Heboh Hunian Modern Antibanjir Ala Synthesis Homes

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 05 Maret 2021 - 20:30 WIB

Synthesis Homes Tawarkan Hunian Modern Antibanjir di Ibu Kota
Synthesis Homes Tawarkan Hunian Modern Antibanjir di Ibu Kota

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Bencana alam, seperti banjir, memang bukan kehendak kita, tapi kita bisa mencegah terkena dampaknya sehingga hidup lebih nyaman. Alih-alih mengandalkan pihak lain, mulailah bertindak dari diri sendiri. Menentukan tempat tinggal, misalnya, sebaiknya memilih lokasi dan lingkungan hunian yang bebas banjir.

 Inilah yang ditawarkan oleh Synthesis Homes, cluster hunian karya Synthesis Development di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan. Lokasinya yang terletak di Jl. Purnawarman, Pisangan, Ciputat merupakan kawasan bebas banjir. Aktivitas Anda ke Ibu Kota juga tidak akan terganggu banjir karena lokasi stasiun MRT Lebak Bulus bisa dicapai hanya tujuh menit dari lokasi.

Andreas Pangaribuan, Property Investment Advisor Synthesis Development, menyebutkan, selain kawasannya sendiri sudah bebas banjir, Synthesis Homes juga memiliki sistem manajemen pengendalian air untuk mencegah banjir. “Kami memiliki kolam resapan dan sumur resapan untuk pembuangan air dengan metode deep well injection,” kata Andreas. “Ketika hujan datang dengan intensitas tinggi, air akan ditampung di sumur-sumur resapan. Dan jika air di sumur penuh maka akan disuntikkan ke saluran air di dalam tanah sehingga tidak menggenang di permukaan.”

Jadi, keunggulan dari metode deep well injection ini tidak hanya untuk mencegah banjir, tapi juga untuk menjamin ketersediaan air ketika datang musim kemarau.

 Deep well injection hanyalah salah satu bentuk kepedulian Synthesis Homes pada environmental sustainability. Bentuk lain adalah dengan mendedikasikan sebagian besar areanya untuk ruang terbuka hijau. Selain taman di depan tiap-tiap unit, Synthesis Homes juga menyediakan empat taman tematik yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas bersama keluarga, yaitu Green Park, Edu Park, Sport Park, dan Fun Park.

 Hunian berkonsep smart home pertama di Tangsel

Lebih lanjut Andreas menjelaskan, Synthesis Homes adalah hunian pertama di area Tangerang Selatan yang menerapkan konsep smart home. Penghuni hanya menggunakan satu aplikasi di smartphone untuk mengontrol operasional dua unit CCTV di garasi dan ruang tamu, saklar utama listrik dan AC di kamar tamu dan kamar anak, serta panic button untuk melaporkan masalah keamanan. “Tentu semua itu didukung dengan jaringan fiber optic dengan kecepatan transmisi optimal dan bebas hambatan,” tandas Andreas. 

 Dengan dukungan jaringan internet yang optimal ini tentu aktivitas work from home (WFH) pun akan menjadi lebih lancar dan nyaman. Selain itu, teknologi smart home juga membuat penggunaan energi menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan.

 Fasilitas Modern

Berdiri di area seluas 4,7 hektare, Synthesis Homes menyediakan 267 unit rumah tapak dua lantai dengan fasilitas modern dan bermanfaat untuk kebutuhan hidup penghuninya. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tersedia pusat kebugaran dan sauna di dalam Club House, serta kolam renang di dalam cluster. Sementara untuk kebutuhan sosial, penghuni bisa memanfaatkan function room yang juga terdapat di dalam Club House.

Empat buah taman tematik yang ada juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana olahraga, pendidikan, bersosialisasi dengan sesama penghuni, atau untuk melakukan family time sambil menikmati segarnya udara di area hijau.

Sementara itu, sejumlah fasilitas eksternal juga mudah diakses karena tidak jauh dari lokasi. Dari fasilitas pendidikan (High Scope, Universitas Prasetiya Mulya, UIN Syarif Hidayatullah), layanan kesehatan (RS Syarif Hidayatullah, RS Hermina, Siloam Hospital, Mayapada Hospital), hingga pusat-pusat bisnis (TB Simatupang, Bintaro, Kemang, Cipete, dan Pondok Indah). 

Begitu pula akses transportasi sangat memudahkan mobilitas penghuninya. Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus hanya berjarak 2 km dari lokasi yang bisa ditempuh sekitar 5-7 menit. Moda transportasi ini merupakan jalur penghubung utama menuju sentra bisnis Sudirman dan sekitarnya. Tak lama lagi, rencana penambahan MRT Fase 2 dengan rute Lebak Bulus-Ancol Barat juga akan dimulai dan akan akan terintegrasi dengan moda busway TransJakarta dan Lintas Rel Terpadu (LRT).

Untuk fasilitas keamanan, Synthesis Homes menerapkan sistem keamanan 24 jam dengan adanya gate system serta pantauan CCTV dan panic button di masing-masing unit.

Dengan segala kelebihan tersebut, Synthesis Homes memberikan kemudahan pembelian dengan hanya membayar booking fee sebesar Rp10 juta dan subsidi DP sebesar 5%. Tersedia berbagai tipe unit, seperti Tipe Andesit (6X15m), Tipe Paras (6X10m), Tipe Candi A (6X12m), dan Tipe Candi B (6X12,5m).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Haru Koesmahargyo, Dukung PEN-ICRG, Bank BTN Transplantasi 710 Terumbu Karang dan Lepas 7.100 Tukik di Bal

Minggu, 11 April 2021 - 21:41 WIB

Luar Biasa Terobosan Pak Haru Koesmahargyo, Dukung PEN-ICRG, Bank BTN Transplantasi 710 Terumbu Karang dan Lepas 7.100 Tukik di Bali

DenpasarSebagai bentuk komitmen perusahaan untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan hidup, sekaligus dalam rangka mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui program Indonesia Coral…

Ilustrasi Uang (ist)

Minggu, 11 April 2021 - 21:08 WIB

DPR dan Pakar Ekonomi Ungkap Beban Berat APBN Pulihkan Perekonomian

kewenangan dalam Perppu 1 Tahun 2020, dan disempurnakan dalam UU Nomor 2 Tahun 2020, untuk menetapkan batas defisit anggaran melampaui 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) selama masa penanganan…

Saleh Partaonan Daulay , Komisi IX DPR

Minggu, 11 April 2021 - 20:45 WIB

Saleh DPR: Masjid BUMN dan Pemerintah Harus Tetap Moderat, Tak Boleh Bermazhab

Anggota DPR RI Saleh Partaonan Daulay menyerukan masjid-masjid harus tetap menjaga sikap moderatnya di tengah masyarakat. Masjid tidak boleh berafiliasi pada mazhab dan aliran tertentu, apalagi…

Ilmuwan BATAN (ist)

Minggu, 11 April 2021 - 20:33 WIB

Agar Maju, Pemerintah Diminta DPR Kembangkan Tenaga Nuklir, Sugeng: Skala Kecil Saja Dulu, Kami Dukung...

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto menyampaikan, tenaga nuklir saat ini sudah dikembangkan dan menjadi tren di negara-negara maju sebagai energi alternatif.  Menurutnya, Indonesia sebenarnya…

Pembangkit Listrik

Minggu, 11 April 2021 - 20:07 WIB

MIGA, World Bank Group Bakal Jamin 95% Proyek Energi Terbarukan PLN Selama 5 Tahun Kedepan

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan pertemuan dengan Lembaga Penjamin Investasi Multilateral atau Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA)…