Kredit Dibutuhkan Masyarakat, Holding Ultra Mikro Didukung DPR

Oleh : Wiyanto | Selasa, 23 Februari 2021 - 13:17 WIB

Ilustrasi kredit perbankan
Ilustrasi kredit perbankan

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Jakarta-Kredit Ultra Mikro (Umi) sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih akses keuangan kelas bawah diincar lintah darat. Pelaku usaha mikro masih ada gap, maka perlu menekan itu semuanya.

Maka gagasan untuk memperkuat Umi sangat didukung kalangan anggota dewan. Sebab tujuannya mengurangi bahkan menghilangkan gap tersebut.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung menyebutkan, gagasan untuk memperkuat Umi melalui rencana adanya Holding, dan BRI sebagai leadernya dengan di bawahnya Pegadaian dan PMN, akan didukungnya.

Ia menyambut positif rencana Holding karena ini bukan akuisisi melainkan sinergisitas ketiganya dalam memperlancar penyaluran kredit Umi ke masyarakat kecil. Sehingga kekuatan ekonomi muncul dari bawah dan tentunya mensejahterakan masyarakat.

"Tiga kali rapat, bicara Ulta Mikro saya enggak dengar itu akusisi, itu informasi dari mana?"katanya di Jakarta, Selasa (23/2/2021).

Ia bilang sinergi dengan terbentuknya Holding, dampaknya akan dahsyat. Kata dia, BRI memiliki jaringan outlet ribuan yang tersebar se antreo Indonesia. Berbekal jaringan luas tersebut, nantinya dapat dimanfaatkan oleh Pegadaian dan PMN yang akan menjadi anggota holding.

"Untuk urusan kredit, tidak akan mengurangi karakteristik PMN dan Pegadaian. Kan KUR terbatas enggak semua bisa dapat, nah dengan sinergi itu, produk Pegadaian dan PMN bisa diakses di outlet BRI," jelas dia.

Diketahui, target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Peningkatan Rasio Kredit UMKM terhadap total kredit perbankan dari 19.75% di 2020 menjadi 22% di 2024. Jumlah pelaku usaha mikro mendominasi (>98%) total pelaku usaha (usaha besar,menengah, kecil, dan mikro) di Indonesia.

Adapun Gap pembiayaan Sebanyak 65% dari 54 juta pelaku usaha atau pekerja segmen UMi masih belum terlayani oleh Lembaga Keuangan formal.Karakteristik  Pelaku Usaha Mikro umumnya memiliki vulnerabilitas tinggi, literasi keuangan rendah, aksesterbatas, dan tidak memiliki aset kolateral.

"Akan ada sinergi tiga BUMN yang melayani kredit Ultra Mikro. Itu membantu masyarakat yang membutuhkan," jelas dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tempat pembuangan akhir sampah Bantar Gebang, Bekasi. (Bay Ismoyo/AFP)

Kamis, 04 Maret 2021 - 03:31 WIB

Kabar Baik! Bantar Gebang Dapat Mengolah Sampah 100 Ton/Hari dan Menghasilkan Energi Listrik 731,1 KWH

Dalam rangka mendukung pelaksanaan proyek strategis nasional, Menristek/Kepala BRIN Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengunjungi Pilot Project PLTSa Merah Putih di Bantar Gebang, Bekasi…

Webinar Awareness Industry 4.0 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi dan Reasuransi (APPARINDO)

Kamis, 04 Maret 2021 - 01:07 WIB

Wujudkan Industri 4.0 di Berbagai Sektor Usaha, Sucofindo Layani Konsultansi X Industry 4.0 & Assessement Readiness Index (Indi 4.0)

Jakarta (02/03) – PT SUCOFINDO (Persero) melayani jasa baru terkait Industry 4.0 yaitu Konsultasi X 4.0 (Industry 4.0) dan asesmen Indonesia Industri 4.0 Readiness Index (INDI 4.0).

Samarinda Industrial Estate

Rabu, 03 Maret 2021 - 21:50 WIB

Siap-siap! Proyek Pergudangan Samarinda Industrial Estate Senilai Rp730 M Terus Dikebut, Dirut: Ini Solusi Buat Pelaku Industri di Kaltim

Para pelaku industri dan usaha yang berada di Kota Samarinda, Kalimantan Timur tidak lama lagi akan bernafas lega. Pasalnya, PT Purnabakti Pakarindo Lestari yang merupakan perusahaan pengembang…

Gubernur Jakarta Anies Baswedan

Rabu, 03 Maret 2021 - 21:15 WIB

Ucapkan Dirgahayu Satpol PP! Anies Tuai Pujian Netizen: Terpesona Aku Terpesona...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuai banyak pujian usai mengunggah video ucapan selamat ulang tahun kepada Satpol PP Provinsi DKI Jakarta. "Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merupakan…

Proses Pemeriksaan dan Pengujian Halal di Laboratorium PT SUCOFINDO (Persero)

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:52 WIB

Optimalkan Layanan Pemeriksa Halal, Sucofindo Rilis Aplikasi Registrasi Online Sertifikasi Halal

Jakarta – Sebagai komitmen dalam mengoptimalkan pelayanan kepada pelaku usaha terkait dengan pemastian produk halal, PT SUCOFINDO (Persero) merilis aplikasi Lembaga Pengujian Halal (LPH) untuk…