Penerbangan Kargo Bandara Kertajati Resmi Beroperasi, Pos Indonesia Siap Garap Layanan Kargo Jabar

Oleh : Hariyanto | Kamis, 25 Februari 2021 - 10:59 WIB

PT Pos Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)
PT Pos Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Majalengka - Penerbangan Kargo Bandara Kertajati telah resmi beroperasi tanggal 23 Februari 2021. Peresmian Bandara Kertajati dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Peresmian Kargo Bandara Kertajati dihadiri oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi, Direktur Utama PT Pos Logistik Indonesia Yuzon Erman, dan beberapa direksi perusahaan kargo.

Peresmian Kargo Bandara Kertajati ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan PT Garuda Indonesia.

Komitmen kerja sama ini diharapkan dapat mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi Jawa Barat sekaligus menjadikan Bandara Kertajati sebagai pusat logistik nasional.

Penerbangan kargo perdana yang menandai peresmian bandara dilakukan dengan pengoperasian penerbangan ke Batam. Pos Indonesia memanfaatkan peluang ini dengan mengirimkan satu 1,5 ton kiriman kargo udara.

Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi berharap setiap hari selasa akan ada penerbangan rutin dari BIJB ke Batam. "Pos Indonesia akan mulai menggarap kontrak logistik di bidang pertanian dan potensi kargo lainnya dari Jawa Barat menuju Batam dan kota tujuan lainnya yang dilayani dari bandara Kertajati," kata Faizal dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (25/2/2021).

Layanan kargo yang baru saja diresmikan di Bandara Kertajati, Majalengka ditargetkan mampu bersaing dengan layanan kargo bandara di Jakarta. Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Utama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Salahudin Rafi.

Menurut Rafi, BIJB telah siap menyambut kehadiran layanan kargo dengan maskapai Garuda Indonesia jenis boeing 737-800. Selain memiliki landasan pacu sepanjang 3.000 meter, kapasitas terminal kargo yang tersedia juga mencapai 35 ton.

Pihaknya juga akan mempersiapkan cargo village yang ditargetkan bisa rampung satu hingga dua tahun ke depan.
"Kapasitas terminal kargo 35 ton dan runway-nya 3.000 jadi tidak ada masalah karena sudah memenuhi standar internasional. Sedang dipersiapkan juga cargo village mudah-mudahan 1-2 tahun bisa dibangun," tandasnya.

Sementara itu Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputera menambahkan saat ini layanan kargo rute Kertajati - Batam mampu mengangkut komoditas unggulan Jawa Barat hingga 10 ton. 

Sebagai penyedia bisnis logistik Indonesia, PT Pos Indonesia bersama anak usaha PT Pos Logistik akan memanfaatkan penerbangan kargo bandara Kertajati untuk melayani kebutuhan berbagai pelanggan UKM, korporat dan bahkan individu. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…

Tower Emergency PLN di NTT

Minggu, 18 April 2021 - 21:54 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Dalam 10 Hari, PLN Berhasil Bangun Tower Emergency di Pulau Timor NTT

PLN berhasil membangun menara darurat (tower emergency) sebagai pengganti sementara 2 (dua) menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kilo Volt (kV) yang patah dan roboh akibat…

Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (4/5). (BPBD Kabupaten Flores Timur))

Minggu, 18 April 2021 - 21:25 WIB

Luar Biasa! Bantuan Logistik di Daerah Terisolir NTT Terus Mengalir

Jakarta - Distribusi bantuan ke daerah terisolir mulai dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/4/2021). Pemerintah melibatkan helikopter untuk mencapai…