Presiden Jokowi Bawa Kabar Gembira untuk Pekerja Kontrak! Bikin Dapur Ngebul....

Oleh : Ridwan | Selasa, 23 Februari 2021 - 19:15 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo memberikan kabar baik terkait menetapkan batasan Perjanjian Kerja untuk Waktu Tertentu (PKWT) atau pekerja kontrak.

Dalam PKWT tersebut, Karyawan yang masih berstatus kontrak, pada masa kerjanya ada pemanjangan yakni selama lima tahun.

Sebelumnya, pengusaha hanya boleh mengontrak pekerja selama tiga tahun. Dengan rincian dua tahun kontrak PKWT dan perpanjangan maksimal setahun.

Ketentuan baru itu tertuang dalam PP Nomor 35 Tahun 2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja, Hubungan Kerja dan Waktu Istirahat, dan Pemutusan Hubungan Kerja.

PP Nomor 35 Tahun 2021 juga merupakan turunan dari UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Selain itu, pemerintah juga memperbolehkan perusahaan memperpanjang masa kontrak asalkan tidak melebihi lima tahun.

"PKWT berdasarkan jangka waktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (1) dapat dibuat untuk paling lama 5 (lima) tahun," dikutip dari Ayat 1 Pasal 8 PP 35 Tahun 2021.

"Dalam hal jangka waktu PKWT sebagaimana dimaksud pada ayat (1) akan berakhir dan pekerjaan yang dilaksanakan belum selesai maka dapat dilakukan perpanjangan PKWT dengan jangka waktu sesuai kesepakatan antara Pengusaha dengan Pekerja/Buruh, dengan ketentuan jangka waktu keseluruhan PKWT beserta perpanjangannya tidak lebih dari 5 (lima) tahun," Ayat 2 Pasal 8 PP 35 Tahun 2021.

Sedangkan dalam Ayat 3 Pasal 8 PP 35 Tahun 2021 menerangkan bahwa "Masa kerja pekerja/buruh dalam hal perpanjangan jangka waktu PKWT sebagaimana dimaksud pasal (2) tetap dihitung sejak terjadinya hubungan kerja berdasarkan PKWT," 

Ketentuan tersebut membagi pekerja kontrak menjadi dua macam.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memegang kelengkeng

Minggu, 07 Maret 2021 - 15:02 WIB

Agro Wisata Borobudur Bisa Nyicipin Kelengkeng, Loh!

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) meninjau kawasan kebun agrowisata buah kelengkeng Borobudur di Kabupaten Magelang guna meningkatkan pengembangan budidaya pada berbagai daerah,…

Menaker Ida Kunjungi Kawasan Industri Weda Bay

Minggu, 07 Maret 2021 - 13:36 WIB

Bertolak ke Kawasan Industri Weda Bay, Menaker Ida: Kita Berharap Hubungan Industrial di PT IWIP Bisa Terus Harmonis

Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah dalam kunjungan kerjanya ke Kawasan Industri Weda Bay (IWIP) mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi…

Kepala BKPM Bahlil (ist)

Minggu, 07 Maret 2021 - 12:40 WIB

Tegas, Lantang & Berani! Kepala BKPM Sebut Ada Perbankan yang Enggan Berikan Pinjaman Modal untuk Pengusaha Lokal

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bercerita bahwa pihak perbankan masih takut memberikan pinjaman modal untuk sektor pertambangan. Bahkan, perbankan meminta equity 30 persen kepada pengusaha.

Januari tahun 2021 hingga Februari telah tercatat 66 individu mamalia laut yang terdampar, termasuk kasus terdamparnya 52 ekor Paus pilot di Desa Patereman, Modung, Bangkalan, Madura.

Minggu, 07 Maret 2021 - 12:07 WIB

Belum Terungkap Misteri Penyebab Mamalia Laut Terdampar Massal di Indonesia

JAKARTA (7/3) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) tengah mendalami penyebab mamalia laut terdampar massal di Indonesia,…

Malindo sitompul, S.T.

Minggu, 07 Maret 2021 - 11:44 WIB

Fashion Marketing Phenomenon with Cultural Values and Humanmade Humantaste Handmade

Beberapa barang-barang fashion eksklusif jelas berbeda dengan barang-barang fashion standard atau biasa, dan strategi marketing yang diterapkannya juga berbeda.