Pelabuhan Belang-Belang Dukung Sektor Logistik Sulawesi Barat

Oleh : Herry Barus | Jumat, 12 Mei 2017 - 02:52 WIB

Bahan Logistik di Indonesia
Bahan Logistik di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Mamuju- Kawasan Pelabuhan Belang Belang Kabupaten Mamuju telah ditetapkan pemerintah menjadi kawasan industri di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah itu.

"Kawasan Pelabuhan Belang Belang ditetapkan sebagai pusat pembangunan kawasan industri, sehingga pemerintah diminta terus membantu pengembangan pelabuhan tersebut," kata Pejabat Gubernur Sulbar Carlo Brix Tewu di Mamuju Kamis (11/5/2017)

Menurut Carlo, anggaran pendapatan asli daerah Sulbar sebesar Rp197 miliar tidak mampu dimanfaatkan untuk membangun fasilitas Pelabuhan Mamuju tersebut agar dapat mendukung kawasan pelabuhan itu menjadi pusat industri.

"Butuh anggaran pusat untuk terus meningkatkan fasilitas Pelabuhan Belang Belang Mamuju karena pengembngan daerah ini akan sangat starategis sebagai jalur ekonomi perdagangan," katanya.

Sebelumnya Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi yang melakukan kunjungan kerja di Sulbar telah mencanangkan program tol laut dengan menyinggahi Pelabuhan Belang Belang.

Sumadi mengatakan pembangunan tol laut melalui Pelabuhan Belang Belang Mamuju dapat menjadi pusat perekonomian dan menekan peningkatan harga kebutuhan daerah.

Selain itu juga potensi devisa dan barang-barang yang akan dijual ke luar Sulbar bisa langsung dikirim tanpa melalui proses distribisi yang panjang.

Ia pun berharap, tol laut yang dicanangkan di pelabuhan tersebut dapat berhasil serta berjalan secara maksimal karena dengan itu akan menjadi tolak ukur keberhasilan suatu daerah di bidang ekonomi dan sektor maritim.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(Ki-Ka) Jonathan Walbridge, Komisaris Utama Indonet; Donauly Situmorang, Direktur Indonet; Andy Rigoli, Direktur Utama Indonet pada acara Public Expose PT Indointernet Tbk (Indonet) 2024 yang digelar hari ini, Rabu, 8 Mei 2024

Rabu, 08 Mei 2024 - 18:21 WIB

Top! 3 Dekade Beroperasi, Indointernet (Indonet), Konsisten Mengembangkan Infrastruktur Digital dan Sukses Raih Laba Bersih Tertinggi

Jakarta- PT Indointernet Tbk (Indonet), penyedia infrastruktur digital terkemuka dan terpercaya di Indonesia, berhasil meraih laba bersih sebesar Rp253,26 miliar di tahun 2023, lebih tinggi…

Suasana Konferensi Pers Acara Puncak HUT Dekranas ke-44 di Press Room Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo),

Rabu, 08 Mei 2024 - 17:51 WIB

Dewan Kerajinan Nasional Indonesia Gelar HUT ke 44 di Solo

Jelang Acara Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-44, Dewan Kerajinan Nasional Indonesia (Dekranas) tengah melakukan berbagai persiapan.

Bidik Potensi Industri Properti di Cirebon, BTN Relokasi Kantor Cabang

Rabu, 08 Mei 2024 - 17:51 WIB

Bidik Potensi Industri Properti di Cirebon, BTN Relokasi Kantor Cabang

Cirebon-Sebagai wujud transformasi sekaligus memperkenalkan logo barunya, PT Bank Tabungan Negara (Persero) menampilkan wajah baru di sejumlah Kantor Cabangnya , termasuk di Cirebon, Jawa Barat.

Presiden Direktur PT Sasa Inti, Dr. Rudolf Tjandra, Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, S.sos, M.Si, dan Founder & CEO Suryanesia, Rheza Adhihusada

Rabu, 08 Mei 2024 - 17:37 WIB

PT Sasa Inti Gandeng Suryanesia Pasang PLTS Atap Berkapasitas 503,125 kWp di Pabrik Probolinggo

PT Sasa Inti (Sasa) meresmikan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap yang terpasang di pabrik Probolinggo, Jawa Timur dengan kapasitas 503,125 kWp. Pemasangan PLTS atap ini berkolaborasi…

Dok. Kementerian Perindustrian

Rabu, 08 Mei 2024 - 17:18 WIB

Kemenperin Hasilkan Kerjasama Industri Alat Kesehatan Senilai USD 10,5 Juta di EXPOMED EUROSIA 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pengembangan industri alat kesehatan agar bisa semakin berdaya saing global. Terlebih lagi, industri alat kesehatan merupakan salah…