Kredit Dibutuhkan Masyarakat, Holding Ultra Mikro Didukung DPR

Oleh : Wiyanto | Selasa, 23 Februari 2021 - 13:17 WIB

Ilustrasi kredit perbankan
Ilustrasi kredit perbankan

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Jakarta-Kredit Ultra Mikro (Umi) sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih akses keuangan kelas bawah diincar lintah darat. Pelaku usaha mikro masih ada gap, maka perlu menekan itu semuanya.

Maka gagasan untuk memperkuat Umi sangat didukung kalangan anggota dewan. Sebab tujuannya mengurangi bahkan menghilangkan gap tersebut.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung menyebutkan, gagasan untuk memperkuat Umi melalui rencana adanya Holding, dan BRI sebagai leadernya dengan di bawahnya Pegadaian dan PMN, akan didukungnya.

Ia menyambut positif rencana Holding karena ini bukan akuisisi melainkan sinergisitas ketiganya dalam memperlancar penyaluran kredit Umi ke masyarakat kecil. Sehingga kekuatan ekonomi muncul dari bawah dan tentunya mensejahterakan masyarakat.

"Tiga kali rapat, bicara Ulta Mikro saya enggak dengar itu akusisi, itu informasi dari mana?"katanya di Jakarta, Selasa (23/2/2021).

Ia bilang sinergi dengan terbentuknya Holding, dampaknya akan dahsyat. Kata dia, BRI memiliki jaringan outlet ribuan yang tersebar se antreo Indonesia. Berbekal jaringan luas tersebut, nantinya dapat dimanfaatkan oleh Pegadaian dan PMN yang akan menjadi anggota holding.

"Untuk urusan kredit, tidak akan mengurangi karakteristik PMN dan Pegadaian. Kan KUR terbatas enggak semua bisa dapat, nah dengan sinergi itu, produk Pegadaian dan PMN bisa diakses di outlet BRI," jelas dia.

Diketahui, target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Peningkatan Rasio Kredit UMKM terhadap total kredit perbankan dari 19.75% di 2020 menjadi 22% di 2024. Jumlah pelaku usaha mikro mendominasi (>98%) total pelaku usaha (usaha besar,menengah, kecil, dan mikro) di Indonesia.

Adapun Gap pembiayaan Sebanyak 65% dari 54 juta pelaku usaha atau pekerja segmen UMi masih belum terlayani oleh Lembaga Keuangan formal.Karakteristik  Pelaku Usaha Mikro umumnya memiliki vulnerabilitas tinggi, literasi keuangan rendah, aksesterbatas, dan tidak memiliki aset kolateral.

"Akan ada sinergi tiga BUMN yang melayani kredit Ultra Mikro. Itu membantu masyarakat yang membutuhkan," jelas dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Erick Thohir

Minggu, 28 Februari 2021 - 20:27 WIB

Menteri BUMN Sebut Pemerintah Bakal Bangun Proyek-proyek Nasional Tanpa Utang! Publik: Mantap Pak Erick, Bismillah...

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa ada 3 prioritas utama pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional saat ini. "Kembali saya sampaikan 3 prioritas…

Webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis” melalui zoom.

Minggu, 28 Februari 2021 - 20:26 WIB

SUCOFINDO Edukasi Rumah Sakit Terkait Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan melalui Webinar

Jakarta, 24/2 – PT SUCOFINDO (Persero) mengadakan webinar dengan tema “Kalibrasi untuk Menjamin Keakurasian dan Kualitas Peralatan Medis”.

Kawasan Industri Jababeka

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:57 WIB

Dahsyat! Miliki Infrastruktur Industri 4.0 Terlengkap, Kawasan Industri Jababeka Jadi Incaran Investor Perusahaan IOT

Kawasan Industri Jababeka sudah mampu mendukung industry 4.0 dan “menampung” para investor yang ingin membangun perusahaan berbasis IOT. Hal itu karena kawasan industri lain tidak ada yang…

Muhaimin Iskandqr (Gus AMI) -foto Detik.com

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:19 WIB

Gus AMI: NU dan Kyai adalah Sabuk Pengaman Bangsa di Tengah Pandemi

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar menegaskan, Nahdlatul Ulama (NU) melalui pesantrennya, adalah sabuk pengaman bangsa.  Karena itu…

Sri Mulyani Bertakziah kerumah Prof Emil Salim

Minggu, 28 Februari 2021 - 19:05 WIB

[BREAKING] Prof Dr Emil Salim Berduka, Sri Mulyani: Innalillahi, Alamarhumah Adalah Istri dari Guru Saya

Menteri Keuangan Sri Mulyani datang bertakziah ke rumah duka, alamarhumah Ibu Roosminnie Salim m istri dari Prof Dr Emil Salim yang meninggal pada Hari Sabtu Tanggal 27 Februari 2021. "Innalilahiwainnailahi…