Kapan Saya Di Vaksin ?

Oleh : Suhendra Atmaja | Kamis, 25 Maret 2021 - 09:30 WIB

Suhendra Atmaja
Suhendra Atmaja

INDUSTRY.co.id - TERHARU dan sedikit terseyum membaca status seorang dosen di Media sosial yang memiliki keinginan kuat untuk di Vaksin Covid-19,  Sang dosen senior ini  mengaku, sudah mendaftar kemana-mana tapi belum mendapatkan peluang untuk di vaksin.

Bahkan sang dosen, mengatakan telah mencari informasi dimana bisa mendapatkan vaksinasi covid-19 keberbagai sumber, termasuk ke istri, anak, teman bahkan via Online, sungguh kesadaran yang luar biasa menurut saya.

Keinginan kuat dosen inilah yang kemudian membuat saya menulis artikel ini, bahwa kita telah menyadari, tentang pentingnya vaksinasi sudah diterima dengan baik ditengah masyarakat. Kesadaran tentang pentingnya vaksinasi bisa saja kita maknai sebagai keberhasilan pemerintah dalam penanganan penyebaran  virus Covid-19.

Nah, dengan semangat atau ‘pengen divaksin’ ini, seharusnya pemerintah melalui kementerian Pendidikan dan kebudayaan segera merealisasikan secepatnya saja, apalagi presiden telah mengatakan tenaga pendidik termasuk dosen dan guru merupakan prioritas vaksinasi.

"Tenaga pendidik dan kependidikan, guru, ini kita berikan prioritas agar nanti di awal semester kedua pendidikan tatap muka bisa kita mulai lakukan," kata Presiden Jokowi dalam sebuah kesempatan.

Kementerian kesehatan (Kemenkes) sendiri sebenarnya telah menargetkan sasaran kedua vaksinasi adalah guru, dosen dan tenaga pendidik lainnya, yang jumlahnya mencapai 5 juta lebih atau 5.057.582 orang.  Belum jelas data yang dimaksud Kemenkes tersebut apakah sudah termasuk guru honorer atau dosen tidak tetap di perguruan tinggi swasta.

Vaksinasi kepada tenaga pendidik (guru dan dosen-red) ini menjadi penting mengingat rencana pemerintah untuk membuka kembali perkuliahan atau belajar mengajar dengan sistim tatap muka pada Juli 2021 mendatang. Namun jika vaksinasi terhadap tenaga pendidik hingga Juli belum selesai dilakukan, sebaiknya wacana proses belajar mengajar tatap muka, tidak dilangsungkan dulu.

Proses vaksinasi memang saat ini masih berjalan di sejumlah tempat di Indonesia, termasuk di pelosok negeri.  Diperkirakan dengan wilayah yang luas  dan jumlah penduduk yang besar, program vaksinasi covid-19  belum akan diketahui kapan akan tuntas,  “Tidak ada yang bisa memastikan kapan vaksinasi akan selesai karena kita tidak tahu berapa stok vaksin, ini semua hanya hayalan, “ kata Epidemilogy UI, dr. Pandu Riono, PhD.

Pandu Riono menambahkan, vaksinasi covid-19 seharusnya diberikan berdasarkan Kategori usia dan lansia harus didahulukan, termasuk lansia dari kategori tenaga pendidik. “Kematian itu bukan takdir, tapi bisa dicegah,”kata Pandu.

Menurut Pandu, vaksinasi pada lansia kalah cepat dengan yang bukan lansia. Lansia harus segera divaksin karena beresiko, dan vaksinasi harus dilakukan berdasarkan Kategori umur,  dari umur 70-60-50 tahun. “Jangan ada lagi yang minta skala prioritas seperti anggota DPR, “ kata Pandu.

Dalam konteks teori Komunikasi kuno, salah satunya  teori Komunikasi Laswell, pertanyaan sang dosen diatas merupakan Komunikasi media yang dilakukan dan harus dijawab. Saat  teori Laswell yang menganut pertanyaan. Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect (Siapa mengatakan apa, melalui saluran apa, kepada siapa dan berefek apa), seharusnya menjawab peryataan tersebut.

Konsep teori 5W + 1H dalam teori Laswell juga sudah sangat mumpuni untuk menjawab pernyataan sang dosen tersebut dan menjadi sebuah berita yang berdasarkan fakta sesungguhnya. Hmm…ada baiknya, kita tunggu saja kapan kementerian kesehatan segera mengeksekusi tenaga pendidik yang terdiri atas guru dan dosen  untuk vaksinasi Secara menyeluruh, sehingga teori Laswell dapat terpenuhi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…