupuk Indonesia, Mardiyanto saat menjadi pembicara di acara Pre-conference Hannover Messe 2021 Digital dengan tema "Journey to Industry 4.0 on Chemicals, Textile and Pharmaceutical Industry" oleh Kementerian Perindustrian di Jakarta, Senin (5/4/2021).

"Dalam melakukan transformasi digital, Pupuk Indonesia selalu memperhatikan berbagai kondisi agar langkah ini mampu meningkatkan daya saing perusahaan, termasuk untuk RMS ini,” ujar Mardiyanto.

Dimana RMS ini, tambah Mardiyanto, dibangun untuk memperkenalkan produk non-subsidi kepada petani, sehingga memperkuat penjualan retail. Sistem digital ini akan mengakselerasi penjualan pupuk retail Pupuk Indonesia.

"Pangsa retail Pupuk Indonesia masih di angka 20 persen. Dengan adanya RMS ini kami targetkan bisa melonjak hingga 40 persen atau 60 persen," terangnya. 

Namun, dalam implementasinya di lapangan, sistem ini akan berjalan penuh tantangan. Karena cakupan areanya sangat luas, dari Sabang sampai dengan Merauke. Tantangan berikutnya adalah kemampuan digital para customer Pupuk Indonesia, yaitu petani yang saat ini belum banyak yang familiar dengan teknologi.

"Karena itu, aplikasi yang kita bangun untuk customer harus sederhana dan sesimpel mungkin, serta tidak membutuhkan peralatan yang terlalu canggih untuk operasionalnya, atau user friendly," ungkap Mardiyanto.

Kemudian tantangan yang perlu dipertimbangkan adalah masalah jaringan, dimana beberapa daerah pelosok masih kesulitan mendapatkan jaringan seluler. Untuk itu sebagai langkah solutif, pilihannya akan bekerjasama dengan provider. 

Lebih lanjut Mardiyanto menambahkan bahwa, RMS ke depan akan berkolaborasi dengan program pendampingan Agro Solution yang saat ini tengah dijalankan oleh Pupuk Indonesia, meliputi kegiatan off farm dan on farm. 

Dalam kegiatan off farm, tambahnya, Agro Solution memberikan akses permodalan kepada petani, bimbingan teknis, akses terhadap asuransi dan memberikan jaminan offtaker hasil panen mereka. 

Sedangkan di on farm, Agro Solution menyediakan produk agro input berkualitas, baik itu pupuk, benih, pestisida dan lain sebagainya disamping juga memberikan kawalan teknologi dan bimbingan teknis.

"RMS dan Agro Solution akan bersama-sama mengedukasi petani untuk tidak bergantung pada pupuk subsidi, demi peningkatan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…