Panglima TNI Resmikan Pabrik Arwana Ceramics Plant 4B Di Ogan Ilir

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 05 Maret 2021 - 10:24 WIB

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menandatangani perjanjian hibah keramik saat peresmian pabrik keramik Arwana Ceramics Plant 4B di Ogan Ilir.
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menandatangani perjanjian hibah keramik saat peresmian pabrik keramik Arwana Ceramics Plant 4B di Ogan Ilir.

INDUSTRY.co.id - OGAN ILIR – PT Arwana Citramulia Tbk (Arwana Ceramics) meresmikan pabrik Plant 4B di Ogan Ilir, Sumatera Selatan pada tanggal 4 Maret 2021. Peresmian Plant 4B dihadiri Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P.  Selain panglima TNI, acara juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H. Herman Deru SH, MM, beserta jajaran Forkopimda Sumsel; Bupati Ogan Ilir Panji Wijaya Akbar; Kepala Kejaksaan Tinggi Sumsel Drs. M. Rum SH, MA; Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi; dan jajaran komisaris dan direksi PT Arwana Citramulia Tbk.

Dalam  sambutannya, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menuturkan rasa terima kasihnya kepada Direktur Utama Arwana Ceramics Tandean Rustandy yang telah mengundang dirinya untuk bisa datang dan melihat pabrik Arwana Ceramics di Ogan Ilir.

"Pada hari ini saya bisa datang dan berkunjung untuk melihat secara langsung perkembangan proyek perluasan Plant 4B Arwana Ceramics di Ogan Ilir. Dan saya melihat bahwa perluasan Plant 4B merupakan indikator keberhasilan perusahaan untuk tumbuh dan berkembang di tengah pandemi Covid-19 dan tidak tergoyahkan," tuturnya.

Panglima TNI juga menambahkan, merupakan kehormatan bagi dirinya untuk meresmikan Plant 4B dan berharap PT Arwana Citramulia Tbk dapat meningkatkan kapasitas produksinya dan bisa menyebar ke seluruh Indonesia, serta terus melayani bangsa dan menjadi inspirasi bagi semua.

Sementara itu Direktur Utama Arwana Ceramics Tandean Rustandy menuturkan, Plant 4B  telah selesai dibangun tahun lalu. Namun karena kondisi pandemi Covid-19, peresmiannya tertunda dan baru bisa direalisasikan pada tanggal 4 Maret 2021.

Tandean Rustandy tak lupa juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto atas kedatangannya untuk meresmikan Plant 4B di Ogan Ilir.

Plant 4B ini, tambah Tandean Rustandy, berkapasitas 4 juta m2 dan memproduksi keramik ukuran 50x50. Sedangkan dalam dua tahun ke depan, Arwana Ceramics berencana meningkatkan total kapasitas terpasang perusahaan hingga mencapai 71 juta m2 per tahun.

"Membangun pabrik di Ogan Ilir ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dibanding pabrik Arwana Ceramics lainnya. Arwana Ceramics pertama kali masuk di Ogan Ilir pada tahun 2012, belum ada jalan tol Trans Sumatera. Pembangunan pabrik terkendala dengan kondisi jalanan, tetapi kami bisa melewatinya," tutur Tandean.

Mencari SDM yang berpengalaman di industri saat itu disebutnya sangat sulit, SDM di Sumsel umumnya berpengalaman bekerja di perkebunan. Begitu juga untuk mencari supplier, tetapi dengan semangat “say no to no”, Arwana Ceramics mampu menaklukkan segala keterbatasan. 

"Pabrik Arwana Ceramics di Ogan Ilir semakin produktif dan efisien dengan ada tambahan kapasitas dari Plant 4B yang memakai material lokal dengan tingkat TKDN mencapai 87 persen. Dengan demikian, Arwana Ceramics turut menghidupkan supplier-supplier lokal dan UMKM sesuai dengan program pemerintah," tutur Tandean. "Dan 99 persen tenaga kerja di pabrik ini berasal dari wilayah Ogan Ilir dan sekitarnya."

Awal tahun 2021 menjadi periode yang cukup sibuk bagi PT Arwana Citramulia Tbk. 22 Februari 2021 lalu, bertepatan dengan ulang tahun yang ke-28, PT Arwana Citramulia Tbk mengadakan seremoni penyalaan mesin kiln untuk menandai rampungnya pembangunan pabrik baru Plant 5B di Mojokerto, Jawa Timur.

Sedangkan 8 Maret 2021 nanti, PT Arwana Citramulia Tbk akan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan. Adapun pada tahun buku 2020, PT Arwana Citramulia Tbk membukukan laba bersih sebesar Rp323,01 miliar, naik 49,87 persen dari hasil 215,54 miliar pada tahun buku 2019.(AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…